`Bekal` Penting Wujudkan Keluarga Harmonis, Sudah Tahu?

Reporter : Ayu Siti Rachma
Rabu, 1 November 2017 07:41
`Bekal` Penting Wujudkan Keluarga Harmonis, Sudah Tahu?
Melakukan berbagai perencanaan bersama pasangan untuk mewujudkan rumah tangga yang bahagia itu perlu lho..

Dream - Memasuki kehidupan sebagai suami istri mungkin masih menjadi dunia yang asing bagi para pasangan muda. Perlu banyak penyesuaian agar rumah tangga berjalan dengan harmonis.

Selain itu, jangan lupa kamu juga perlu melakukan berbagai perencanaan bersama pasangan untuk mewujudkan rumah tangga yang bahagia. Apa saja sih?

Keuangan Keluarga

Merencanakan keuangan merupakan fondasi untuk meraih tujuan keluarga. Dengan perencanaan yang terarah, kamu dan pasangan bisa memiliki panduan dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran yang terjadi setiap harinya.

Hal ini perlu dilakukan, mengingat ada banyak kebutuhan keluarga yang dipenuhi. Jika kamu nggak memiliki panduan, uang akan habis tanpa arahan yang benar. Kesejahteraan keluarga pun bisa terancam.

Perencanaan Tempat Tinggal

Banyak pasangan baru menikah yang belum memiliki rumah. Oleh karena itu, penting merencanakan mana tempat tinggal yang akan dipilih. Apakah sementara tinggal bersama orang tua dulu, mengontrak rumah, atau langsung memutuskan untuk mencicil rumah. Tentu alternatif yang dipilih membutuhkan biaya yang berbeda-beda. Nah, hal inilah yang perlu kamu rencanakan mulai sekarang.

Merencanakan Kehamilan

Nah, ini dia salah satu perencanaan yang penting untuk masa depan keluarga. Merencanakan kehamilan sejak awal pernikahan sangat penting demi masa depan bersama. Memiliki anak tak hanya membutuhkan kesiapan mental saja, tapi juga kondisi fisik yang prima hingga keuangan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sang anak.

Jarak kehamilan yang terlalu dekat misalnya bisa mempengaruhi kesehatan sang ibu. Idealnya, tubuh wanita memerlukan waktu selama dua tahun untuk mempersiapkan kehamilannya kembali. Jarak yang terlalu dekat bisa memberikan berbagai risiko kesehatan pada ibu.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perencanaan kehamilan sejak awal menikah. Diskusikan dengan pasangan tentang berapa jumlah anak yang ingin dimiliki hingga berapa rentang usia antara anak satu dengan yang lain.

Bicarakan juga penggunaan alat kontrasepsi yang nyaman dan tepat untuk mendukung perencanaan kehamilan ini. Sekarang ada banyak pilihan alat kontrasepsi yang bisa menjadi rekomendasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti pil KB, suntik, IUD, hingga implan.

Andalan© Andalan

Merencanakan Pendidikan Anak

Nggak bisa dipungkiri, mahalnya biaya pendidikan anak sering menjadi beban tersendiri bagi orang tua. Demi bisa mewujudkan impian masa depan buah hati tercinta, melakukan perencanaan pendidikan mulai sekarang sangat perlu dilakukan.

Selain lewat tabungan, kamu juga bisa mulai mempersiapkan deposito berjangka atau asuransi pendidikan anak yang dapat menjadi tabungan masa depan untuk mewujudkan impian mereka.

Empat hal di atas sangat penting untuk direncanakan sedini mungkin untuk mewujudkan keluarga yang bahagia dan harmonis. Semoga semua cita-cita masa depan keluargamu bisa terwujud ya, Sahabat Dream

Beri Komentar