Telur Penyebab Bisul? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Reporter : Ayik
Minggu, 5 Juli 2015 08:01
Telur Penyebab Bisul? Ini Penjelasan Ilmiahnya
Penyebab paling sering timbulnya bisul bukanlah karena makan telur, melainkan pori-pori tersumbat misal akibat keringat yang mengering atau bisa jadi ada benda asing yang masuk ke kulit.

Dream - Makan telur sebabkan bisul adalah salah satu mitos jaman dahulu alias jadul. Sampai sekarang masih banyak orang yang mempercayai hal itu. Apalagi para orangtua.

Padahal sampai sekarang belum ada penelitian atau studi yang betul-betul membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi telur, dapat menimbulkan bisul di tubuh. Lalu bagaimana sebenarnya bisul itu bisa muncul?

Bisul di tubuh bisa muncul karena terjadi “ pertempuran” sengit antara bakteri penyebab bisul dengan sel darah putih. Bisul sendiri merupakan peradangan kulit yang terlokalisasi dan biasanya muncul di folikel rambut.

Penyebab paling sering timbulnya bisul bukanlah karena makan telur, melainkan pori-pori tersumbat misal akibat keringat yang mengering atau bisa jadi ada benda asing yang masuk ke kulit. Nah, itulah sebabnya jangan takut dulu dengan mitos telur dan bisul yang selama ini Anda dengar.

Lebih lanjut, seseorang yang diketahui memiliki alergi pada telur pun tidak mendapati dirinya timbul bisul ketika memakan telur.

Menurut Journal and Agricultural Food Chemistry dalam buku “ Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan" karangan Nutrifood Research Center, biasanya orang yang alergi telur memiliki gejala-gejala seperti mual, sakit kepala, dan muncul ruam-ruam kemerahan di kulit mereka dan bukannya bisul.


Ingin tahu penjelasannya lebih lanjut? Yuk selengkapnya Baca di sini. (Ism) 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Beri Komentar