7 Cara Jitu Hindari Kolesterol Naik Usai Lebaran, Jaga Pola Hidup Sehat

Reporter : Arini Saadah
Minggu, 16 Mei 2021 14:01
7 Cara Jitu Hindari Kolesterol Naik Usai Lebaran, Jaga Pola Hidup Sehat
Masalah kolesterol bisa kamu cegah dengan melakukan sejumlah tindakan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat.

Dream - Masalah yang sering dialami oleh masyarakat saat Lebaran tiba adalah meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh. Persoalan ini kerap dialami karena konsumsi makanan-makanan berkuah santan, daging, serta hidangan lainnya yang tidak sehat.

Meskipun kolesterol sebenarnya adalah lemak yang memberi energi kepada sel, namun jika kebanyakan akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Masalah kolesterol yang terjadi ini bisa kamu cegah dengan melakukan sejumlah tindakan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat. Dilansir Health Me Up, berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan kolesterol saat lebaran tiba.

1 dari 7 halaman

Berhenti Merokok

Ilustrasi© freepik.com

Sudah tidak asing lagi bahwa kebiasaan merokok tidak baik bagi kesehatan. Merokok membuat kadar kolesterol baik dalam tubuh menurun sementara kolesterol jahat meningkat. Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya berhenti agar kolesterol lebih stabil.

Apalagi di saat lebaran, kebanyakan orang akan balas dendam karena selama satu bulan berpuasa tidak bisa merokok secara bebas di siang hari. Sehingga saat lebaran tiba mereka akan dengan leluasa merokok tanpa memerhatikan ada penyakit yang mengincar.

2 dari 7 halaman

Rutin Berolahraga

Ilustrasi© freepik.com

Kebalikan dari buruknya kebiasaan merokok, kebiasaan olahraga justru sangatlah baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Berolahraga merupakan kunci untuk mencegah dan mengurangi kolesterol tinggi pada tubuh. Melakukan aktivitas fisik selama 40-60 menit secara rutin setiap hari ampuh menjauhkan diri kamu dari kolesterol.

3 dari 7 halaman

Hindari Lemak Jenuh

Ilustrasi© freepik.com

Makanan berlemak jenuh membuat kolesterol jahat meningkat drastis. Biasanya makanan seperti ini ditemukan dalam lemak daging, kuning telur, dan makanan kering. Batasi asupan lemak jenuh 20 gram saja dalam sehari untuk mencegah kolesterol meningkat.

4 dari 7 halaman

Menjaga Berat Badan

Ilustrasi© freepik.com

Berat badan berlebihan juga berhubungan dengan kolesterol. Pada awalnya, lemak yang terlalu banyak menganggu produksi hormon insulin. Hal itulah yang kemudian memicu kolesterol tinggi dan penyakit diabetes.

5 dari 7 halaman

Makan Bayam

Ilustrasi© freepik.com

Bayam bisa menjadi pilihan sayuran yang membantu mengatasi masalah kolesterol tinggi. Bayam mengandung 13 komposisi flavonoid yang menjauhkan tubuh dari kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis.

6 dari 7 halaman

Makan Ikan

Ilustrasi© freepik.com

Ikan dengan asam lemak omega-3 juga disarankan untuk dikonsumsi agar kolesterol lebih terkendali. Jadi, jangan malas makan ikan setidaknya dua kali seminggu agar terhindar dari kolesterol tinggi.

Sejumlah cara di atas bisa kamu lakukan untuk menekan tingginya kolesterol terutama setelah lebaran.

Gaya hidup sehat ini juga sebaiknya kamu terapkan sepanjang waktu untuk menekan risiko munculnya penyakit yang mungkin muncul setiap saat. Karena hidup dengan cara sehat tidak akan pernah merugikan sama sekali.

7 dari 7 halaman

Konsumsi Serat Larut Air

Serat larut adalah sekelompok senyawa yang berbeda dalam tanaman yang larut dalam air dan yang tidak dapat dicerna manusia. Serat larut memelihara bakteri usus probiotik sehat dan menghilangkan kolesterol dari tubuh, mengurangi LDL dan VLDL.

Ilustrasi© unsplash.com

Dalam sebuah penelitian terhadap 30 orang dewasa, mengonsumsi 3 gram suplemen serat larut setiap hari selama 12 minggu menurunkan LDL sebesar 18%.

Beberapa sumber serat larut terbaik termasuk kacang, kacang polong dan lentil, buah, gandum, dan biji-bijian utuh. Suplemen serat seperti psyllium juga merupakan sumber yang aman dan murah.

Sejumlah cara di atas bisa kamu lakukan untuk menekan tingginya kolesterol terutama setelah lebaran. Gaya hidup sehat ini juga sebaiknya kamu terapkan sepanjang waktu untuk menekan risiko munculnya penyakit yang mungkin muncul setiap saat. Karena hidup dengan cara sehat tidak akan pernah merugikan sama sekali.

Beri Komentar