Pentingnya Sesuaikan Sunblock dengan Jenis Kulit

Reporter : Amrikh Palupi
Senin, 1 Juni 2015 14:27
Pentingnya Sesuaikan Sunblock dengan Jenis Kulit
Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Gloria Novelita SpKK menggunakan tabir surya atau sunblock memang pentimg tetapi perlu disesuaikan dengan permasalahan kulit yang dimiliki.

Dream - Paparan sinar matahari tanpa menggunakan pelindung wajah terkadang membuat kulit wajah bermasalah. Tak hanya kusam bahkan bisa saja menimbulkan jerawat, komedo, flek dan masalah kulit lainya. Terlebih jika rutinitas yang dijalani lebih banyak di luar ruangan.

Untuk itu pelindung kulit seperti sunblock menjadi salah satu solusi menjaga kesehatan kulit. Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Gloria Novelita menggunakan tabir surya atau sunblock memang pentimg, tetapi perlu disesuaikan dengan permasalahan kulit yang dimiliki.

" Misalnya saja, pemilik kulit berminyak dan berjerawat, hindari sunblock dengan kadar Sun Protection Factor atau SPF tinggi sampai 50, karena akan memperburuk kondisi kulit yang dimiliki,” ujar Gloria Novelita saat ditemui di Kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Senin 1 Juni 2015.

Gloria juga menambahkan, bagi wajah berjerawat sebaiknya memilih sunblock yang formulasinya cair. Hal ini dimaksudkan agar lebih aman dan tidak lengket saat diaplikasikan di wajah berminyak.

“ Untuk sehari-hari sebaiknya gunakanlah SPF 15 sampai 25. Tapi jika muka berjerawat pada lingkungan yang sangat panas. Misalnya berlibur ke pantai boleh menggunakan SPF tinggi 50. Sebenarnya tergantung pada aktivitas yang digunakan,” ungkapnya.

Orang-orang yang rutinitasnya banyak di ruangan dingin dikatakan Gloria juga membutuhkan penggunaan tabir surya.

“ Jika aktivitas lebih sering didalam ruangan ber AC maka gunakanlah bahan dasar minyak dengan SPF 15 agar tidak kering. Sedangkan sering terpapar sinar matahari maka pilih dengan formulasi cair dengan SPF 30 agar terlindungi secara maksimal akibat paparan sinar matahari langsung,” tambahnya.  (Ism)

Beri Komentar