Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama, Pria Ini Alami Hal Mengerikan

Reporter : Idho Rahaldi
Rabu, 11 September 2019 08:37
Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama, Pria Ini Alami Hal Mengerikan
Karena itulah menahan buang air kecil merupakan tindakan yang berbahaya...

Dream - Meskipun ini merupakan kebiasaan yang tak sehat, namun masih banyak dari kita yang suka menunda keinginan untuk buang air kecil.

Mungkin banyak yang berpikir, jika bisa menahannya sedikit lebih lama, pekerjaan tak akan tertunda dan bisa segera selesai.

Namun harus kamu garis bawahi, jangan pernah menahan buang air kecil dengan alasan apapun. Karena dapat menyebabkan masalah yang cukup mengerikan.

Seperti halnya mengalami infeksi saluran kemih, atau lebih buruk lagi batu kandung kemih.

1 dari 5 halaman

Pria Ini Alami Hal yang Jauh Lebih Mengerikan

Namun, dilansir dari World of Buzz, pria asal Tiongkok ini mengalami hal yang jauh lebih mengerikan akibat menahan buang air kecil.

Peristiwa itu bermula saat pria bernama Li Hua itu melakukan perjalanan bisnis ke Kota Changsha di Provinsi Hunan.

Usai bekerja, ia pun pergi menemui temannya untuk sekadar bersantai sambil minum-minum. 

Mereka berkumpul hingga mengisi malam tanpa beranjak sedikitpun. Meskipun Li Hua merasakan keinginan untuk buang air kecil, namun ia mengabaikannya seakan tak ingin kehilangan momen.

Pada malam harinya, Li Hua tiba-tiba merasakan sakit perut yang hebat dan tak mampu buang air kecil, bahkan ketika sudah sangat kebelet.

Seluruh perutnya terasa kencang dan sakit bila ditekan. Li Hua pun pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan medis.

2 dari 5 halaman

Pecah!

Dokter mengatakan jika pria itu mengalami pecah kandung kemih yang mengarah ke pendarahan dan peritonitis.

Akibatnya dokter harus melakukan operasi darurat untuk mengeluarkan urin yang telah memenuhi perut Li Hua.

Pria ini juga harus melakukan prosedur laparoskopi invasif minimal untuk memperbaiki pecahnya kandung kemih.

 PEcah

Karena itulah menahan buang air keci merupakan tindakan yang berbahaya. Terlebih lagi bagi kaum wanita, menahan buang air kecil atau kencing dalam waktu yang lama bisa berakibat serius.

Meski begitu, kalian tak harus langsung buang air saat merasa kebelet.

Yang terpenting, jangan sampai kamu menahannya hingga tak nyaman. Nah, jika kalian sudah merasa tak nyaman itu berarti kalian sudah menahannya terlalu lama. (ism)

3 dari 5 halaman

4 Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil

Dream - Buang air kecil jadi hal yang tak mungkin kamu hindari. Dalam sehari kamu bisa 5-10 kali bolak-balik ke kamar kecil untuk buang air kecil. Tentunya itu tergantung sebanyak apa cairan yang kamu minum.

Urine merupakan cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Kita tidak akan tahu kapan membutuhkan kamar kecil untuk buang air kecil.

Seringkali karena keadaan atau malas beranjak, kita menahan untuk buang air. Kebiasaan ini harus segera ditinggalkan. Efeknya bagi kesehatan bisa sangat fatal. Tak percaya? Ini daftar bahaya dari kebiasaan menahan buang air kecil seperti dikutip dari Prevention.

4 dari 5 halaman

Infeksi batu ginjal

1. Infeksi batu ginjal

Munculnya kristal kecil yang dikenal sebagai batu ginjal dapat mengiritasi kantung kemih. Jika sering menahan buang air kecil akan muncul gejala-gejala infeksi pada batu ginjal.

Seperti yang dikatakan oleh Dr. Tamara Bavendam, MD selaku program direktur program Divisi Penyakit Ginjal, Urologi, dan Hematologi di Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal.

" Biasanya batu ginjal akan menyebabkan banyak rasa sakit di punggung atau bagian samping tubuh. Tanda pling sederhana meningkatnya keinginan untuk buang air kecil, dan rasa perih saat buang air kecilm," kata Bavendam.

2. Tubuh tidak terhidrasi dengan baik

Jika kalian menahan buang air kecil maka kalian akan 'menyuruh' tubuh bekerja dengan aktif. Hal ini akan mengakibatkan dehidrasi sehingga tubuh butuh air lebih banyak.

Namun, kalian akan meminum sedikit air karena kantung kemih masih terisi penuh. 

5 dari 5 halaman

Infeksi saluran kemih

3. Tubuh menjadi kaku

Ketika suhu turun, tubuh akan melakukan mekanisme khusus untuk membuat kamu tetap hangat. Bagian dari proses itu melibatkan penyempitan pembuluh darah. Pembuluh yang menyempit di kaki, tangan, kaki, dan lengan akan memindahkan lebih banyak darah ke inti tubuh.

 Wahai Kaum Pria, Jangan Abaikan Sakit Pinggang

Hal ini meningkatkan tekanan darah pada pembuluh. Kemudian, tubuh bereaksi terhadap tekanan darah tinggi tersebut dan menormalkannya. Caranya adalah dengan menghilangkan cairan dengan buang air kecil. Jadi, jika kamu menahan buang air kecil tubuh jadi akan terasa sangat kaku.

4. Infeksi saluran kemih

Bila kalian sering menahan buang air kecil, risiko infeksi salurah kemih juga akan meningkat.

 Wahai Kaum Pria, Coba Buang Air Kecil dengan Posisi Jongkok

Pasalnya, urine mengandung banyak bakteri yang harus dikeluarkan. Jika didiamkan terlalu lama akan menginfeksi saluran pembuangan.

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik