12 Tempat Epic Perpaduan Tradisional dan Modern di Hong Kong, Kamu Wajib ke Sini

Reporter : Stella
Senin, 17 Januari 2022 08:00
12 Tempat Epic Perpaduan Tradisional dan Modern di Hong Kong, Kamu Wajib ke Sini
Lewat Hong Kong Neighbourhoods, West Kowloon kini menjadi salah satu destinasi wisata baru yang bisa masuk daftar liburanmu selanjutnya.

Hong Kong menjadi salah satu destinasi wisata yang sempurna karena menawarkan banyak spot menarik untuk dikunjungi. Ya, salah satu yang terpopuler dan Sahabat Dream ketahui adalah Disneyland yang sangat ramah keluarga.

Namun selain Disneyland, Hong Kong juga menawarkan sejumlah 'hidden gems' yang sayang jika tak dikunjungi. West Kowloon misalnya yang merupakan salah satu proyek budaya terbesar dan paling signifikan yang diinisiasi Dewan Pariwisata Hong Kong atau Hong Kong Tourism Board (HKTB).

Ya, Lewat Hong Kong Neighbourhoods, West Kowloon kini menjadi salah satu destinasi wisata baru yang bisa masuk daftar liburanmu selanjutnya. West Kowloon ini sengaja diperkenalkan karena Hong Kong ingin memperlihatkan bagaimana warisan sejarah berpadu harmonis dengan berbagai perkembangan modern. 

Di West Kowloon kamu dapat melihat sejumlah kerajinan tangan tradisional, bangunan bersejarah, merasakan pengalaman kuliner dan belanja yang autentik di kota dengan energi baru yang penuh gelora dari kawasan seni dan budaya internasional. Biar tak penasaran, yuk cek sejumlah destinasi berikut ini: 

1. Red Brick Building

Red Brick Building© Istimewa

West Kowloon masih menjadi salah satu lingkungan tertua di Hong Kong karena memiliki bangunan yang sudah ada sejak 1800an. Salah satunya adalah Red Brick Building yang dibangun pada 1895. 

Dari namanya, Red Brick Building dibangun dengan batu bata merah yang dikenal sangat kokoh. Salah satu bangunan tertua di Hong Kong ini sebelumnya merupakan Tempat Pengawas dan bangunan Bekas Stasiun Pompa. 

Dari kejauhan, Red Brick Building terlihat jelas dan mudah dikenali karena eksteriornya yang kontras dengan bangunan modern dan pencakar langit di sekitarnya. Kini, bangunan tersebut dialihfungsikan sebagai kantor Teater Yau Ma Tei. 

2. Teater Yau Ma Tei

Teater Yau Ma Tei© Istimewa

Lokasinya tepat di seberang Red Brick Building yang dibangun sekitar 1930an. Ini adalah satu-satunya teater yang masih berdiri tegak di Kowloon sebelum Perang Dunia II, dengan desain bangunan bergaya klasik dan Art Deco. 

Teater ini dapat menampung 300 penonton dan sempat ditutup pada 1998. Sebelum resmi dibuka kembali untuk umum pada 17 Juli 2012, teater ini direvitalisasi, dengan mempertahankan desain bangunan.  Di teater ini resmi dibuka untuk mempromosikan opera Tiongkok, terutama opera Kanton di mana acaranya digelar secara rutin sebagai bentuk seni warisan budaya. 

Jika Sahabat Dream ingin melihat langsung bagaimana pertunjukan opera Kantong digelar, segera masukkan destinasi ini ke daftar liburanmu ya! Oh ya, agar penonton bisa mengikuti alur ceritanya, teater ini juga menyediakan subtitle berbahasa Inggris kok. 

3. Pasar Buah Yau Ma Tei

Pasar Buah Yau Ma Tei© Istimewa

Jika kamu ingin melihat suasana pasar yang berdiri di bangunan bersejarah di Hong Kong, mampirlah ke Gwo Laan atau Pasar Yau Ma Tei. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi buah-buahan yang nggak ada di Indonesia. 

