Espresso Bisa Picu Level Kolesterol Jadi Lebih Tinggi

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 27 Mei 2022 09:35
Espresso Bisa Picu Level Kolesterol Jadi Lebih Tinggi
Bagi penyuka espresso, perhatikan juga level kolesterol dalam darah.

Dream - Kopi jenis espresso sering jadi pilihan bagi mereka yang sedang berdiet tapi ingin minum kopi. Varian kopi ini merupakan ekstraksi kopi murni yang rasanya begitu pekat tanpa dicampur pemanis sama sekali.

Bagi yang ingin mendapatkan efek kafein maksimal, espresso merupakan pilihan tepat. Kamu penyuka espresso? Jika iya, perhatikan juga level kolesterol dalam darah.

Sesuai penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journa BMJ Open Heart, minum kopi espresso dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kolesterol lebih tinggi, khususnya di kalangan pria. Ada beberapa penelitian sebelumnya tentang kopi yang memiliki bahan kimia alami dengan kadar kolesterol lebih tinggi dalam darah, yang selanjutnya menyebabkan masalah jantung termasuk stroke.

Tim peneliti dari Arctic University of Norway, University of Oslo, dan University of Gothenburg di Swedia, menganalisis data survei dari 21.083 orang Norwegia, berusia 40 tahun ke atas. Peneliti membandingkan kebiasaan minum kopi dengan kadar kolesterol dari sampel darah.

 

1 dari 4 halaman

Juga dianalisis bagaimana berbagai jenis kopi dapat mempengaruhi kadar kolesterol. Hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Peneliti menemukan bahwa mereka yang minum 3-5 cangkir espresso per hari mengalami peningkatan kadar kolesterol, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum espresso sama sekali.

Sama-sama Pahit, Sudah Tahu Beda Espresso dan Americano?© MEN

Menurut data, hubungan antara espresso dan kolesterol lebih kuat untuk pria daripada wanita. Juga diketahui bahwa wanita yang minum 6 cangkir atau lebih French press coffee setiap hari memiliki kadar kolesterol lebih tinggi daripada pria.

Kesimpulannya lainnya, minum enam cangkir kopi plunger seperti French press setiap hari dikaitkan dengan kolesterol yang lebih tinggi, terlepas dari jenis kelaminnya. Jadi, sebaiknya batasi konsumsi kopi hari kamu ya, Sahabat Dream. Hal ini demi menjaga level kolesterol tetap stabil.

 

Sumber: Times Of India

2 dari 4 halaman

Minum Kopi, Bisa Berapa Lama Menahan Kantuk?

Dream - Minuman dengan kandungan kafein selalu jadi andalan kita ketika harus tetap fokus dan terjaga. Salah satu minuman favorit banyak orang untuk menahan kantuk adalah kopi.

Rasanya nikmat, perpaduan pahit manis apalgi disajika hangat-hangat. Kopi memang mengandung kafein, terutama espresso yang levelnya sangat tinggi. Kopi bagi beberapa orang bisa membuat terjaga dan menahan kantuk.

Setelah minum kopi, dikutip dari KlikDokter, tubuh akan mengalami peningkatan tekanan darah dan detak jantung. Hal ini membuat tubuh terasa lebih berenergi, dan mood juga akan membaik.

Sejak tegukan pertama, kafein akan melewati jaringan epitel hingga memasuki aliran darah melalui lapisan mulut, tenggorokan, kerongkongan, dan perut. Ketika kafein berhasil masuk ke dalam tubuh, otak akan bereaksi dengan mengikat senyawa bernama adenosin. Hal inilah yang membuat pikiran Anda terasa lebih segar, sehingga terhindar dari kantuk.

 

3 dari 4 halaman

Efek kafein pada tubuh kemudian mulai terasa. Hanya dibutuhkan sekitar 45 menit bagi kafein untuk masuk ke dalam membran sel tubuh Anda. Lalu, berapa lama kopi bisa menahan ngantuk?

Durasi kafein untuk bekerja di dalam tubuh adalah 5 jam atau maksimal 9 jam. Meski demikian, durasi tersebut bisa saja berubah, tergantung usia, kondisi medis, dan obat yang dikonsumsi.

Efek dari kafein itu sendiri mencapai puncaknya sekitar 30‒60 menit setelah dikonsumsi. Penting dicatat, selain memengaruhi kerja otak, kafein pada kopi juga dapat memberikan efek lain pada tubuh.

 

4 dari 4 halaman

Senyawa tersebut bisa menyebabkan kontraksi awal dinding arteri, namun kemudian otot polos akan melemas. Hal ini akan membuka pembuluh darah, sehingga memungkinkan aliran yang lebih deras.

Kamu Pecinta Kopi? Begini Tips Aman Minum Kopi Selama Puasa Ramadhan© MEN

Hal tersebutlah yang kemudian membuat pikiran lebih fokus dan merasa bersemangat setelah minum kopi. Itu pula penjelasan kenapa kopi membuat tidak ngantuk.
Dalam 200 mililiter atau segelas kopi terkandung hingga 200 miligram kafein. Jumlah tersebut merupakan sepertiga asupan kafein yang dianjurkan dalam sehari.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Beri Komentar