10 Hal Penyebab Bisul, dari Makanan Hingga Penyakit

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Sabtu, 21 September 2019 14:02
10 Hal Penyebab Bisul, dari Makanan Hingga Penyakit
Perhatikan makanan yang Anda konsumsi, ada bisa jadi menyebabkan bisul.

Dream - Kulit menjadi bagian tubuh terluar yang kerap terpaparan debu, kotoran dan sinar UV. Tak heran banyak masalah kulit yang bisa kita alami, seperti gatal-gatal biasa hingga penyakit kulit berbahaya.

Salah satu masalah kulit yang tidak berbahaya tapi sangat mengganggu adalah bisul. 

Bisul merupakan infeksi kulit yang bermula di folikel rambut halus atau kelenjar minyak, lalu berkembang menjadi benjolan merah.

Biasanya, benjolan itu akan memutih setelah tujuh hari dan akan muncul nanah.

Kulit wajah, leher, ketiak, bahu, dan pantat menjadi tempat-tempat yang paling umum bagi bisul. Bahkan kadang bisul juga bisa muncul di kelopak mata atau biasa kita sebut dengan tembel.

Penyebab bisul yang utama ialah kehadiran bakteri Staphylococcus. Apabila bakteri ini berkembang dan tumbuh subur di kulit, maka akan menyebabkan masalah bisul yang lebih serius.

Untuk menghindari perkembangan bakteri ini, kita bisa menghindari penyebab bisul berikut ini:

1 dari 5 halaman

Makanan Penyebab Bisul, Telur dan Gula

1. Telur

 Penyebab Bisul


Telur merupakan makanan sehat yang penuh dengan nutrisi baik. Tapi apa benar, terlalu banyak makan telur bisa menyebabkan bisulan?

Jawabannya, tidak sepenuhnya benar. Konsumsi telur yang berlebihan akan menyebabkan jerawat batu atau jerawat kistik, karakternya memang mirip bisul, tapi bukan bisul.

Apabila jerawat ini tidak ditangani dengan baik, bakteri penyebab bisul bisa saja berkembang dan menyebabkan bisul muncul menyusul kehadiran jerawat.

Yang terpenting ialah mengonsumsi telur dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Dengan begitu, badan akan tetap sehat dan terhindar dari masalah jerawat ataupun bisul.

2. Gula

Kalau telur masih bisa ditoleransi untuk dikonsumsi dan tidak sepenuhnya bisa menyebabkan bisul, berbeda dengan gula. Kandungan gula memiliki indeks glikemik yang tinggi, sehingga akan meningkatkan kadar gula darah dan membuat insulin bekerja lebih berat.

Kinerja insulin yang meningkat, akan memicu hormone untuk memproduksi kelenjar minyak lebih banyak, sehingga bisul lebih mudah muncul.

2 dari 5 halaman

Makanan Penyebab Bisul, Lemak dan Susu

3. Makanan Berlemak

 Penyebab Bisul


Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging olahan, mentega, dan es krim, mampu meningkatkan risiko kemunculan bisul di kulit.

Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang tinggi dan lemak tak sehat di dalamnya mampu meningkatkan produksi hormon yang mirip dengan insulin.

Kondisi itu dapat menyebabkan folikel kulit lebih rentan terserang bakteri, seperti bakteri Staphylococcus.

4. Produk Olahan Susu

Susu memang salah satu makanan sehat yang bernutrisi serta baik untuk pertumbuhan anak. Tapi kalau mengonsumsi atau menggunakan susu dengan cara yang salah, justru bisa menyebabkan alergi hingga memicu kemunculan bisul. Misalnya saja susu murni yang kebersihan kurang terjaga.

Untuk mengatasi masalah bisul yang disebabkan oleh susu, kita bisa mengimbanginya dengan asupan sayur, buah dan mengganti susu dengan susu rendah lemak.

3 dari 5 halaman

Penyebab Bisul: Diabetes dan Masalah Sistem Imun

5. Diabetes

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab bisul ialah bakteri pada kulit yang disebabkan oleh gangguan pada folikel kulit. Ada banyak gangguan folikel yang bisa menyebabkan bisul, seperti diabetes.

 Penyebab Bisul


Pasien diabetes lebih rentan terhadap kemunculan bisul dikarenakan oleh kinerja insulin dalam tubuh yang lebih keras dibandingkan dengan orang sehat.

Kinerja insulin yang berat akan memicu hormone untuk memproduksi kelenjar minyak lebih banyak, sehingga bakteri penyebab bisul akan lebih mudah hidup dan berkembang.

6. Masalah Sistem Imun Tubuh

Tidak hanya diabetes, orang dengan gangguan imunitas juga lebih rentan terhadap kehadiran bakteri Staphylococcus. Kondisi tubuh yang sedang buruk, membuat bakteri lebih mudah menyerang dan berkembang di tubuh dan kulit.

4 dari 5 halaman

Penyebab Bisul: Nutrisi dan Kebersihan

7. Kurang Nutrisi

Penyebab bisul selanjutnya ialah masalah nutrisi atau asupan gizi yang buruk. Kondisi ini akan menyebabkan banyak masalah dan memicu penyakit untuk menyerang tubuh.

Seperti halnya masalah pada sistem imun, bakteri penyebab bisul juga lebih mudah menyerang  tubuh yang kekurangan nutrisi.

 Penyebab Bisul


8. Kebersihan

Tak hanya bakteri Staphylococcus penyebab bisul saja yang bisa menyerang tubuh dengan kondisi kotor.

Bakteri penyebab diare, dan berbagai macam infeksi akan dengan mudah menyerang tubuh yang tidak menjaga kebersihannya.

Kondisi kulit kotor dan jarang dibersihkan tentu jadi rumah yang nyaman bagi berbagai jenis bakteri. Apabila kondisi ini dibiarkan, bakteri penyebab bisul akan terus berkembang dan menyebabkan kondisi bisul semakin parah.

5 dari 5 halaman

Penyebab Bisul karena Iritasi Kulit

9. Infeksi Kulit

Bakteri penyebab bisul juga bisa muncul akibat infeksi kulit yang dibiarkan. Bakteri akan memperburuk kondisi luka infeksi dan menyebabkan bisul tumbuh di sekitarnya.

Penanganan luka infeksi kulit yang tepat jadi kunci utama untuk menghindari pertumbuhan bakteri di sekitar luka.

 Penyebab Bisul


10. Iritasi Kulit karena Bahan Kimia

Kulit yang terpapar bahan kimia berlebihan dapat menyebabkan kemunculan bisul. Paparan bahan kimia ini bisa datang dari mana saja, seperti produk kosmetik berbahaya atau terkena cairan berbahan kimia yang bahaya.

Paparan bahan kimia itu akan mengiritasi kulit dan membuat bakteri lebih mudah menyerang kulit dan memicu kemunculan bisul. Gejalanya berupa benjolan merah yang terasa mengganggu dan terkadang gatal.

(ism, Sumber: Medical News Today dan Liputan6.com)

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi