6 Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Bahan Alami yang Aman

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 22 Agustus 2019 07:12
6 Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Bahan Alami yang Aman
Tahi lalat bisa jadi kebanggaan, tapi bisa juga mengganggu penampilan. Bagi yang ingin menghilangkan tahi lalat tanpa operasi, berikut caranya.

Dream - Keberadaan tahi lalat merupakan hal yang wajar dan umum terjadi pada siapa saja. Rata-rata setiap orang memiliki 10 hingga 40 tahi lalat yang menempel di kulit wajah maupun di bagian kulit lainnya.

Umumnya, tahi lalat tidak berbahaya dan tidak mempengaruhi kesehatan kulit. Hanya saja pada kondisi tertentu, saat tahi lalat terasa gatal, perih dan terus tumbuh, maka perlu diwaspadai. Bila tahi lalat tidak menimbulkan keluhan, maka tidak perlu khawatir.

Walau begitu, bagi sebagian orang, keberadaan tahi lalat sangat mengganggu penampilan. Dan, banyak yang berusaha untuk menghilangkannya dengan jalan operasi kecil. Selain dengan operasi, masih ada cara menghilangkan tahi lalat lainnya yang jauh lebih aman, salah satunya dengan bahan alami berikut ini.

1 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Tea Tree Oil

 Menghilangkan Tahi Lalat

Salah satu cara menghilangkan tahi lalat dengan bahan alami yang bisa dicoba yaitu dengan menggunakan tea tree oil atau minyak daun teh. Kandungan antibakteri yang ada di dalam tea tree oil dipercaya efektif menghilangkan tahi lalat secara perlahan.

Cara menggunakan tea tree oil cukup mudah, cukup campurkan 4 hingga 5 tetes tea tree oil dan setengah sendok teh minyak zaitun ke dalam mangkuk kecil. Kemudian aduk hingga rata campuran tersebut.

Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke tahi lalat, dan diamkan selama kurang lebih lima menit. Lalu, usap ramuan tersebut dengan menggunakan handuk basah sampai bersih. Lakukan perawatan ini 1-2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Campuran Baking Soda

 Menghilangkan Tahi Lalat

Selain dengan menggunakan minyak daun teh, cara menghilangkan tahi lalat dengan bahan alami lainnya adalah dengan menggunakan campuran baking soda dengan minyak jarak. Kandungan baking soda dan minyak jarak sangat ampuh untuk mengatasi tahi lalat yang membandel.

Cara untuk menghilangkan tahi lalat dengan campuran ini sangatlah mudah. Pertama, siapkan mangkuk kecil untuk mencampur baking soda dan minyak jarak. Kemudian, masukkan satu sendok teh minyak jarak dan setengah sendok baking soda.

Setelah itu, campur keduanya dan oleskan pada bagian kulit yang terdapat tahi lalat. Diamkan olesan tersebut selama kurang lebih 10 menit, lalu usap dengan handuk basah hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini 2-3 kali dalam satu minggu.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Aloe Vera

 Menghilangkan Tahi Lalat

Aloe vera dikenal sangat baik untuk perawatan kulit, membuat kulit lebih cerah, kencang dan sehat. Tidak hanya itu saja, ternyata aloe vera juga jadi cara ampuh menghilangkan tahi lalat secara alami. Kandungan anti peradangan, anti bakteri dan antioksidan dipercaya ampuh menghilangkan tahi lalat.

Untuk melakukan perawatan menghilangkan tahi lalat ini sangat mudah. Kita hanya perlu menyiapkan lidah buaya asli atau produk aloe vera dalam bentuk gel dan langsung mengoleskannya pada bagian tahi lalat yang ingin dihilangkan. Diamkan aloe vera tersebut sampai sering, dan jangan dibilas dengan apapun.

Melakukan perawatan ini secara rutin setiap hari diyakini mampu menghilangkan tahi lalat secara bertahap. Selain dengan menggunakan gel, kita juga bisa menggunakan daging aloe vera dengan cara mengoleskannya langsung dan menunggunya kering.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Cuka Apel

 Menghilangkan Tahi Lalat

Kandungan anti mikroba dan anti peradangan yang ada dalam cuka apel efektif untuk menghaluskan kulit dan ampuh untuk menghilangkan tahi lalat, kutil, dan masalah kulit luar lainnya. Cara menghilangkan tahi lalat dengan cuka apel sangat mudah.

Pertama, siapkan mangkuk kecil, kemudian campur 3-4 tetes cuka apel ditambah dengan setengah sendok air mineral murni. Lalu, aduk campuran tersebut hingga merata. Setelah itu, rendam kapas ke dalam mangkuk yang berisi campuran cuka apel dan tunggu hingga kapas menyerap sempurna.

Angkat kapas dan tempelkan pada bagian tahi lalat yang ingin dihilangkan. Biarkan selama kurang lebih 2-3 jam, baru setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air dingin. Melakukan perawatan ini secara rutin sangat efektif untuk menghilangkan tahi lalat.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Bawang

 Menghilangkan Tahi Lalat

Bawang putih ternyata tidak hanya jadi bahan masakan saja. Kandungan anti jamur, anti peradangan dan antioksidan dalam bawang, membuatnya ampuh jadi cara menghilangkan tahi lalat secara alami.

Untuk memanfaatkan bawang putih ini sangat mudah. Siapkan 2-3 bawang putih yang sudah dikupas, kemudian haluskan dengan cara diblender. Setelah halus, bawang putih bisa langsung dioleskan ke bagian tahi lalat yang hendak dihilangkan.

Kemudian, biarkan olesan bawang putih itu semalaman, dan bilas saat bangun tidur. Apabila kita melakukan perawatan ini secara teratur, maka tahi lalat akan hilang secara perlahan.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Kulit Pisang

 Menghilangkan Tahi Lalat

Siapa bilang kulit pisang itu tidak berguna? Tak banyak yang tahu, kalau kulit pisang sebenarnya sangat bermanfaat untuk menghilangkan tahi lalat yang ada di kulit. Kandungan enzim dan asamnya sangat efektif untuk mengurangi penampakan tahi lalat dan menghilangkannya.

Cara menghilangkan tahi lalat dengan kulit pisang sangat mudah. Pertama, kupas kulit pisang, lalu oleskan kulit pisang pada bagian kulit dengan tahi lalat.

Setelah itu biarkan bekas olesan tersebut selama kurang lebih 5-10 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari sampai tahi lalat menghilang. (mut)

Sumber: Healthline dan Bold Sky

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi