10 Aturan Tak Tertulis Penampilan yang Harus Ditaati Setiap Pramugari

Reporter : Sugiono
Rabu, 30 Juni 2021 15:12
10 Aturan Tak Tertulis Penampilan yang Harus Ditaati Setiap Pramugari
Ternyata ada beberapa peraturan tak tertulis yang harus ditaati pramugari soal penampilan mereka saat bekerja.

Dream - Menjadi seorang pramugari adalah impian bagi sebagian perempuan. Namun untuk jadi kru dari maskapai penerbangan ini harus melalui seleksi ketat dan memenuhi berbagai syarat dan ketentuan.

Tidak hanya kondisi fisik dan kompetensi mereka, seorang yang diterima sebagai pramugari juga harus menjaga penampilan mereka.

Beruntungnya pengelola maskapai sekarang tidak lagi membuat syarat dan peraturan aneh-aneh untuk menjadi seorang pramugari.

Dilansir Brightside, berikut ini 10 aturan tak tertulis yang harus ditaati pramugari.

1 dari 10 halaman

Lupakan Gaya Rambut Aneh-aneh

Selain busana, pramugari dituntut tampil anggun dengan gaya rambutnya. Karena itu mereka sangat terbatas dalam memilih gaya rambut.

Gaya rambut tidak aneh-aneh.© Google Image

Maskapai tidak bisa menolerir gaya rambut yang lagi tren, misalnya cornrow, top-knot, dreadlock, apalagi Mohawk.

Pemilik warna rambut tidak natural karena dicat seperti pink atau biru juga tidak akan diterima jadi pramugari.

2 dari 10 halaman

Wajib Manikur

Pramugari wajib manikur agar kukunya selalu tampak bersih dan sehat. Panjang kuku dan warnanya sudah ditentukan oleh aturan masing-masing maskapai penerbangan.

Kuku harus tampak bersih dan rapi.© Shutterstock

Biasanya, cukup dengan melakukan manikur klasik yang juga dikenal sebagai manikur Prancis untuk mendapatkan kuku yang sehat dan cantik.

3 dari 10 halaman

Makeup Sudah Pasti

Kalau pramugari sudah pasti akan memakai makeup selama menjalankan tugasnya.

Namun ada juga maskapai yang mewajibkan pramugara memakai makeup. Mereka biasanya hanya mengenakan lipstik atau lipgloss tipis.

Sedangkan maskapai lainnya mungkin melarang pramugara untuk memakai makeup sama sekali.

4 dari 10 halaman

Memakai High Heels Selama di Bandara

Jika Sahabat Dream perhatikan saat di bandara, para pramugari pasti akan memakai high heels. Ini agar mereka selalu tampak cantik dan rapi, meskipun sebenarnya mereka tidak merasa nyaman.

Pramugari harus memakai high heels agar tampak cantik dan rapi.© Google Image

Namun selama penerbangan, sebagian pramugari akan mengganti sepatunya dengan yang lebih praktis dan nyaman.

Tetapi kebijakan tentang memakai high heels selama di bandara ini juga tidak selalu sama, karena maskapai punya peraturan berbeda-beda.

5 dari 10 halaman

Dilarang Pakai Perhiasan Berlebihan

Pramugari dilarang pakai perhiasan berlebihan selama bertugas. Mereka hanya boleh memakai aksesori yang pantas saja.

Memakai perhiasan berlebihan dilarang.© Shutterstock

Beberapa perhiasan itu misalnya sepasang anting-anting dengan ukuran yang wajar, jam tangan yang tidak berlebihan, dan tidak lebih dari dua cincin di jari, termasuk cincin kawin.

6 dari 10 halaman

Harus Punya Mata yang Sehat

Pramugari harus memiliki penglihatan 100%. Jika tidak, mereka harus memakai lensa kontak. Sebagai aturan, maskapai penerbangan masih mengizinkan pemakaian kacamata yang dirancang untuk memenuhi kriteria citra perusahaan.

Namun, beberapa perusahaan masih lebih memilih lensa kontak. Pramugari diizinkan bekerja dengan kacamata jika mereka memiliki masalah medis jika memakai lensa kontak. Namun pemakaian lensa kontak ini tidak lebih dari 3 bulan.

7 dari 10 halaman

Punya Senyum yang Menawan

Pramugari selalu tersenyum pada penumpang, dan senyum mereka harus indah dan menawan. Idealnya, pramugari harus memiliki gigi putih dan rata. Kawat gigi diizinkan di beberapa perusahaan penerbangan, sementara yang lain melarangnya.

Namun maskapai penerbangan tidak menerima mereka yang susunan giginya tidak rata atau ada yang tanggal. Jika terjadi gigi cuil atau patah, pramugari mungkin tidak akan diizinkan bekerja sampai gigi tersebut diperbaiki.

8 dari 10 halaman

Kulit Tanpa Noda

Pramugari adalah wajah dari maskapai tempatnya bekerja. Itu sebabnya pramugari tidak boleh memiliki bekas luka di wajah atau bagian tubuhnya yang terlihat.

Jadi, jangan sampai ada jerawat, tanda lahir, dan tato terlihat di area kulit yang tidak tertutup oleh seragam. Tato sekecil apa pun di pergelangan kaki, tangan, atau leher tidak ditolerir.

9 dari 10 halaman

Batas Usia Penting, Tapi...

Usia minimum untuk bekerja sebagai pramugari adalah dari 18 hingga 21 tahun. Sementara usia maksimum biasanya tidak disebutkan karena akan terdengar seperti diskriminasi. Namun setelah berusia 30-32 tahun, pramugari biasanya diminta berhenti atau mulai dipindahkan sebagai ground staff di lingkungan bandara.

Bette Nash© Google Image

Masalah usia ini sebenarnya tergantung dari kebijakan maskapainya. Contohnya Bette Nash ini yang telah bekerja sebagai pramugari di American Airlines sejak tahun 1957, dan sekarang masih aktif menekuni profesinya itu.

10 dari 10 halaman

Fisik Tidak Perlu Seperti Model

Tidak seperti dugaan kebanyakan orang, menjadi pramugari tidak harus memiliki fisik seperti model. Tinggi minimum adalah 157cm.

Tinggi badan penting untuk pramugari© Shutterstock

Tinggi badan memang penting karena pramugari harus dapat mencapai ketinggian 200cm agar bisa menggapai kompartemen untuk menaruh barang-barang penumpang.

Persyaratan berat badan untuk pramugari bergantung pada usia mereka. Persyaratan dapat bervariasi bergantung pada aturan maskapai penerbangan.

Beri Komentar