Buah Tin atau buah ara misalnya yang biasa disebut buah surga karena rasa manisnya yang istimewa. Buah tin yang ada di Pasar Yau Ma Tei ini diimpor dari Turki dan dijual per boks yang isinya sekitar 14 buah. Tentunya di pasar ini kamu bisa membeli buah dengan harga yang lebih murah karena tempat ini memang pusatnya pasar buah grosir. 

Nah di pertengahan pagi kios-kios buah ini akan tutup. Kamu jangan beranjak pergi dulu ya karena saat kios ditutup, kamu akan melihat sejumlah mural keren yang setiap kios mereka. Pastikan kamu juga berpose di Ferry Street yang lokasinya tak jauh dari pasar. Di situ ada mural mozaik panjang yang dijamin bikin feed Instagram Sahabat Dream jadi lebih kekinian. 

4. Flight of Stairs

Flight of Stairs© Istimewa

Jika kamu masih belum cukup puas untuk mencari spot foto yang Instagramable, bisa menjelajahi sudut lain di West Kowloon, tepatnya di 81 Public Square Street, Yau Ma Tei. Ini adalah tangga yang menghubungkan Nathan Road dengan jalan di atasnya. Deretan anak tangga ini memiliki lukisan atau mural taman bunga 2D yang merupakan karya OMNI-ART. Spot ini adalah salah satu tempat populer bagi warga setempat dan pegiat fotografi lho!

5. Mido Cafe

Mido Cafe© Istimewa

Setelah berkeliling melihat sejumlah tempat histori dan menarik, sekarang saatnya mengisi perut. Jangan lupa singgah ke sebuah restoran di terletak di Yau Ma Tei, yaitu Mido Cafe dan mencicipi makanan khas tradisional Hong Kong, Cha Chaan Teng. 

Sebelum masuk ke area kafe, kamu akan melihat mural di dinding luar karya seorang ilustrator lokal yang menggarap desain sampul The Michelin Guide Hong Kong & Macau edisi 2018. Pastinya, mural itu bisa jadi spot foto kece kamu selanjutnya ya. 

Atmosfer di dalam Mido Cafe© Istimewa

Setelah mengabadikan gambar di depan mural yang menggambarkan adegan makan-makan di kafe, sekarang saatnya masuk ke area Mido Cafe. Ketika masuk ke restoran ini, matamu akan dimanjakan dengan vibes retro, dimana terdapat sisa-sisa panorama Hong Kong yang baru mengalami industrialisasi di kala itu, seperti meja kayu retro, lantai mozaik, dan kipas angin gantung. 

Ya, untuk mengenang peninggalan di masa lalu, interior Mido Cafe pun tak diubah alias desainnya masih sama seperti pertama kali dibuka pada 1950. Sambil menikmati atmosfer Mido Cafe, jangan lupa untuk mencicipi Cha Chaan Teng atau menu makanan tradisional Hong Kong yang dijamin menggugah selera!

 

6. Ozone 

Kenyang menyantap makanan di Mido Cafe, kini tiba saatnya untuk menikmati suasana malam Hong Kong. Ozone, rooftop bar Ritz Carlton Hotel, menyuguhkan pemandangan cakrawala Hong Kong yang memukau di ketinggian 490 meter di atas permukaan laut.

Ozone© Istimewa

Tidak mengherankan jika bar utama dari hotel The Ritz-Carlton ini, Ozone, tetap buka hingga larut malam. Nikmati suasana yang begitu mewah dengan dekorasi bar yang futuristik dan avant-garde ditemani segelas cocktail klasik terbaik sambil memandang keindahan cakrawala yang berkilauan saat matahari terbenam. 

West Kowloon Cultural District

West Kowloon Cultural District adalah sebuah area yang terletak di pusat kota yang menawarkan beragam seni, budaya, edukasi, hiburan, dan tentunya menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Ada beberapa tempat yang wajib masuk daftar liburanmu di kemudian hari. 

1.  M+

M+© Istimewa

Ini merupakan museum budaya visual global pertama di Asia yang menjadi fondasi WKCD untuk menjadi destinasi wisata budaya kelas dunia. M+ memiliki podium seluas 17.000 meter persegi yang terdiri dari ruang pameran, tiga bioskop, fasilitas belajar, ritel museum, kafe, perpustakaan multimedia, dan rooftop. 

 

2. FAM

FAM© Istimewa

Food, Art, and Music (FAM) terletak di sekitar garis pantai area WKCD. FAM menggabungkan pengalaman budaya dengan bersantap sajian legit ala Tiongkok kontemporer. 

Di tempat ini, kamu dapat menikmati suasana Art Deco yang menyenangkan di restoran terbuka dengan instalasi seni dan interior yang ditata sangat apik dengan banyak sinar matahari dan warna-warna berani untuk tiap desainnya. Dipastikan, kamu akan tergoda untuk mengabadikannya dalam jepretan kamera dan posting di media sosial. 

Oh ya, Sahabat Dream juga dapat menikmati pemandangan 180 derajat yang luar biasa dari Pelabuhan Victoria dan halaman rumput Museum Drive. Cara terbaik untuk menikmati restoran ini adalah bersantap di luar ruangan sekaligus menghargai interpretasi perpaduan modern terhadap masakan ala Tiongkok. 

3. Art Park

Art Park© Istimewa

Setelah bersantap di FAM, saatnya jalan-jalan santai di Art Park yang beraspal di dekat tepi laut. Jalur ini terbentang di sepanjang Victoria Harbour yang bersebelahan dengan area terbuka yang memanjakan mata, seperti tanaman hijau, pepohonan yang tertata rapi, dan rumput hijau luas yang menyegarkan mata. 

Jika kamu ingin menikmati sunset, Art Park menjadi spot yang tepat. Itu karena, di ruang publik ini, kamu bukan sekadar bisa melihat matahari terbenam, tapi sekaligus memandangi panorama gedung-gedung menjulang tinggi tanpa penghalang. 

4. Xiqu Centre

Xiqu Centre© Istimewa

Xiqu Centre menjadi primadona kaum wisatawan karena desain bangunannya yang memikat. Ya, bagunan ini terinspirasi dari lampion Tiongkok tradisional yang diberi sentuhan modern. Di Xiqu Centre kamu bisa melihat bagaimana Hong Kong menyoroti warisan budayanya dalam bentuk pertunjukan atau operasi dan konser musik berkelas. Dengan tempat yang cukup luas, Xiqu Centre juga sering dijadikan lokasi pemutaran film layar lebar dan aktivitas lain yang berkaitan dengan edukasi atau pendidikan. 

5. Hong Kong Cultural Centre

Hong Kong Cultural Centre© Istimewa

Kawasan ini memang selalu bikin penasaran. Jika kamu ingin melihat aktivitas menarik lain, saatnya mengeksplor Hong Kong Cultural Centre. Di sini kamu dapat menonton pertunjukan live mulai dari balet hingga teater. Oh ya, tempat ini menjadi salah satu lokasi hiburan budaya sejak awal dibuka pada 1989 lho!

6. Sky100

Sky100© Istimewa

Sebelum mengakhiri perjalananmu, yuk bersantai lagi melihat panorama Hong Kong dari sky100 di lantai 100, di gedung International Commerce Centre (ICC). Meski bukan merupakan gedung tertinggi, kamu menikmati panorama Hong Kong seluas 360 derajat. 

Jadi, jika Sahabat Dream ingin menikmati seni dan budaya (warisan) Hong Kong, jangan lupa catat semua destinasi ya. Selain itu, Sahabat Dream juga dapat melihat lebih dari 50 destinasi menarik lain, mulai dari toko, daftar restoran halal yang tersedia sebagai peta elektronik interaktif di halaman West Kowloon di situs HKTB.



(*)

Beri Komentar