5 Wilayah di Dunia dengan Penduduk Berumur Panjang

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 15 Januari 2019 10:42
5 Wilayah di Dunia dengan Penduduk Berumur Panjang
Ada 5 tempat di dunia ini yang mayoritas penduduknya bisa berusia lebih dari 100 tahun.

Dream - Usia manusia hanya Allah SWT yang bisa menentukan. Namun ada kecenderungan di beberapa tempat di dunia angka harapan hidup penduduknya begitu tinggi.

Tempat tersebut diistilahkan sebagai 'blue zone' di mana penduduknya bisa hidup lebih dari 100 tahun. Dikutip dari DMarge.com, ada 5 tempat di dunia ini yang mayoritas penduduknya bisa berusia lebih dari 100 tahun.

Kelima tempat tersebut memiliki budaya yang sangat berbeda. Meskipun demikian, mereka punya kesamaan soal gaya hidup. Penasaran?


1. Okinawa
Okinawa yang terletak di Jepang telah dijuluki sebagai 'tanah manusia abadi'. Wilayah dengan gugusan 160 pulau di lepas pantai selatan Jepang ini menjadi pusat penelitian manusia berusia panjang di dunia.

Di Okinawa terdapat lebih dari 400 penduduk yang memiliki usia lebih dari satu abad. Menurut penelitian, ada dua faktor yang menyebabkan mayoritas penduduk Okinawa berusia panjang, yaitu makanan lokal yang penuh gizi dan kerukunan di antara penduduknya.

Warga Okinawa banyak mengonsumsi tahu dan ubi jalar, dan sejumlah kecil ikan. Mereka juga melestarikan tradisi unik untuk membatasi jumlah asupan kalori yang dikenal dengan istilah hara hachi bu.

Selain itu, penduduk Okinawa dikenal sangat rukun dan ramah. Sifat ini menurun dari generasi ke generasi berikutnya. Kerukunan dan keramahan diduga bisa mengurangi stres dan menumbuhkan rasa menyayangi yang kuat.

2. Sardinia
Pulau Sardinia merupakan salah satu tempat dengan persentase penduduk berusia hingga 100 tahun atau lebih tertinggi di dunia. Selain faktor genetis, penduduk pulau yang terletak di Laut Mediterania ini memiliki sejumlah tradisi yang membuat mereka bisa berusia panjang.

" Kehidupan yang aktif di lingkungan yang relatif bebas stres di lereng-lereng bukit Pulau Sardinia yang indah mungkin juga berkontribusi (terhadap kesehatan penduduknya)," tulis The Guardian.

Selain lingkungan yang sehat, makanan seperti susu segar, sayuran organik yang ditanam sendiri, dan air pegunungan yang bersih juga menjadi faktor lainnya. Namun faktor yang paling menentukan dari usia panjang penduduk Pulau Sardinia adalah kebiasaan minum anggur yang diolah secara tradisional.

1 dari 3 halaman

3. Nicoya

Kota Nicoya, kota di semenanjung Provinsi Guanacaste, Costa Rica, juga memiliki penduduk dengan tingkat harapan hidup yang sangat tinggi. Di kota ini, penduduk memiliki prinsip " plan de vida" yang luar biasa.

 Tua

Menurut Blue Zone, plan de vida diartikan sebagai " alasan untuk hidup" . Prinsip ini mendorong para penduduk lanjut usia untuk memiliki pandangan hidup yang positif. Pandangan ini membuat mereka memiliki fokus yang kuat untuk selalu bersama dengan keluarga dan tetangga.

" Orang-orang tua di Nicoya sering mengunjungi tetangga, dan mereka suka tinggal bersama saudara, anak dan cucu yang memberikan dukungan dan tujuan hidup," tulis Blue Zone.

Mereka juga minum air berkalsium tinggi dan melakukan aktivitas yang relatif bebas stres. Mereka berjemur di pagi hari, makan sedikit di malam hari, dan mengonsumsi banyak jenis biji-bijian. Orang-orang tua Nicoya juga tidak suka makanan dan minuman manis.

Makanan tradisional mereka berupa jagung dan kacang yang diolah mungkin merupakan kombinasi nutrisi terbaik untuk umur panjang yang pernah dikenal dunia.

 

2 dari 3 halaman

4. Loma Linda

Loma Linda, kota kecil di San Bernardino County, California, Amerika Serikat, adalah tempat bagi komunitas Advent yang berjumlah sekitar 9.000 jiwa. Penduduk Loma Linda tidak terlalu tergila-gila dengan kehidupan dunia.

 Model Berusia 26 Tahun Ini Alami Keriput Seluruh Badan

Mereka lebih banyak fokus pada keluarga dan Tuhan, menjaga pola makan, dan menjalin pertemanan yang kuat di antara mereka. Penduduk Loma Linda adalah vegetarian. Mereka makan kacang lima kali dalam satu minggu.

Menurut penelitian, penduduk Loma Linda yang mengonsumsi kacang setidaknya lima kali dalam seminggu cenderung sedikit berisiko terkena penyakit jantung dan hidup dua tahun lebih lama dari mereka yang tidak mengonsumsi.

3 dari 3 halaman

5. Ikaria

Ikaria adalah sebuah pulau di Laut Aegean, dan terletak 10 mil laut di barat daya Samos, Yunani. Menurut laporan BBC, sepertiga warga Ikaria memiliki tinggi harapan hidup 90 tahun lebih.

Seperti orang-orang di blue zone sebelumnya, warga Ikaria menjalankan tiga prinsip hidup, yaitu diet sehat, gaya hidup yang aktif dan ikatan keluarga yang kuat.

" Orang-orang Ikaria berupaya untuk tetap terhubung dengan keluarga dan tetangga mereka, dan para lansia memainkan peran penting dalam komunitas," lapor BBC.

Ketika ditanya, penduduk Ikaria mengungkapkan rahasia umur panjang mereka dengan mengikuti gairah hidup mereka hingga usia lanjut. Seorang pria berusia 81 tahun dengan penuh semangat memberitahu BBC tentang Ikaria Senior Regatta, yaitu perlombaan perahu yang kualifikasi usia minimum untuk kaptennya adalah 70 tahun.

" Dua puluh kru ikut berlayar dengan rute 14 mil laut dengan rute pulau Samos ke Ikaria dan sebaliknya," katanya. (ism)

Beri Komentar
Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?