Bukan Cotton Bud, Begini Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Reporter : Ratih Wulan
Selasa, 21 Februari 2017 06:44
Bukan Cotton Bud, Begini Cara Membersihkan Telinga yang Benar
Ternyata membersihkan telinga menggunakan cotton bud dapat mengancam menyebabkan gendang telinga pecah.

Dream - Menjaga kebersihan telinga sangatlah penting agar tidak menimbulkan bau yang tak sedap. Oleh karena itu, sebagian orang berupaya mengorek telinga sesering mungkin.

Pada dasarnya, kotoran telinga merupakan pelumas yang melindungi saluran telinga. Terdiri dari cerumen yang memiliki sifat antimikroba untuk melawan infeksi.

Tapi ternyata banyak orang yang salah dalam membersihkan telinga. Seperti misalnya, membersihkan telinga menggunakan cotton bud.

Padahal, penelitian membuktikan bahwa membersihkan telinga mengenakan cotton bud dapat mendorong kotoran menjadi masuk ke dalam, serta berpotensi membuat gendang telinga menjadi pecah.

Agar hal itu tidak menimpa Sahabat Dream, perhatikan cara-cara membersihkan telinga di bawah ini, agar kotoran dapat bersih sempurna tanpa risiko melukai gendang telinga.

1. Handuk

Handuk lembut© dream.co.id


Jika ingin membersihkan telinga, ambil handuk lembut dan basahi dengan air. Gunakan untuk membersihkan kanal luar telinga. Usapkan pada bagian-bagian yang masih terlihat dari luar.

2. Baby oil

Baby oil© dream.co.id


Ambil beberapa tetes baby oil atau minyak mineral untuk membersihkan telinga. Caranya, campur dengan saline solution yang telah dicampur dengan setengah sendok teh dan setengah cangkir air hangat.

Atau bisa juga mencampurkan dengan larutan hidrogen peroksida (mengandung 3 persen atau lebih rendah) ke dalam air yang sama.

3. Kapas

kapas lembut© dream.co.id


Ambil beberapa helai kapas dan rendam di dalam cairan di atas. Namun, bisa juga menggunakan pipit dan meneteskannya perlahan-lahan ke lubang telinga. Posisikan kepala dalam kondisi miring agar lebih mudah meneteskannya.

4. Pijat tulang rawan

pijat tulang rawan© dream.co.id

Selanjutnya, tekan tulang rawan segitiga pada permukaan luar saluran segitiga telinga kamu. Lalu, pijat dalam gerakan melingkar secara lembut. Hal ini bertujuan untuk membantu sirkulasi soline solution menjadi lebih baik.

5. Miringkan kepala

Miringkan kepala© dream.co.id

Miringkan kepala dalam posisi berlawanan agar larutan cepat mengalir keluar. Ulangi cara tersebut untuk membersihkan kuping sisi lainnya.

(Sumber: TimesofIndia)

Beri Komentar