5 Manfaat Buah Nanas untuk Ibu Hamil, Kenali Risiko dan Cara Aman Mengonsumsinya

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 21 Januari 2022 15:12
5 Manfaat Buah Nanas untuk Ibu Hamil, Kenali Risiko dan Cara Aman Mengonsumsinya
Jika dikonsumsi secukupnya, buah nanas tidak akan membahayakn ibu hamil dan janinnya.

Dream – Selama masa kehamilan, seorang ibu pasti pernah mendengar banyak larangan-larangan yang cenderung ke arah mitos. Salah satunya mitos yang sering didengar adalah pantangan mengonsumsi buah nanas yang diyakini bisa membuat keguguran.

Buah nanas mengandung asam yang tinggi kerap dianggap bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan bayinya. Namun hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan mengonsumsi nanas bisa membahayakan ibu hamil.

Sebaliknya, buah yang berbentuk unik ini termasuk salah satu asupan yang dianggap sehat dan aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Nanas kaya akan nutrisi yang baik untuk ibu hamil seperti asam folat, besi, magnesium, mangan, tembaga, hingga vitamin B6, B1 dan C.

Manfaat buah nanas untuk ibu hamil perlu diketahui karena bisa membantu menjaga kesehatan kehamilan. Dengan mengonsumsinya secara tepat, manfaat buah nanas bisa berdampak positif untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Yuk, ketahui manfaat buah nanas untuk ibu hamil berikut ini.

1 dari 5 halaman

Larangan Makan Nanas Saat Hamil Hanya Mitos?

Ilustrasi© Freepik.com

Mitos bahwa mengonsumsi buah nanas bagi ibu hamil bisa berdampak buruk bagi kesehatannya ternyata hanyalah mitos. Buah nanas mengandung enzim bromelain yang dianggap bisa memicu terjadinya kontraksi dan menyebabkan keguguran.

Kamu tak perlu cemas, Sahabat Dream, karena itu semua hanyalah mitos. Jumlah enzim Bromelain dalam nanas sangatlah sedikit, sehingga dalam satu porsi nanas tidak akan memengaruhi kehamilan.

Namun ingat, suplemen tablet bromelain memang tidak direkomendasikan untuk digunakan selama kehamilan. Alsannya, suplemen ini dapat memecah protein dalam tubuh yang menyebabkan pendarahan abnormal.

2 dari 5 halaman

Risiko Makan Nanas Berlebihan

Ibu hamil boleh saja makan nanas, asalkan tidak berlebihan. Sebab jika terlalu banyak makan nanas, akan menyebabkan efek tidak nyaman, terlebih jika kamu punya sistem pencernaan yang sensitif. Kandungan asam yang tinggi dalam buah nanas bisa membuat perut kamu mulas atau mengalami refluks.

Selain itu, buah nanas mengandung kalori yang sebagian besar berasal dari gula. Makan nanas berlebihan bisa meningkatkan kadar gula darah. Hal ini akan membahayakan apabila kamu pengidap diabetes gestasional.

Maka dari itu, konsumsilah nanas dalam jumlah wajar. Karena apapun yang berlebihan tentu tidak bagus bagi kesehatan. Terlebih jika kamu memilik alergi terhadap buah nanas yang biasanya ditandai dengan gejala rasa gatal dan pembengkakan di mulut, kulit gatal, muncul ruam, dan kemerahan, hidung tersumbat atau berair hingga asma.

Sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi nanas untuk mengetahui keamanannya bagi kehamilanmu.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Nanas untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui risiko mengonsumsi buah nanas, kini kamu perlu mengetahui manfaat buah nanas untuk ibu hamil. Berikut beberapa manfaat buah nanas untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui.

1. Membantu Proses Persalinan

Manfaat buah nanas untuk ibu hamil yang pertama adalah membantu proses persalinan. Buah nanas mengandung enzim bromelain yang bisa membantu melunakkan leher rahim. Enzim ini juga bisa memicu terjadinya kontraksi ibu hamil.

Mengonsumsi buah nanas akan membuat proses persalinan berjalan dengan lancar. Meskipun baik untuk membantu proses persalinan, namunn tetap saja ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsinya secara berlebihan. Karena makan nanas berlebihan bisa menyebabkan diare.

2. Sumber Nutrisi untuk Ibu dan Bayi

Manfaat buah nanas untuk ibu hamil sebenarnya sangat banyak. Jadi jika kamu sedang hamil, tidak ada salahnya mengonsumsi buah nanas. Lantaran nanas mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan bayinya.

Kandungan asam folat di dalamnya bisa mencegah bayi terlahir cacar. Sementara zat besi pada nanas dibutuhkan untuk memroduksi darah, magnesium, mangan dan vitamin B6.

4 dari 5 halaman

3. Meredakan Kecemasan saat Hamil

Ilustrasi© Unsplash.com

Ibu hami biasanya sering merasa cemas selama kehamilan. Hal itu bisa disebabkan karena ibu hamil terlalu overthinking. Terutama saat menanti kelahiran jabang bayi.

Manfaat buah nanas untuk ibu hamil ternyata bisa untuk meredakan rasa cemas selama kehamilan. Manfaat buah nanas yang satu ini diperoleh karena kandungan vitamin dan flavonoid yang memiliki efek ansiolitik yaitu bisa meredakan rasa cemas.

Namun ingat ya, jangan mengonsumsi buah nanas secara berlebihan seperti yang sudah dijelaskan di awal pembahasan.

4. Menghaluskan Kulit

Biasanya pada masa kehamilan, kulit akan mengalami perubahan seperti kusam hingga muncul jerawat. Memiliki kulit yang cantik dan sehat meskipun sedang hamil adalah keinginan semua wanita.

Nah, kamu bisa mencoba dengan mengonsumsi jus nanas. Vitamin C yang tinggi pada jus nanas bisa membantu memproduksi kolagen dalam jumlah banyak.

Kolagen berperan melembapkan kulit, menghidrasi, mencegah kerutan, hingga menjaga elastisitas kulit. Dengan begitu, ibu hamil tak perlu takut dengan masalah pada kulit yang biasa dialami saat hamil.

5. Mengatasi Morning Sickness

Manfaat buah nanas untuk ibu hamil yang tak kalah penting adalah bisa mengatasi morning sickness. Biasanya ibu hamil akan mengalami morning sickness selama kehamilan. Kondisi ini ditandai dengan mual-mual hingga muntah di pagi hari yang menyebabkan letih untuk beraktivitas.

Dengan mengonsumsi buah nanas, morning sickness ini bisa diatasi. Karena buah nanas mengandung vitamin B6 yang membantu mengatasi masalah tersebut. Makan nanas secukupnya juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh.

5 dari 5 halaman

Cara Tepat Konsumsi Nanas Saat Hamil

Setelah mengetahui manfaat buah nanas untuk ibu hamil yang bagus di atas, kamu juga perlu mengetahui cara tepat mengonsumsinya agar tidak berdampak buruk pada kehamilan.

Pilihlah buah nanas yang segar jika kamu ingin mengonsumsinya. Jangan mengonsumsi nanas secara berlebihan yaitu tidak lebih dari 7 buah nanas dalam sekali makan.

Kamu bisa langsung memakan daging buahnya, atau bisa kamu campur dengan yogurt, bibuat smoothies hingga jus.  Hal yang pelru kamu perhatikan adalah menghindari mengolah buah nanas dengan tambahan gula berlebihan atau berdampingan dengan makanan pedas lainnya yang bisa memicu rasa tidak nyaman di perut.

 

Sumber: SehatQ, halodoc, berbagai sumber.

Beri Komentar