Sambut Kehadiran Si Kecil dengan Mempersiapkan Kamarnya, Yuk!

Reporter : Ayu Siti Rachma
Rabu, 14 Februari 2018 13:42
Sambut Kehadiran Si Kecil dengan Mempersiapkan Kamarnya, Yuk!
Apa saja sih yang perlu diperhatikan saat mempersiapkan kamar si kecil agar hasilnya sempurna? Simak dulu panduannya di sini.

Dream - Kehadiran si kecil yang dinantikan sudah di depan mata. Kebahagiaan bersama pasangan tentunya sudah tak terkira lagi, bukan? Berbagai perasaan berkecamuk di dalam hati, mulai dari deg-degan hingga enggak sabar untuk menyapanya pertama kali. Sambil harap-harap cemas menunggu kehadirannya, mengapa tidak digunakan untuk mempersiapkan kamar tidurnya, Sahabat Dream?

Lalu, apa saja sih yang perlu diperhatikan saat mempersiapkan kamar si kecil agar hasilnya sempurna? Simak dulu panduannya di sini, yuk!

1. Kursi di dekat boks bayi

Tempat tidur merupakan hal yang krusial untuk bayi. Sebagai orang tua, pastikan memilih tempat tidur bayi yang aman. Selain itu, menyiapkan kursi di dekat boks bayi dapat membantu Anda untuk menemaninya. Nantinya, kursi ini akan digunakan oleh orang dewasa untuk menenangkan bayi yang rewel tanpa perlu menggendongnya. Jadi, Anda tidak perlu berdiri membungkuk untuk menjangkau si bayi.

Jika Anda memiliki ruang yang cukup terbatas, gunakan saja kursi lipat. Kursi lipat akan menghemat tempat karena setelah digunakan bisa langsung kembali dilipat dan disimpan.

2. Meja ganti

Meja ganti ini berbeda dengan boks bayi. Jika boks bayi berfungsi sebagai tempat tidur bayi,
meja ganti sesuai dengan namanya, berfungsi untuk mengganti pakaian dan popok bayi. Meja ganti ini biasanya memiliki tinggi sedada orang dewasa. Ketinggian ini dianggap pas karena Anda tak harus menunduk sehingga membuat cepat lelah, apalagi untuk ibu yang baru saja melahirkan.

Biasanya, meja ganti dilengkapi dengan laci-laci penyimpanan untuk pakaian dan popok. Hal ini untuk memudahkan Anda saat ingin mengambil keperluan selama mengganti lampin bayi secara rutin dan begitu pula pakaiannya. Selain itu, siapkan pula benda lainnya seperti krim anti ruam, minyak telon, bedak, tisu basah dll.

3. Kasur lipat

Meskipun Anda sudah menyiapkan boks bayi, kamar bayi juga masih bisa dilengkapi dengan kasur lipat. Kasur lipat ini berguna saat Anda ingin lebih bersantai bersama si bayi, jadi ini bisa menjadi tempat tidur bayi dan Anda juga. Karena, tak mungkin Anda masuk ke dalam boks bayi untuk tidur bersama. Anda dapat menemukan kasur lipat stylish di Dekoruma dengan motif yang beragam untuk menambah keceriaan bayi Anda.

Kasur lipat harus sering-sering dibersihkan. Siapkan vacum cleaner untuk menyedot debu yang ada di permukaannya.

4. Jangan pusingkan masalah warna

Banyak orang tua yang melupakan cara mendekorasi kamar anak tanpa ribet. Sampai-sampai, masalah warna pun harus lebih spesifik dan disesuaikan dengan jenis kelamin bayi. Warna biru untuk bayi laki-laki dan merah muda untuk bayi perempuan. Sebenarnya, Anda tak harus memusingkan warna tersebut jika ingin menyiapkan kamar bayi secepatnya.

Gunakan saja warna-warna yang bersifat netral seperti kuning dan merah. Anda bisa menyiapkan pernak-pernik dengan warna tersebut dan tak akan kecewa jika ternyata bayi lahir dengan jenis kelamin yang berbeda dari perkiraan.

5. Singkirkan dulu boneka

Untuk bayi yang baru lahir, Anda tak perlu memenuhi kamarnya dengan beragam boneka lucu dan empuk. Meskipun terlihat lucu dan empuk, boneka yang Anda siapkan bisa saja menyimpan kuman dari debu yang menempel di permukaannya. Karena bayi masih sangat sensitif, Anda bisa mengabaikan boneka ini terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan di sekitar si kecil dengan mencuci tangan dengan baik. 

Sebagai gantinya, gunakan saja bantal yang sarungnya bisa dicuci dengan lebih mudah. Jadi, Anda bisa sering-sering mencucinya jika khawatir ada debu yang menempel.

Beri Komentar