Bukan Cuma Mitos, 5 Makanan Ini Ternyata Ampuh Jadi Mood Booster Lho

Reporter : Wuri Anggarini
Minggu, 16 Januari 2022 11:19
Bukan Cuma Mitos, 5 Makanan Ini Ternyata Ampuh Jadi Mood Booster Lho
Yuk, temukan makanan apa saja yang ampuh jadi mood booster kamu, Sahabat Dream!

Sering merasa feeling blue atau nggak bersemangat karena mood menurun? Ada banyak faktor penyebabnya, tapi tahu nggak kalau makanan yang kamu konsumsi juga bisa mempengaruhi, lho. Menurut para ahli, mendapatkan asupan nutrisi yang tepat secara rutin dapat meningkatkan mood, mencegah stres, mengurangi tingkat kecemasan dan membantu melawan depresi.

Dengan mulai mengatur pola diet sehari-hari jadi lebih sehat, juga bisa membantu meningkatkan mood. Yuk, temukan makanan apa saja yang ampuh jadi mood booster kamu, Sahabat Dream!

1 dari 5 halaman

Dark Chocolate

Bukan Cuma Mitos, 5 Makanan Ini Ternyata Ampuh Jadi Mood Booster Lho© Shutterstock

Pernah nggak sih merasa lebih baik saat makan cokelat? Ternyata bukan saja karena rasanya yang lezat. Sebuah studi yang dilakukan Nestle Research Center di Swiss menunjukkan bahwa mengonsumsi dark chocolate dalam jumlah kecil setiap hari bisa membantu menurunkan level hormon kortisol dan hormon penyebab stres lainnya.

Menurut para ahli, hal ini disebabkan karena dark chocolate memiliki kandungan antioksidan yang baik menjadi mood booster. Mengonsumsi makanan ini secara rutin boleh saja, asal jangan berlebihan karena bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

2 dari 5 halaman

Green Tea

Bukan Cuma Mitos, 5 Makanan Ini Ternyata Ampuh Jadi Mood Booster Lho© Shutterstock

Lagi merasakan bad day, apa yang pertama kali kamu cari? Segelas kopi mungkin terasa nikmat. Tapi, tahu nggak kalau secangkir green tea ternyata bisa bikin mood lebih baik? Yup, menikmati green tea ternyata bisa memberikan efek menenangkan dan membuat bad day jadi good day.

Selain itu, menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa meminum 2 sampai 3 gelas green tea setiap hari dapat membantu menurunkan gejala depresi pada orang tua. Ada banyak kandungan yang dapat menjadi mood booster, seperti L-theanine yang dapat melawan kecemasan hingga kadar kafein yang cukup untuk membuatmu jadi lebih bersemangat.

3 dari 5 halaman

Blueberry

Bukan Cuma Mitos, 5 Makanan Ini Ternyata Ampuh Jadi Mood Booster Lho© Shutterstock

Dikenal sebagai salah satu buah yang kaya kandungan antioksidan, blueberry ternyata memiliki kandungan sebagai brain-boosting, lho. Buah yang satu ini kaya akan kandungan flavonoid, yaitu kandungan antioksidan yang membantu mengatur mood, meningkatkan memori, hingga melindungi otak dari tanda penuaan.

Selain itu, penelitian juga pernah menemukan bahwa kandungan anti-inflamasi di dalam blueberry bekerja aktif untuk melawan PTSD dan penyakit mental lainnya. So, nggak ada salahnya mulai konsumsi blueberry secara rutin untuk membuatmu jadi lebih bahagia.

4 dari 5 halaman

Salmon

Bukan Cuma Mitos, 5 Makanan Ini Ternyata Ampuh Jadi Mood Booster Lho© Shutterstock

Bukan rahasia lagi kalau salmon dan fatty fish lainnya memiliki kandungan Omega 3 yang baik untuk kesehatan. Ternyata, kandungan ini juga berperan sebagai nutrisi mood booster yang bikin perasaan jadi lebih bahagia.

Omega 3 sering dikaitkan dengan produksi dopamin dan serotonin, yang dikenal sebagai hormon bahagia yang diproduksi oleh otak manusia. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa konsumsi suplemen yang mengandung Omega 3 dapat meredakan gejala kecemasan pada pelajar yang akan menghadapi ujian.

5 dari 5 halaman

Yogurt dan Makanan Fermentasi Lainnya

Bukan Cuma Mitos, 5 Makanan Ini Ternyata Ampuh Jadi Mood Booster Lho© Shutterstock

Konsumsi makanan fermentasi selama ini dipercaya berkaitan dengan kesehatan saluran pencernaan. Yogurt, kimchi, tempe, dan makanan fermentasi lainnya dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam tubuh. Namun, ternyata manfaatnya lebih dari itu saja lho!

Saluran pencernaan yang sehat dengan kadar bakteri seimbang nggak hanya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh juga. Hal ini juga berperan untuk menjaga mood jadi lebih baik, mengurangi stres dan kecemasan, serta menurunkan risiko depresi. Jadi, nggak ada salahnya mulai rutin mengonsumsi makanan fermentasi ke dalam menu diet sehari-hari.

Nggak hanya sehat, beberapa makanan di atas ternyata sangat baik untuk menjaga mood dan bikin kamu lebih bahagia. Jangan hanya mempehatikan kesehatan tubuh saja. Kesehatan mental juga jadi hal yang perlu kamu perhatikan. Selamat mencoba!

Beri Komentar