Meski Sederhana, Ini 7 Manfaat Singkong Rebus untuk Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 12 April 2021 18:13
Meski Sederhana, Ini 7 Manfaat Singkong Rebus untuk Kesehatan
Singkong kerap dijadikan camilan favorit dalam bentuk kripik. Tapi, tahukah kamu kalau singkong rebus menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan?

Dream – Manfaat singkong rebus salah satunya dipercaya mampu untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena singkong rebus diolah tanpa menggunakan minyak. Biasanya orang-orang menyebut singkong dengan nama ketela pohon maupun ubi kayu.

Bahkan di beberapa daerah di Indonesia mampu mengolah tanaman ini agar bisa dikonsumsi layaknya nasi. Misalnya saja di daerah Gunungkidul yang menjadikan singkong sebagai tiwul.

Di mana bentuknya berupa butiran-butiran kecil dan menjadi pengganti nasi yang bisa kamu konsumsi bersama lauk-pauk. Kemudian di Gunungkidul juga mengolah singkong menjadi gatot yang harus difermentasi terlebih dahulu.

Selain itu, banyak juga orang yang mengolah singkong dengan cara digoreng, dibakar, atau dibuat menjadi keripik singkong yang jadi camilan favorit. Meskipun banyak yang menyukainya, namun kamu juga harus hati-hati dengan kriteria singkong tertentu.

Yakni jika kondisinya sudah rusak dan warnanya hitam, maka jangan sampai kamu mengonsumsinya. Warna hitam itu adalah racun sianida yang bisa berisiko kematian.

Salah satu olahan singkong yang baik untuk kesehatanmu adalah singkong rebus. Singkong rebus bisa kamu jadikan pengganti nasi yang baik. Di dalamnya terdapat 76 gram karbohidrat dan 320 kalori dalam 200 gramnya. Hal ini sangat baik sebagai sumber energimu.

Berikut adalah beberapa manfaat singkong rebus untuk kesehatan, sebagaimana dihimpun melalui Kapanlagi.com.

1 dari 4 halaman

Mengatasi Hipertensi dan Menyehatkan Otot

Ilustrasi Otot Sehat© Foto. freepik

Mengatasi Hipertensi

Manfaat singkong rebus bagi kesehatan yang pertama adalah bisa mengatasi hipertensi. Penyakit ini jika tidak segera ditangani, maka kondisinya bisa semakin serius dan memicu munculnya masalah kesehatan yang lain, seperti jantung. Untuk menghindari risiko tersebut, kamu bisa mengonsumsi singkong rebus.

Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan berupa serat sehat yang cukup tinggi. Dengan begitu, mampu untuk melancarkan aliran darah di tubuhmu. Selain itu, singkong juga mengandung kalium yang tinggi.

Asupan kalium yang dibarengi dengan penurunan natrium mampu untuk mengurangi risiko tekanan darah serta penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskuler.

 

Menyehatkan Otot

Manfaat singkong rebus juga bisa untuk menyehatkan otot. Hal ini karena singkong rebus mengandung protein yang bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan otot serta membuat jaringannya sehat.

Selain itu, singkong rebus juga mengandung kalium yang mampu untuk menjaga massa otot pada orang tua dan suatu kondisi yang membuat pengecilan otot, misalnya ketosis diabetikum. Dengan begitu, wajar saja jika singkong rebus diyakini bisa menyehatkan otot.

2 dari 4 halaman

Mencegah Penyakit Kanker dan Menyehatkan Mata

Ilustrasi Kanker© Foto. freepik

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat singkong rebus yang tak kalah istimewa adalah mampu mencegah dari penyakit kanker. Karena penyakit inilah yang banyak ditakuti dan memiliki risiko kematian. Makanan ini bisa mencegah kanker karena dipercaya memiliki beberapa senyawa antioksidan di dalamnya.

Senyawa inilah yang memiliki peran untuk menangkal radikal bebas dan menimbulkan kerusakan pada sel tubuh. Namun, penelitian tentang manfaat yang satu ini belum bisa dibuktikan secara jelas. Sehingga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

 

Menyehatkan Mata

Manfaat singkong rebus lainnya adalah mampu menyehatkan mata. Hal ini karena singkong rebus mengandung vitamin A yang tinggi serta senyawa berupa bakaroten. Nutrisi inilah yang sangat baik untuk mendukung kesehatan mata. Jika kamu rutin mengonsumsi singkong rebus, maka ampuh untuk mencegah munculnya gangguan pada mata. Misalnya saja penglihatan yang buram dan masalah mata lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Menyehatkan Saraf dan Menjauhkan dari Kolesterol

Ilustrasi Kolesterol© Foto. pixabay

Menyehatkan Saraf

Manfaat singkong rebus berikutnya untuk kesehatan adalah bisa menyehatkan saraf. Makanan yang kerap kali dianggap ndeso ini pada kenyataannya ampuh untuk membuat sarafmu lebih sehat. Apalagi saraf adalah bagian terpenting di tubuh yang mendukung berbagai aktivitasmu. 

Singkong rebus diyakini ampuh untuk mengatasi stres dan gangguan kepanikan yang terjadi pada saraf. Selain itu, kandungan berupa vitamin B1 dalam singkong rebus juga mampu untuk menyehatkan saraf. Hal ini karena vitamin B1 memungkinkan bagi tubuh untuk melibatkan karbohidrat sebagai energi. Sehingga sangat penting untuk proses metabolisme glukosa serta berperan dalam fungsi saraf.

 

Menjauhkan dari Kolesterol

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, namun tentunya dengan jumlah yang tidak berlebihan. Jika sampai berlebihan, maka akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuhmu, seperti memicu penyakit stroke dan jantung. Apalagi makanan-makanan yang mengandung kolesterol biasanya sangat menggiurkan dan hal ini menjadi tantanganmu.

Untuk membebaskan tubuhmu dari kolesterol yang berlebih, tidak ada salahnya kamu mengonsumsi singkong rebus. Makanan ini mengandung karbohidrat yang tinggi dan pastinya bebas dari lemak yang menjadi penyebab kolesterol.

4 dari 4 halaman

Menyehatkan Tulang

Ilustrasi Tulang Sehat© Foto. freepik

Bagi kamu yang ingin memiliki tulang sehat, maka bisa mengonsumsi singkong rebus. Apalagi tulang adalah salah satu organ penting yang akan menopang tubuh. Sehingga kamu bisa menjalankan aktivitas dengan nyaman dan lancar. Singkong rebus sangatlah baik untuk menghindarkanmu dari risiko osteoporosis.

Adanya kandungan berupa kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium di dalam singkong rebus sangatlah baik untuk kesehatan tulang. Terutama kandungan kalsium yang berperan penting untuk mendukung tulangmu tetap sehat. Lalu magnesium akan mengasimilasi kalsium ke tulang dan mengaktifkan vitamin D di ginjal. Kemudian fosfor bersama kalsium akan membangun tulang.

Bagi sahabat Dream yang pecinta singkong, maka itulah 7 manfaat singkong rebus yang bisa kamu dapatkan. Jadi, kamu bisa memilih singkong rebus sebagai pengganti nasi yang menyehatkan.

 

Beri Komentar