CONNECT WITH US!

Benarkah Orang Kesepian Berumur Pendek? Ini Penelitiannya

Reporter : Ratih Wulan | Minggu, 13 Agustus 2017 13:02
(Foto: Shutterstock)
Kesepian dapat membuat seorang depresi dan fakta lainnya membuat umur tidak panjang.

Dream - Merasa kesepian adalah perasaan yang paling tidak enak di dunia. Siapa yang tidak mau dikelilingi teman-teman yang mengagumkan dan menyenangkan?

Mereka tidak hanya membuat hidup kita lebih hidup dan penuh warna, tapi juga membuat kita lebih sehat. Kok bisa? Ya, sebuah penelitian baru menyatakan bahwa kesepian sama bahayanya dengan obesitas jika menyangkut risiko kesehatan.

Kesepian dalam hal ini bisa berarti diasingkan dari masyarakat atau hidup sendiri tanpa interaksi dengan orang lain, sebagaimana dilaporkan World of Buzz.

Selain itu, sebuah kajian penelitian menunjukkan bahwa memiliki hubungan sosial yang sehat dapat mengurangi kematian dini sebesar 50 persen. 

Pengamatan ini didukung oleh penelitian terdahulu yang menghubungkan kesepian dengan berkurangnya kualitas hidup, yang pada gilirannya menyebabkan harapan hidup lebih pendek.

" Contoh ekstrem menunjukkan bayi dalam perawatan yang jarang disentuh manusia akan gagal berkembang dan sering kali meninggal."

" Seperti kurungan atau isolasi sosial yang digunakan sebagai bentuk hukuman," kata penulis penelitian, Julianne Holt-Lunstad dari University of Brigham Young.

Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh University of Chicago, ditemukan bahwa orang yang kesepian 14 persen lebih mungkin meninggal lebih cepat karena sistem kekebalan tubuh mereka lebih lemah, seperti dilansir The Mirror.

Ini karena orang dengan sedikit atau tidak ada interaksi sosial memiliki tingkat sel darah putih yang jauh lebih rendah. Seperti diketahui, sel darah putih sangat penting untuk melindungi tubuh dari virus dan bakteri.

Memang, mencari teman yang bisa 'klik' dengan mudah agak sulit. Jadi cara terbaik untuk mulai bertemu orang baru adalah dengan melakukan sesuatu yang disukai. Seperti ikut kegiatan amal, membacakan buku untuk orang buta, atau membimbing anak-anak dalam olahraga.

Mungkin cara paling efektif yang sering dilakukan oleh orang Barat adalah dengan mengadopsi binatang yang telah terbukti mampu mengurangi rasa kesepian.

Jadi, saat Sahabat Dream mulai merasa kesepian, cobalah keluar dan mencari teman baru.

 (ism) 

Rasa Nasionalisme Rossa yang Patut Diacungi Jempol