Waspada! Tuberkulosis Bisa Berkembang Jadi Kanker Paru-paru

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 7 Februari 2018 06:13
Waspada! Tuberkulosis Bisa Berkembang Jadi Kanker Paru-paru
Batuk berkepanjangan, berdarah dan sesak napas jangan dianggap sepele.

Dream - Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit akibat bakteri yang menyerang sistem pernapasan. Sifatnya yang berupa infeksi dapat disembuhkan dengan konsumsi antibiotik.

Tapi jangan senang dahulu. TB ternyata bisa berkembang menjadi penyakit yang lebih serius seperti kanker.

Riset Kesehatan Dasar 2013 menyebutkan bahwa 28,7 persen dari pasien kanker paru mengalami kesalahan diagnosa sebagai TB, di mana 73,4 persen diantaranya sudah mengonsumsi obat anti TB selama lebih dari satu bulan.

" TB itu sifatnya infeksi dan peradangan, sehingga menjadi salah satu pemicu sel paru-paru berkembang secara tidak normal menjadi kanker," ujar Niken Palupi, Kepala Subdirektorat
Penyakit Kanker dan Kelainan Darah DPPTM Kemenkes di Jakarta, Selasa 6 Februari 2018.

Niken menyebutkan, pasien TB yang termasuk ke dalam kelompok berisiko kanker harus lebih waspada. Seperti perokok, orang yang sering terpapar polusi, dan mereka yang sering bekerja di lingkungan karsinogenik.

Batuk berkepanjangan, batuk berdarah dan sesak napas juga patut diwaspadai, karena kanker paru biasanya terjadi pada kasus TB dengan Bakteri Tahan Asam (BTA) positif.

" Lakukan evaluasi setelah pengobatan anti-TB dengan OAT adekuat selama satu bulan. Apabila tidak membaik, harus rujuk ke pemeriksaan yang lebih lanjut. Bisa jadi itu bukan TB,
melainkan kanker atau bisa jadi itu TB yang disertai dengan kanker," ujar Niken.

Deteksi kanker paru-paru dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti foto thorax, tes diagnostik Epidermal Growth Factor Receptor (EGFR) dan tes ct-DNA untuk melengkapi tes
biopsi. Sementara pengobatanya masih serupa dengan kanker lainnya, seperti chemotherapy, targeted therapy atau immunotherapy.

(Sah/Laporan Annisa Mutiara)

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup