Kenalan dengan CX ID, Komunitas Customer Experience di Indonesia

Reporter : Okti Nur Alifia
Sabtu, 25 Oktober 2025 16:06
Kenalan dengan CX ID, Komunitas Customer Experience di Indonesia
Kenalan dengan CX ID, Komunitas Customer Experience di Indonesia

DREAM.CO.ID - Komunitas dapat terbentuk dari berbagai keresahan. Seperti Yanuar Rezqi, Chairperson & co-Founder CX ID, yang mendirikan CX ID alias CX Indonesia agar ada ruang bagi orang-orang yang menekuni Customer Experience untuk berkumpul, belajar, dan berbagi pengalaman.

" Awalnya dari keresahan, karena saya dalami CX dari 2018, dan diawal tahun 2020-an itu makin banyak event CX yang offline tapi kita nggak ada tempat buat ngobrol, sharing atau tukar use case," ungkap Yanuar kepada Dream, dikutip Sabtu, 24 Oktober 2025.

Dari keresahan itu, Yanuar membentuk CX ID pada 2023. Komunitas ini berawal dari grup kecil yang saling kenal yang menekuni bidang Customer Experience, hingga sekarang anggotanya bertambah menjadi 300 orang di grup WhatsApp.

" Jadi mostly belajar sendiri atau dengerin orang, padahal kalau kita bisa ada tempat berbagi dan sharing akan jauh lebih powerful dan lebih cepat belajarnya. Akhirnya berinisiatif, kayaknya perlu bikin komunitas," ungkapnya.

1 dari 3 halaman

Misi Membangun Ekosistem Customer Experience

Kenalan dengan CX ID, Komunitas Customer Experience di Indonesia

Customer Experience biasanya hanya dikenal seputar customer service atau customer experience itu sendiri. Padahal, menurut Yanuar, cakupan customer experience lebih luas dari itu. Mindset customer sentric dalam bisnis harus dimiliki semua lini.

" Customer experience secara basic adalah strategi bagaimana kita menjalankan bisnis. Karena bisnis kan nggak akan jauh-jauh dari yang namanya customer, artinya bisnis kan harus customer sentric, mindset customer sentric kan enggak bisa punya orang customer service aja," ungkapnya.

Hal inilah yang mendasari dirinya ingin membangun ekosistem customer experience. Di mana ekosistem itu terbuka bagi semua orang yang ingin belajar customer experience.

" Semua divisi dari top leader sampai ke staff harus punya mindset yang sama (customer sentric). Mau orang produksi, logistic, cleaning service, orang apapun harus punya mindset itu. Nah ekosistem yang kita maksud kita terbuka untuk semua orang yang pengin belajar," katanya.

2 dari 3 halaman

Anggota Komunitas

Anggota komunitas CX.ID datang dari berbagai macam latar belakang. Mulai dari business owner, CX professional hingga staf. Dari segi industri juga bermacam-macam, seorang marketing, customer service, contant center, sampai HR.

Selain itu ada juga yang datang dari background pemerintahan, kesehatan, ritel, vendor, B2C, B2B.

" Jadi warnanya warna-warni, jadi kalau ada member belajar mau yang mana tinggal cari siapa yang punya pengalaman, penginnya gitu sih tujuan awal. Jadi platform lah," ungkap Yanuar.

Yanuar menjelaskan bahwa terbentuknya komunitas CX ID, juga ingin memberikan pemahaman tentang CX seperti apa. Karena menurutnya, bicara tentang CX dapat berbeda-beda tergantung kepentingan dan fundamentalnya.

" Di situ mereka bisa belajar hal apa yang dibutuhin di perusahaan masing-masing, bisa dari event atau bisa ngobrol atau ngopi lah bahasa santainya. Dari situ kan bisa dapat hal yang bisa mereka terapin atau minimal banget dapat inspirasi dari kegiatan. Pulang ada sesuatu yang bisa dilakuin lebih baik lagi minimal dari yang kemarin," ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Kenalan dengan CX ID, Komunitas Customer Experience di Indonesia

Ditemui dalam acara internal pada Kamis, 23 Oktober 2025 di Menara Mandiri, Jakarta. CX ID mengadakan acara offline bertema " Rehumanizing CX: Building Strategies on What Truly Matters" . Sejumlah speaker dari CXPA Asia Leader juga dihadirkan via zoom seperti Greg Melia, Ali Malik, Rajith Nair, dan Kartina Sury yang juga tergabung dengan CX ID.

Dalam pertemuan ini, salah satu bahasan penting yakni didiskusikan yakni efektivas penggunaan AI dalam customer experience. CX ID mengundang sejumlah narasumber seperti Account Executive Braze Omega Tamboen, Partnership Director Tada, Juan Aristy, dan dari CX.ID Bayu Eka Putra yang juga menggeluti dunia vendor.

Obrolan ini dikemas dalam obrolan nyata tentang berbagai kemungkinan hingga realita dan resiko penggunaan AI di lingkup customer experience, yang dipandu oleh Yanuar Rezqi dalam program Live Podcast #SiPalingCX.

Beri Komentar