Cara Sehat Atasi Tumit Retak

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 24 Februari 2021 14:33
Cara Sehat Atasi Tumit Retak
Siapa yang tumitnya retak-retak?

Dream – Merawat kecantikan tak melulu harus wajah, bagian tumit pun harus kalian perhatikan. Sebab, kulit pada bagian tumit sering pecah-pecah. Jika sudah demikian, pasti bakal mengganggu penampilan.

Pemilihan alas kaki pun jadi salah satu yang dapat mempengaruhi tekstur kelembutan dari tumit. Seringnya pemakaian sendal jepit atau alas kaki terbuka membuat tumit mudah kering dan pecah-pecah karena terkena polusi dan debu dengan frekuensi yang lebih banyak.

Lebih baik gunakan alas kaki seperti sepatu atau flatshoes yang tertutup untuk mencegah terjadinya kekeringan pada kulit.

Selain itu, terdapat beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menghindari atau mengatasi kekeringan pada tumit atau retakan pada tumit.

1 dari 5 halaman

1. Gosokkan handuk

Setelah mandi gosokkan handuk pada kaki untuk menghilangkan tumpukan kulit mati. Menghilangkan tumpukan kulit mati juga bisa digunakan dengan memakai scrub atau masker pengelupas kulit.

2. Pakai lotion

Pijatkan lotion atau krim pada kaki sebelum tidur untuk membantu melembutkan kulit. Memakai lotion yang memiliki formula mencerahkan lebih baik.

3. Sangga kaki di atas bantal

Jika dalam sehari menggunakan kaki terlalu banyak dan melelahkan, sanggalah kaki dengan bantal untuk meningkatkan aliran darah. Saat kaki terangkat, selain dapat membantu mengalirkan darah, menjadi cara untuk meredakan nyeri pada kaki dan otot tungkai.

© Dream
2 dari 5 halaman

4. Kenakan alas kaki sesuai ukuran

Pakailah sepatu dengan ukuran yang tepat dan sesuai. Berikan kaki kebebasan untuk bernafas. Sepatu yang terlalu sempit dapat mengakibatkan lecet, kapalan, hingga risiko yang lebih parah, seperti tulang cacat dan kuku kaki tumbuh ke dalam.

Ilustrasi© Shutterstock

5. Rutin menggunting kuku kaki

Gunting kuku kaki 2 minggu sekali untuk menghindari kuku nyangkut pada kulit atau kaos kaki.

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: Female Network)

3 dari 5 halaman

Jangan Malu! Ini Alasan Penting Pria Harus Rutin Pedicure

Dream - Pedikur biasanya hanya dilakukan para perempuan untuk memanjakan dan mempercantik diri. Namun, pedikur ternyata juga harus dilakukan para pria, lho!

Tahukah kamu jika pedikur tidak hanya bagian dari memanjakan diri tetapi juga membuat kaki jadi sehat dan bersih. Maka tidak ada salahnya jika pria juga rutin melakukan pedikur.

Harus diakui jika pria seringkali tidak merawat kaki mereka. Padahal menggunakan sepatu setiap saat membuat pedikur menjadi kebiasaan penting yang harus mereka lakukan.

Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa alasan pria juga harus melakukan pedikur.

ilustrasi pedicure laki-laki© Shutterstock

© Dream
4 dari 5 halaman

Menghilangkan kulit keras

Wanita sering pergi pedikur untuk mendapatkan kaki yang lembut dan indah. Mereka menggunakan krim kaki secara teratur untuk menjaga kelembutannya. Walau bagaimanapun, pria juga memiliki kulit kasar di kaki dan terutama di sekitar pergelangan kaki.

Merendam kaki dalam air hangat dan menggosoknya dapat membantu menghilangkan kulit keras di kaki.

Menghilangkan bau kaki

Kaki yang terperangkap dalam sepatu, dapat membuat kaki menjadi bau. Tidak peduli berapa banyak kita mencucinya dengan sabun, baunya tidak menghilang sepenuhnya. Pedikur adalah cara yang bagus untuk membuat kaki Anda lembut dan menghilangkan bau.

Ini adalah kesempatan besar relaksasi

Jika kamu belum mengetahuinya, pedikur tidak hanya menyegarkan kaki, tetapi juga pikiran. Proses pedikur dilakukan dengan santai dan ini membantu untuk beristirahat. Relaksasi sangat diperlukan dalam kesehatan.

ilustrasi pedicure laki-laki© Shutterstock

5 dari 5 halaman

Membuat kaki sehat dan indah

Proses pedikur yaitu merendam, menggosok, memotong kuku dan melembabkan. Semua langkah ini akan memanjakan kaki. Ini menghilangkan kulit mati dari kaki dan kotoran menumpuk di dekat kuku, sehingga membuat kaki yang sehat dan indah.

Cara Melakukan Pedikur Sendiri di Rumah

Mungkin kamu mengira pedikur di salon menggunakan produk yang bagus. Kamu tidak perlu menggunakan produk yang sama dengan yang ada di salon.

Yang kamu butuhkan hanyalah scrub kaki, gunting kuku, dan krim atau pelembab kaki.

Berikut cara melakukan pedikur di rumah.

1. Keluarkan kakimu dari rendaman air dan gunakan handuk lembut untuk mengeringkan kaki
2. Gunakan scrub kaki untuk menghilangkan kulit mati dan kulit kasar, bersihkan kotoran dengan gunting kuku
3. Potong kuku kamu menggunakan gunting kuku
4. Gunakan pengikir kuku, mulailah mengikir dari satu sisi kuku dan perlahan-lahan bergerak ke sisi yang berlawanan
5. Setelah selesai, bilas kaki dan keringkan
6. Oleskan sedikit pelembab pada kaki

Selesai. Selamat mencoba!

Laporan: Cindy Azari

© Dream
Beri Komentar