Mengetahui Jenis Penyakit dari Kuku

Reporter : Kusmiyati
Jumat, 1 April 2016 14:31
Mengetahui Jenis Penyakit dari Kuku
Beberapa masalah kesehatan rupanya dapat dilihat dari warna dan bentuk kuku. Pertumbuhan kuku setiap orang berbeda-beda tergantung faktor kesehatan, usia dan asupan gizi.

Dream - Beberapa masalah kesehatan rupanya dapat dilihat dari warna dan bentuk kuku. Pertumbuhan kuku setiap orang berbeda-beda tergantung faktor kesehatan, usia dan asupan gizi.

Dalam kondisi terbaik, kuku tumbuh sekitar 0,004 inci sehari atau seperdelapan inci setiap bulannya. Dibutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk kuku baru yang tumbuh dari kutikula hingga ke ujung. 

Dilansir Care2, Jumat 1 April 2016, berikut kelainan kuku yang dapat mengidentifikasi penyakit yang sedang menyerang tubuh, yaitu:

1. Kuku berubah warna

Warna menguning hingga kecokelatan teridentifikasi terserang penyakit eksim atau psoriasis dan kondisi rambut rontok. Ketika kuku mengalami perubahan menjadi merah menunjukan kecenderungan sirkulasi perifer yang buruk.

Sementara bila berwarna biru menunjukan anemia atau darah tidak menerima cukup oksigen karena adanya gangguan pernapasan, masalah kardiovaskular dan lupus.

Dan sesorang teridentifikasi menderita diabetes, psoriasis, penggunaan tetrasiklin ketika kuku menguning. Sedangkan kuku bewarna ungu atau hitam ada kemungkinan tanda kekurangan vitamin B13.

 

...

1 dari 2 halaman

Kuku Sendok dan Terlalu Lembut

2. Berbentuk seperti sendok

Kuku yang berbentuk seperti sendok ketika tumbuh diketahui gejala defisiensi zat besi dan penyakit tiroid.

3. Kuku terlalu lembut

Kuku yang terlalu lembut ternyata tidak terlalu baik. Seseorang yang Kekurangan gizi, masalah endoktrin dan arthritis kronis dapat dilihat dari kuku yang sangat lembut.

2 dari 2 halaman

Kuku Lebih dan Rapuh


4. Kuku Lebih

Club atau kuku lebih yang tumbuh di sekitar ujung jari yang bengkak mengidentifikasi adanya penyakit kronis seperti masalah jantung dan sirosis hati.

5. Rapuh

Bahan kimia seperti detergen dapat menyebabkan kuku rapuh atau bahkan terbelah. Bercak putih kecil di kuku, biasanya tanda cedera pada matriks kuku. (Ism) 

 

 

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak