Kurangi Nasi Jika Mau Pendengaran Sehat

Reporter : Kusmiyati
Jumat, 29 Januari 2016 10:21
Kurangi Nasi Jika Mau Pendengaran Sehat
Mendengarkan musik terlalu keras atau sering berada di kebisingan bisa menggangu. Hal ini tidak dirasakan secara langsung, namun beberapa tahun nanti dampaknya baru terasa.

Dream - Gangguan pendengaran tidak selalu muncul dalam waktu singkat, terkadang kebiasaan sederhana seperti terlalu sering mendengarkan musik bisa berdampak tidak baik.

Dikutip Womansday, Jumat, 29 Januari 2016, Asisten Profesor Bedah THT, kedokteran geriatrik, kesehatan mental dan epidemiologi Johns Hopkins Medicine di Baltimore, Frank Lin, MD, PhD mengatakan kerusakan akibat ganguan kecil itu bisa berdampak jangka panjang.

" Mendengarkan musik terlalu keras atau sering berada di kebisingan bisa menggangu. Hal ini tidak dirasakan secara langsung, namun beberapa tahun nanti baru akan terasa. Tidak ada kata terlambat untuk melindunginya dari gangguan pendengaran," kata Frank.

Frank menyarankan untuk menghindari kebisingan bukan hanya dari musik keras namun juga suara kendaraan, mesin pemotong dan sirine.

" Ketika sudah tidak nyaman maka sebaiknya menutup telinga Anda dengan jari-jari atau penutup telinga," ujarnya.

Selain Frank, Profesor Harvard Medical School dan Brigham serta Rumah Sakit Wanita, Sharon Curhan, MD pun melakukan penelitian seputar gangguan pendengaran.

Menurut Sharon gangguan pendengaran pada wanita berisiko lebih tinggi 13 persen dibandingkan pria. " Wanita lebih berisiko ketika mendengarkan musik atau suara bising dalam waktu enam kali selama satu minggu," ujarnya.

Sharon pun menyarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau menjaga pola makan. " Mulailah mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat olahan seperti roti, pasta dan nasi," tuturnya.

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup