Bahaya Mengerikan Jika Kita Jarang Sikat Gigi

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 1 September 2017 16:15
Bahaya Mengerikan Jika Kita Jarang Sikat Gigi
Menurut dokter gigi, membersihkan gigi kurang dari dua kali sehari dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Dream – Menyikat gigi baiknya dilakukan minimal dua kali sehari. Dokter biasanya menganjurkan untuk menggosok gigi pada pagi hari dan malam sebelum tidur.

Namun, jika kurang dari anjuran menyikat gigi itu, kira-kira apa ya yang akan terjadi?

Menurut dokter gigi, membersihkan gigi kurang dari dua kali sehari dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari gigi goyah, gusi berdarah, bahkan yang cukup parah, penyakit jantung koroner.

Dilansir dari Daily Mail, berikut ini masalah-masalah yang akan terjadi jika kamu tidak rutin sikat gigi.

Bau Mulut 

Terbiasa tidak membersihkan gigi dengan baik akan menyebabkan menumpuknya plak di gigi. Plak yang menempel itu lama-kelamaan akan menjadi karang gigi. Menyebabkan gigi berlubang dan merusak struktur gigi geligi.

Sisa makanan yang menyangkut di sela gigi akan membuat bakteri merajalela dan menyebabkan napas menjadi tak sedap.

Penyakit Jantung Koroner

Kotoran dan bakteri yang ada di dalam mulut bisa muncul jika kita tak rutin membersihkannya. Kedua hal jahat itu akan masuk ke dalam aliran darah dan menyumbat arteri koroner yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Gusi Berdarah

Menyikat gigi ternyata menstimulasi aliran darah pada gusi, yang dapat menjaga kesehatan mulut kita. Jika malas menyikat gigi, gusi menjadi mudah teriritasi dan berdarah.

Shutterstock© dream.co.id

Gigi Tanggal

Tidak membersihkan gigi dengan benar akan menyebabkan periodontitis, kondisi dimana gusi mengalami infeksi sehingga merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Jika tidak diatasi, bisa merusak tulang di rahang dan merenggangkan gusi, sehingga gigi menjadi mudah lepas.

Gigi Kusam

Warna dari makanan dan minuman akan menempel pada plak gigi. Jika tidak segera dibersihkan maka bisa menyebabkan warna gigi menjadi kusam.

Sahabat Dream, ternyata banyak sekali ya kerugian yang didapat jika malas membersihkan gigi dengan rutin.

Selain rutin menyikat gigi, kamu tentu jangan asal-asalan memilih pasta gigi. Pakailah pasta gigi tanpa detergen yang mampu merangsang air liur. Juga mengandung enzim serta protein yang bisa memperkuat kerja air ludah secara alamiah.

Pasta gigi Enzim Classic Mild lembut untuk semua gigi karena tidak mengandung detergen. Mau buktinya? Coba saja menyikat gigi dengan pasta gigi Enzim Classic Mild dan mengunyah sepotong jeruk. Pasti rasa jeruk itu takkan berubah.

Gigi kamu juga akan terasa licin dan bersih setelah menyikat gigi menggunakan pasta gigi Enzim.

enzim© dream.co.id

Kondisi ini tentu berbeda jika kamu menggunakan pasta gigi yang menggunakan bahan detergen, yaitu gigi akan terasa kesat dan mempermudah penumpukan sisa makanan di gigi yang biasa di sebut plak atau karang gigi.

Selain tanpa detergen, kandungan dalam Enzim Classic Mild juga efektif membantu mempercepat penyembuhan sariawan, mengurangi bau mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

Uniknya lagi, Sahabat Dream tak perlu berkumur atau membasahi sikat sbelum menyikat gigi. Kamu juga cukup menyikat gigi minimal dua menit. Setelah selesai, barulah kamu bisa berkumur.

Yuk jangan salah pilih pasta gigi untuk kesehatan rongga mulutmu. Gunakan Enzim Classic Mild setelah sarapan pagi dan sebelum tidur.

Beri Komentar