Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman di Tengah Wabah Virus Corona

PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman di Tengah Wabah Virus Corona Dirut PLN, Zulkifli Zaini, Menjamin Pasokan Listrik Aman Di Tengah-tengah `terjangan` Virus Corona. (Foto: PLN)

Dream – PT PLN (Persero) menjamin pasokan listrik tetap terjaga saat virus corona jenis baru melanda. Perusahaan pelat merah itu menerapkan standar yang lebih tinggi, terutama untuk operasi penyediaan listrik.

Mulai dari penyediaan energi primer sampai memastikan pembangkit beroperasi untuk memenuhi kebutuhan listrik.

"Semua itu kami lakukan untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN. Kami juga menginstruksikan kepada seluruh insan PLN agar tetap bertugas menjaga pasokan energi listrik," kata Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 16 Maret 2020.

Zulkifli mengatakan, PLN melakukan langkah-langkah preventif terhadap upaya pencegahan penyebaran virus corona. Salah satunya adalah menangguhkan perjalanan kedinasan dan non kedinasan ke luar negeri bagi seluruh pegawai PLN, terutama ke negara terinfeksi virus corona. Pegawai dan keluarganya yang telah melakukan perjalanan dinas ataupun non kedinasan ke negara-negara terinfeksi, diwajibkan segera melaporkan riwayat perjalanan tersebut melalui email korporat.

"Kemudian, pegawai PLN yang telah melakukan perjalanan ke negara-negara dengan orange dan red alert, diwajibkan melakukan prosedur deteksi dini di puskesmas dan rumah sakit setempat," kata dia.

BUMN setrum ini juga memeriksakan suhu tubuh bagi pegawai dan tamu serta melakukan pengecekan riwayat perjalanan yang dilakukan diseluruh unit PLN dan juga menyediakan logistik Masker, Hand Sanitizer, sarung tangan, thermal gun secara cukup.

"PLN juga melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh kantor PLN," kata Zulkifli.

Tingkatkan Kebersihan Lingkungan Kerja

Zulkifli melanjutkan, ada pemeriksaan kesehatan dan kebersihan lingkungan kerja yang rutin. Ini dilakukan oleh petugas control room dan dispatcher pengelola aliran listrik. Perusahaan ini juga akan mengecek riwayat perjalanan pribadi dan anggota keluarganya.

BUMN ini juga menyediakan angkutan antar jemput dari rumah ke tempat kerja. Tujuannya untuk menghindarkan petugas dari penularan virus covid-19.

“Pada unit-unit tertentu kerja yang bersifat kritikal tersebut, juga akan disediakan ruang pemeriksaan kesehatan rutin beserta petugas medis dan peralatan pendukungnya,” kata dia. 

Selain itu, selama bertugas pada jam kerja, mereka akan mendapatkan makanan sehat dan vitamin tambahan, dan dilarang untuk memasuki area kerja di luar Control Room dan Dispatcher. PLN juga menambah unit Control System sebagai cadangan (Mirroring) untuk memastikan bahwa pasokan listrik kepada masyarakat tidak terganggu.

"Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh petugas dalam kondisi prima sehingga bisa bekerja maksimal dalam menjaga pasokan listrik bagi masyarakat,” kata Zulkifli.

Pemeriksaan kesehatan tersebut juga dilakukan bagi petugas Contact Center PLN 123 supaya tetap dapat melayani masyarakat selama 24 jam 7 hari dalam seminggu, untuk berbagai macam layanan dari mulai informasi tagihan rekening listrik, pelayanan pengaduan gangguan dan pelayanan penyambungan baru maupun tambah daya.

“Kami telah memetakan, bagian-bagian mana yang harus tetap bekerja penuh tidak boleh berhenti atau 24 jam, dan bagian mana yang dapat dijalankan melalui kantor-kantor PLN, dan bagian-bagian mana yang dapat dikerjakan oleh pegawai dari tempat tinggal mereka,” kata dia.

Mantan bos PT Bank Mandiri Tbk (Persero) memastikan bahwa pelayanan ketenagalistrikan yang disediakan PLN kepada pelanggan dan masyarakat luas tidak akan berkurang atau menurun akibat merebaknya wabah Covid-19 ini.

“Bagaimana pun juga di tengah situasi seperti sekarang ini, ketersediaan listrik di rumah-rumah merupakan kebutuhan vital yang tidak boleh mengalami gangguan, untuk itu kami akan pantau dan pastikan bahwa semua berjalan lancar dan pasokan listrik kepada warga tetap aman,” kata dia.

Erick Thohir Sudah Tes Virus Corona Covid-19, Ini Hasilnya

Dream - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, telah memeriksakan diri ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta. Hasilnya, Erick Thohir dinyatakan negatif virus corona jenis baru, Covid-19.

"Hasil dari tes yang dilakukan di RSPAD kepada Pak Menteri, Pak Erick Thohir, hari ini sudah diberikan bahwa beliau tidak ada masalah dan sehat, dan tetap beraktivitas seperti biasa," kata Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulinggga, Minggu 15 Maret 2020.

erickthohir

Foto : @erickthohir

Menurut Arya, Erick Thohir akan tetap bekerja setiap hari. Erick, tambah dia, akan terus memastikan bahwa Kementerian BUMN berjalan dengan baik dan juga seluruh bumn akan bekerja untuk memenuhi seluruh operasional yang ada.

"Dan tetap bekerja juga untuk men-support yang namanya melawan corona," tambah Arya Sinulingga.

Dia menambahkan, seluruh BUMN ditugaskan terus melakukan pelayanan publik. "Tapi tetap berjaga dan mengikuti apa yang sudah disampaikan oleh presiden," ujar Arya Sinulingga.

Ada 21 Kasus Baru, Total Pasien Positif Virus Corona Jadi 117

Dream - Jumlah kasus infeksi virus corona jenis baru, Covid-19, di Indonesia terus bertambah. Hari ini, Minggu 15 Maret 2020, bertambah 21 kasus hingga total ada 117 kasus positif virus corona.

" Ada 21 kasus baru. 117 kasus positif corona yang dilaporkan siang ini. Menyebar di antaranya Jakarta dan Banten," kata Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Covid-19, Achmad Yurianto, dikutip dari Liputan6.com.

Sementara itu, kondisi pasien yang dinyatakan negatif ada tujuh orang. Yuri optimis akan semakin banyak pasien yang sembuh.

 Ahmad virus corona© Khidr Al-Zahrani

Foto : Liputan6.com

Yuri mengimbau Pemerintah Daerah meliburkan sekolah. Namun dia meminta masyarakat tidak memanfaatkan libur sekolah untuk rekreasi, melainkan membatasi interaksi sosial di rumah.

" Tolong jangan libur untuk rekreasi. Mari sama-sama untuk mengurangi penyebaran," pintanya.

 

 

Jokowi: Seluruh Menteri Jalani Pemeriksaan Virus Corona

Dream - Jokowi meminta seluruh menterinya melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru, Covid-19. Pasalnya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi corona.

" Pagi ini telah dilakukan pengetesan (virus corona) untuk para menteri. Hasilnya ditanyakan ke Menteri Kesehatan," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu 15 Maret 2020.

Jokowi mengatakan, Budi Karya menjadi pasien ke-76 virus corona. Dan saat ini Budi karya masih diisolasi dan menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat.

  Video Jokowi Pantau Sterilisasi Masjid Istiqlal Guna Cegah Cor© Khidr Al-Zahrani© Khidr Al-Zahrani

Foto : Deki Prayoga/Dream

" Pak menteri masih di rumah sakit, di ruang isolasi," ucapnya.

Menhub Budi Karya disebut harus dirawat di rumah sakit setelah menderita penyakit tifus. Menurut Staf Khusus Menteri Perhubungan, Adita Irawati, saat itu Menhub dalam kondisi stabil.

Seperti diketahui, Budi Karya masih ikut dalam rapat terbatas pimpinan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, pada 11 Maret 2020. Rapat itu dihadiri sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju.

Sumber : liputan6.com

Jokowi: Saatnya Kita Bekerja, Belajar, dan Ibadah dari Rumah

Dream - Jokowi meminta rakyat Indonesia tidak panik dengan pandemi virus corona jenis baru, Covid-19. Meski demikian, dia mengimbau masyarakat waspada terhadap penyebaran Covid-19.

" Kepada seluruh rakyat Indonesia tetap tenang, tidak panik, tetap produktif, dan waspada Covid-19," kata Jokowi dalam konferensi pers, Minggu 15 Maret 2020.

Presiden bernama lengkap Joko Widodo itu mengatakan, dengan kondisi penyebaran virus corona jenis baru di Indonesia, masyarakat diharapkan melakukan kegiatan di rumah.

" Dengankondisi ini saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah dari rumah," tambah mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut dia, saat ini merupakan saatnya rakyat Indonesia bekerja sama. Bergotong-royong dan bersatu mengatasi penyebaran virus corona.

" Kita ingin ini menjadi gerakan masyarakat agar masalah Covid-19 teratasi maksimal," ujar Jokowi.

Hingga saat ini, telah terjadi 96 kasus infeksi virus corona di Indonesia. Sebanyak lima orang yang terinfeksi virus corona jenis baru itu dinyatakan meninggal dunia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kata Pejabat PLN ke Wali Kota Makassar soal Pemadaman Listrik Bergilir

Kata Pejabat PLN ke Wali Kota Makassar soal Pemadaman Listrik Bergilir

Petugas PLN bertemu Wali Kota Makassar jelaskan soal pemadaman listrik bergilir.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.