Kenali Penyebab HIV dan AIDS yang Jarang Disadari

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Jumat, 16 Agustus 2019 19:46
Kenali Penyebab HIV dan AIDS yang Jarang Disadari
Kenali penyebab HIV dan AIDS pada diri seseorang berikut ini.

Dream – Penderita HIV dan AIDS terud mengalami kenikan setiap tahunnya. Tahukah kalian berapa jumlah pengidapnya?

Setidaknya terdapat 36.7 orang penderita HIV atau AIDS yang telah tercatat pada tahun 2016 lalu.

HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan salah satu virus yang menyebabkan kerusakan pada sistem imun pada seseorang. Perusakan itu melalui cara menginfeksi dan menghanculkan sel CD4 atau sejenis dengan sel darah putih.

Semakin banyak kerusakan yang ditimbulkan, tubuh semakin lemah dan sangat mudah diserang penyakit.

Tahukah kalian? HIV dan AIDS itu merupakan gangguan kesehatan yang berbeda namuan tetap saling berakitan. AIDS atau dengan nama medis Acquired Immune Deficiency Syndrome merupakan sekumpulan suatu gejala penyakit yang menimbulkan adanya perlemahan dan pengrusakan pada sistem pertahanan tubuh.

Hal ini di dasar dnegan adanya salah satu virus yang meyerang tubuh seseorang yaitu virus HIV. Secara sederhana, AIDS adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV pada seseorang.

Penularan virus HIV bisa melalui beberapa cara. Sebagian besar orang masih beranggapan bahwa HIV bisa tertular ketika melakukan hubungan suami istri namum suka berganti pasangan.

Namun, ternyata tidak hanya iut saja penyebab tertularnya virus HIV ini. Yuk kenali penyebab HIV dan AIDS secara lengkap berikut ini: 

1 dari 4 halaman

Penyebab HIV dan AIDS: Jarum Suntik

 Kenali Penyebab HIV dan AIDS yang Jarang Disadrai

Salah satu penyebab dari munculnya penyakit HIV dan AIDS adalah dengan menggunakan jarum suntik secara bersama-sama.

Menggunakan jarum suntik secara bergantian membuat kalian tidak bisa memastikan apakah itu mengandung virus ataupun bakteri di dalamnya.

Pasalnya, jarum suntik yang digunakan tersebut tentu saja akan terkontaminasi dengan darah dari setiap pemakainya.

Kondisi itu tidak menutup kemungkinan mereka yang menggunakan jarum suntik secara bersamaan akan tertular virus HIV. Jika aktivitas ini tetap diteruskan kembali dan dilakukan secara berulang, mereka akan terkena penyakit AIDS.

Menurut seorang ahli, hal tersebut bisa lebih di perparah jika darah yang menempel di jarum suntik walaupun sedikit jumlahnya itu memang sudah terkandung virus HIV di dalamnya.

2 dari 4 halaman

Penyebab HIV dan AIDS: Tato

 Kenali Penyebab HIV dan AIDS yang Jarang Disadrai

Penyebab HIV dan AIDS satu ini memang sangat berkaitan dengan jarum suntik. Memang, untuk membuat tato hampir semua klinik akan menggunaka jarum suntik steril setiap saat.

Jarum suntik juga hanya digunakan dalam sekali pakai dan hanya digunakan untuk satu orang saja.

Meskipun demikian, tidak jarang suatu klinik pembuat tato tidak mengganti jarum suntik dalam beberapa pasiennya.

Kondisi ini sangat memungkinkan untuk menularkan virus HIV dari satu orang ke orang lainnya.

Ketika ingin melakukan pembuatan tato, kesadaran akan kesterilan alat yang digunakan juga snagat diperlukan. Tidak hanya diperuntukan bagi para pembuat tato, namun sang pasien juga harus memperhatikan satu hal itu. 

Aktivitas ini bisa sangat membahayakan jika tidak dilakukan secara hati-hati. Bagi kalian yang tetap ingin membuat tato, pastikan juga untuk mencari klinik dan pembuat tato yang memang telah memiliki lisensi dan professional.

Jangan karena menawarkan harga yang begitu murah, kalian jadi tergiur untuk mencoba ke klinik yang abal-abal.

3 dari 4 halaman

Penyebab HIV dan AIDS: Transfusi Darah

 Kenali Penyebab HIV dan AIDS yang Jarang Disadrai

Perlu untuk diingat, darah merupakan salah satu media utama dalam penularan virus HIV dan AIDS.

Apapun bentuknya, jika kalian terkontaminasi dengan darah seseorang akan sangat memungkinkan memiliki resiko terkena penyakit menular yang serius terutama HIV dan AIDS.

Pasalnya, secara kasat mata kalian tidak bisa mengetahui dengan jelas apakah darah tersebut telah terkontaminasi dengan penyakit tertentu atau HIV dan AIDS ataukah steril.

Salah satu aktivitas yang memungkinkan kalian terkontaminasi virus HIV dan AIDS adalah donor darah.

Memang saat ini telah ada teknologi yang mampu untuk menyaring darah dan memastikan kesterilan darah itu. Meskipun demikian, tidak banyak teknologi tersebut yang bisa secara akurat untuk mensterilkan darah dari para pendonor.

Tidak hanya itu saja, jarum yang digunakan ketika donor darah juga bisa menyebabkan terkena virus HIV.

4 dari 4 halaman

Penyebab HIV dan AIDS: Transplantasi Organ

 Kenali Penyebab HIV dan AIDS yang Jarang Disadrai

Sama seperti transfuse darah, transplantasi organ tubuh juga menjadi slaah satu penyebab HIV dan AIDS. Hal ini juga tidak luput dari peran darah untuk menularkan virus HIV dan AIDS kepada para pasien.

Transplantasi organ sendiri sebenarnya merupakan salah satu aktivitas mulia yang bisa kalian lakukan.

Hal itu disebabkan dengan mendonorkan organ tubuh, kalian bisa secara langsung ikut andil dalam menyelamatkan nyawa seseorang.

Meskipun memiliki tujuan yang sangat mulia, akan tetapi hal ini juga memiliki resiko untuk tertular virus penyakit tertentu terutama virus HIV dan AIDS.

Ini akan terjadi kepada pasien si penerima donor organ tersebut. Pasalnya, para penerima donor ini tidak bisa memastikan organ yang akan didonorkan tersebut telah steril dari segala macam penyakit.

Akan berakibat fatal jika organ ataupun darah yang masih menempel di organ tubuh tersebut telah terkontaminasi oleh virus HIV dan AIDS.

(ism, Sumber: halodoc)

Beri Komentar
Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah