6 Manfaat Daun Mint bagi Kesehatan yang Wajib Kita Tahu

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Senin, 26 Agustus 2019 17:12
6 Manfaat Daun Mint bagi Kesehatan yang Wajib Kita Tahu
Daun Mint memiliki banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan. Mulai dari manfaat untuk kelancaran pencernaan dan pernapasan tubuh.

Dream - Daun mint tak hanya memberi sensasi segar dan dingin saja untuk minuman. Daun mint ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Mint merupakan tanaman bergenus Mentha dan memiliki banyak jenis. Beberapa yang paling populer ialah peppermint dan spearmint.

Daun mint banyak dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam berbagai jenis makanan, seperti salad, teh, dan berbagai jenis minuman lain.

Daun mint merupakan sumber vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Daun mint juga mengandung banyak antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Selain vitamin A dan antioksidan, daun mint juga mengandung kalori, serat, zat besi, mangan, dan folat. Kandungan nutrisi inilah yang membuat daun mint memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

1 dari 6 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Meredakan IBS

 IBS© Shutterstock

IBS atau Irritable Bowel Syndrome merupakan gangguan saluran pencernaan yang sangat umum. Gejala penyakit ini biasanya berupa rasa sakit di bagian perut, kembung, dan perubahan pada kebiasaan buang air besar.

Untuk meredakan masalah pencernaan yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan daun mint. Minyak dari peppermint mengandung mentol yang dapat meredakan gejala IBS dan memberikan efek relaksasi pada otot-otot di saluran pencernaan.

Selain dengan menggunakan minyak mint, Anda juga bisa mengonsumsi kapsul daun mint untuk meredakan IBS. Anda juga bisa mengonsumsi daun mint dengan menambahkannya dalam minuman atau makanan.

2 dari 6 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Meredakan Gangguan Pencernaan dan Gejala Demam

 Masalah Pencernaan© Shutterstock

Selain IBS, gangguan pencernaan, seperti sakit perut, juga dapat diredakan dengan daun mint. Dalam kasus gangguan pencernaan, pemakaian minyak daun mint akan sangat membantu meredakan rasa sakit di bagian perut.

Tidak hanya itu, minyak daun mint juga mempercepat pencernaan yang ada di dalam perut sehingga gejala gangguan pencernaan bisa diatasi. Selain meredakan gangguan pencernaan, daun mint juga ampuh meredakan gejala demam.

 Demam dan Flu© Pixabay

Demam dan flu merupakan masalah kesehatan yang kerap dialami oleh siapa saja. Untuk meredakan gejalanya, Anda bisa mengonsumsi daun mint. Kandungan menthol dalam daun mint sangat efektif untuk memperlancar saluran pernafasan dan pencernaan sehingga gejala demam akan mereda.

3 dari 6 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Meningkatkan Fungsi Otak

 Kemampuan Otak © Shutterstock

Daun mint juga mampu meningkatkan fungsi otak. Untuk mendapatkan manfaat daun mint yang satu ini, Anda cukup menghirup aroma mint secara rutin. Bisa dengan menanam daun mint, atau dengan aroma terapi mint.

Dengan rutin menghirup daun mint, tingkat frustasi, kecemasan, dan kelelahan dapat berkurang. Manfaat daun mint yang berkaitan dengan peningkatan fungsi otak memang masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi.

Manfaat daun mint untuk pereda stres dan penenang sudah terbukti. Dengan pikiran yang tenang, rasa lelah yang berangsung berkurang, tentu akan mempengaruhi kinerja otak dalam berpikir.

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Meredakan Rasa Sakit saat Menyusui

Menyusui merupakan pekerjaan yang berat bagi seorang perempuan. Ada saat di mana ketika menyusui, akan muncul rasa sakit, puting yang mengalami pecah-pecah dan perih. Kondisi ini tentu sangat berpengaruh pada kebutuhan ASI anak.

 Menyusui© Shutterstock

Untuk meredakan rasa sakit tersebut, ibu menyusui bisa memanfaatkan daun mint. Ibu menyusui bisa mengoleskan minyak daun mint atau daun mint langsung ke payudara beberapa saat setelah menyusui bayi.

Penggunaan minyak daun mint untuk mengatasi masalah menyusui ini bisa dilakukan dengan menambahkan minyak alami lain, atau dicampur dengan gel dan air.

5 dari 6 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Meredakan Gangguan Pernafasan

 Masalah Pernapasan© Pixabay

Manfaat daun mint selanjutnya ialah meredakan gangguan pernafasan. Anda bisa mengonsumsi permen kunyah rasa mint untuk mengatasi masalah ini, selain itu kandungan mint juga dapat mencegah bau mulut.

Kandungan mentol pada daun mint sangat berperan dalam meredakan gangguan pernafasan dan masalah bau mulut. Anda juga bisa menambahkan mint dalam minuman hangat, atau mengonsumsi permen mint.

Rasa dingin dan segar tidak hanya mampu merelaksasi saluran pernapasan, tapi juga dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

6 dari 6 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Diet

Selain berbagai manfaat daun mint untuk kesehatan di atas, daun mint juga sangat baik dikonsumsi untuk keperluan diet. Anda bisa menambahkan daun mint ke dalam menu makanan diet dan mengonsumsinya setiap hari.

 Diet© Pixabay

Daun mint dapat membantu Anda dalam memperoleh berat badan yang diinginkan, dengan syarat diikuti dengan pola hidup sehat lainnya.

Dalam memanfaatkan daun mint, Anda bisa memanfaatkannya dalam berbagai bentuk, seperti permen, minyak, kapsul, atau bisa langsung mengonsumsinya, dan jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

Sumber: Healthline

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam