Kenali Jenis Koyo, 'Si Kecil' Penghangat Badan dan Fungsinya

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 23 Juli 2019 13:16
Kenali Jenis Koyo, 'Si Kecil' Penghangat Badan dan Fungsinya
Plester kecil penghangat badan ini jadi andalan banyak orang untuk redakan pegal. Ternyata ada perbedaan jenis dan fungsinya.

Dream – Salah satu keluhan kesehatan yang sering kita alami setelah beraktivitas seharian adalah pegal-pegal di beberapa bagian tubuh. Kondisi tersebut terjadi karena adanya beberapa pemicu seperti misalnya salah tidur ataupun setelah melakukan pekerjaan berat.

Salah satu alternatif yang dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan menggunakan koyo. Di samping mampu untuk mengatasi pegal, koyo juga bisa mengatasi gangguan kesehatan seperti nyeri pada bagian tubuh, mengatasi pusing, hingga sebagai penghangat tubuh.

Koyo memiliki dua kandungan bahan aktif yang dirancang untuk dapat mengatasi sejumlah permasalahan. Kandungan tersebut yaitu mentol dan metil salisilat yang merupakan turunan dari asam salisilik.

Kandungan mentol yang ada di koyo mampu untuk mengurangi rasa nyeri dengan memberikan sensasi dingin di kulit. Di sisi lain, metil salisilat mampu meberikan efek anti-nyeri dan antiinflamasi pada saat koyo digunakan.

Dengan kandungan dan manfaat yang telah disampaikan membuat koyo memiliki beragam jenis dan bentuk. Jenis koyo yang sudah beredar pun juga memiliki fungsinya masing-masing.

Penasaran dengan jenis dan fungsi koyo? Dream telah merangkumnya khusus untuk kalian. Yuk simak informasinya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Jenis dan Fungsi Koyo: Analgetik topical

Pada umumnya, sebagian besar orang lebih mengetahui koyo jenis ini untuk dapat mengatasi rasa pegal dan bahkan cedera pada otot serta tulang. Koyo analgetik topical memiliki obat anti radang atau lebih dikenal dengan NSAID (Non-Steroid Anti-Infammatory Drugs).

 Koyo

Kalian bisa menempelkan langsung koyo jenis ini ke atas permukaan tubuh yang sakit. Dengan menggunakan ini langsung ke atas permukaan yang sakit, dapat memberikan efek anti radang yang bisa kalian rasakan sendiri.

2 dari 5 halaman

Jenis dan Fungsi Koyo: Nitrogliserin patch

Koyo jenis nitrogliserin patch ini lebih sering digunakan pada seseorang yang mengalami angina. Angina sendiri merupakan salah satu gangguan kesehatan yang memberikan rasa nyeri di dada. Hal tersbeut diakibatkan oleh adanya penyempitan pembuluh darah di jantung atau biasa medis sebut dengan penyakit arteri koroner.

 Koyo Nitro

(Foto: WebMD)

Koyo ini memiliki fungsi untuk dapat melemaskan pembuluh darah yang penyempit tersebut sehingga jantung akan lebih banyak mendapatkan darah dan oksigen.

Perlu diingat koyo jenis ini bukan untuk mengobati nyeri dada melainkan untuk mencegah nyeri angina. Sahabat Dream juga harus tahu bahwa koyo jenis ini pada umumnya akan digunakan selama 12-14 jam per harinya.

3 dari 5 halaman

Jenis dan Fungsi Koyo: Fentanyl patch

Koyo dengan jenis fentanyl patch ini tidak bisa sembarangan untuk selalu digunakan. Fentanyl patch memiliki kandungan narkotika yang begitu kuat. Oleh sebab itu, koyo jenis fentanyl patch hanya digunakan untuk mengobati rasa sakit yang sudah kronis.

 Fentanyl

(Foto: WebMD)

Dengan adanya kandungan narkotika yang kuat tersebut, koyo jenis ini bisa menjadi adiktif dan membuat penggunanya kecanduan. Itu mengapa, koyo jenis ini tidak bisa digunakan oleh sembarangan orang. Untuk mendapatkan koyo jenis ini saja harus memiliki resep dari dokter ahli dan akan terus dipantau penggunaannya.

4 dari 5 halaman

Jenis dan Fungsi Koyo: Nicotine patch

Siapa yang ingin berhenti merokok? Koyo dengan jenis nicotine patch ini sangat cocok untuk digunakan bagi kalian yang ingin menghentikan kecanduan rokok. Nicotine patch memang telah dirancang untuk membantu seseorang dalam proses berhenti merokok.

Koyo jenis ini memiliki kandungan bahan kimia dimana mampu memberikan efek jumlah nikotin yang lambat dan stabil di dalam aliran darah.

 Nicotine Patch

(Foto: Vaping 360)



Dengan efek tersebut membuat koyo jenis ini mampu untuk mencegah pemakainya untuk menghisap rokok. Beberapa pengguna koyo nicotine patch ini mengaku bahwa menggunakan koyo jenis ini lebih efektif dan bersahabat daripada terapi lainnya seperti mengkonsumsi pelega tenggorokan ataupun permen karet.

5 dari 5 halaman

Jenis dan Fungsi Koyo: Lidocaine patch

Koyo dengan jenis lidocaine patch merupakan salah satu jenis koyo anestesi lokal. Digunakan dokter untuk mengatasi masalah seperti kesemutan dan rasa menyengat seperti terbakar. 

Penggunaan koyo jenis ini biasanya untuk mengatasi peradangan saraf atau masalah ruam di beberapa titik tubuh.

Perlu untuk diketahui dan diingat, koyo jenis ini mampu untuk berinteraksi dengan obat lainnya terutama obat jantung. Bagi ibu hamil harus menghindari pengunaan koyo lidocaine patch ini. (mut)

(Sumber: hellosehat dan klikdokter)

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi