Mitos Soal Pria Mandul, Benar atau Tidak?

Reporter : Kusmiyati
Senin, 7 September 2015 14:03
Mitos Soal Pria Mandul, Benar atau Tidak?
asalah ketidaksuburan seringkali dikaitakan dengan wanita, padahal menurut Konsultan dan Dokter Spesialis Kandungan di Moolchand Fertility and IVF, dr. Rita Bakshi para pria juga bisa mengalaminya.

Dream - Masalah ketidaksuburan seringkali dikaitkan dengan wanita. Padahal pria juga bisa mengalami ketidaksuburan. Beberapa mitos tentang ketidaksuburan pria pun beredar terkait faktor penyebabnya.

Menurut Konsultan dan Dokter Spesialis Kandungan di Moolchand Fertility and IVF, Rita Bakshi ada beberapa hal yang menyangkut kesuburan pria. Berikut ini penjelasannya dikutip Healthmeup, Senin 7 September 2015 yaitu:

1. Umur 

Menurut Rita, umur tidak berperan sebagai faktor ketidaksuburan pria. Menurut sebuah studi usia berkorelasi dengan peningkatan risiko autisme dan skizofrenia bukan ketidaksuburan wanita. Tidak hanya usia tua yang mengalami ketidaksuburan, pria berusia 20 tahun juga bisa mengalaminya.

2. Merokok 

Merokok meningkatkan 30 persen infertilitas atau ketidaksuburan pada laki-laki.

3. Berat Badan 

Kelebihan berat badan memang memicu risiko gangguan-gangguan kesehatan dan bisa mempengaruhi kesuburan pria. Penderita obesitas menyebabkan estrogen tinggi dan kadar testosteron rendah sehingga menyebabkan jumlah sperma menurun. Pria dengan berat badan berlebih juga mengalami penurunan libido.

4. Stres Penyebab Utama Infertilitas

Menurut tidak mempengaruhi gairah seks dan tidak mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma.

5. Berhubungan Seks Setiap Hari Tingkatkan Kesuburan

Melakukan hubungan intim antara suami istri setiap hari dapat menurunkan peluang untuk hamil. Telur memiliki masa hidup hanya 24 jam dan melakukan hubungan seks dengan intensitas yang sering maka tidak meningkatkan kesuburan. Sel telur tersebut hanya bekerja selama masa subur wanita saja. (Ism)

Beri Komentar