16 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 4 September 2019 19:46
16 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit
Daun binahong sangat terkenal di Indonesia sebagai tumbuhan yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Benarkan?

Dream - Tanaman binahong tidak bisa tumbuh di sembarang tempat. Di dunia ini hanya ada beberapa negara yang bisa dijadikan habitat bagi binahong. Salah satunya ialah Indonesia.

Selain Indonesia, negara Korea Selatan, China dan Madagaskar juga ditemukan daun binahong. Untuk masyarakat Indonesia, daun ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

16 Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit© MEN

Daun Binahong (Foto: Shutterstock) 

Daun ini juga kerap dijadikan konsumsi serta obat tradisional. Benarkah demikian?

Memang benar beberapa jenis penyakit mampu diatasi dengan daun binahong. Di dalam daun binahong terdapat berbagai jenis nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Seperti saponin, alkaloid, antioksidan, protein dan lain-lain. Berikut 16 manfaat daun binahong dan bagaimana cara memanfaatkannya:

1 dari 5 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Penyakit Dalam

Manfaat Daun Binahong© Shutterstock

1. Mengatasi Penyakit Paru-paru

Dengan merebus 10 lembar daun binahong, kita bisa mengatasi masalah paru-paru. Manfaat daun binahong ini dapat diperoleh karena daun binahong mengandung kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga sistem pernapasan tubuh.

2. Mengatasi Masalah Otak

Ada begitu banyak masalah otak dan penyebabnya. Tidak semua jenis penyakit otak bisa diatasi dengan daun binahong.

Masalah otak yang disebabkan oleh benturan keras, menjadi salah satu masalah otak yang bisa diatasi dengan daun binahong. Caranya dengan merebus daun binahong dan mengonsumsinya secara rutin.

3. Mengatasi Masalah Ginjal

Organ ginjal sangat penting dalam proses eksresi tubuh, dan apabila organ ini mengalami masalah, maka akan menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Caranya cukup dengan merebus 10-15 daun binahong dan mengonsumsi air rebusannya, maka masalah pada ginjal akan teratasi.

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat daun binahong yang satu ini mungkin baik untuk anak-anak yang susah makan, atau mengalami masalah nafsu makan.

Dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin, akan memberikan efek yang baik bagi anak yang susah makan.

5. Mengatasi Masalah Sakit Perut

Manfaat Daun Binahong© Shutterstock


Ada banyak faktor yang menyebabkan sakit perut, seperti pola makan yang tidak teratur dan konsumsi makanan yang kurang sehat.

Apabila mengalami masalah perut dan tidak ingin mengonsumsi obat, daun binahong bisa jadi solusi. Kandungan yang terdapat dalam daun binahong mampu menenangkan masalah yang terjadi di perut.

6. Mengatasi Disentri

Disentri merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia, dan harus segera diatasi untuk mencegah kondisi yang semakin memburuk.

Kita bisa memanfaatkan daun binahong dengan merebusnya dan mengonsumsi air rebusannya.

7. Mengatasi Hemorrhoid

Hermoroid merupakan salah satu penyakit yang menyerang pembuluh darah bagian bawah tubuh, tepatnya anus. Untuk mengurangi rasa sakit akibat hemoroid, kita bisa merebus daun binahong dan meminum 3 gelas air rebusannya secara rutin.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Penyembuhan

8. Memberikan Efek Penyembuhan Setelah Operasi

Bagi pasien yang baru saja menjalani operasi dan memasuki masa penyembuhan, mengonsumsi air rebusan daun binahong bisa jadi solusi penyembuhan yang alami dan efektif.

Hal ini dikarenakan daun binahong mengandung mineral dan protein yang baik untuk penyembuhan pasca operasi.

9. Mengatasi Luka Luar

Daun binahong mengandung atsiril dan asam arkobat yang baik untuk mengatasi luka luar.

Caranya, cukup dengan menghaluskan daun binahong dan membalutkannya ke luka. Lalu membungkus luka tersebut dengan menggunakan perban.

10.Mengatasi Masalah Tulang Patah

Manfaat Daun Binahong© Shutterstock


Kandungan dalam daun binahong cukup tinggi dan mampu mengatasi masalah yang terjadi pada pasien patah tulang. Dengan mineralnya yang tinggi, daun binahong mampu mengurangi rasa sakit akibat patah tulang.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

11. Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

Manfaat Daun Binahong© Shutterstock


Bagi penderita tekanan darah rendah, daun binahong mungkin bisa dijadikan alternatif untuk meningkatkan tekanan darah supaya menjadi normal. Manfaat daun binahong ini bisa diperoleh karena kandungan mineralnya tinggi.

12. Meningkatkan Energi

Ketika merasa kelelahan, tubuh butuh energi untuk mengembalikan kondisi tubuh yang bugar.

Energi untuk tubuh bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan, salah satunya daun binahong. Dengan meminum air rebusan binahong, maka energi tubuh akan terasa seperti terisi kembali.

13. Meningkatkan Vitalitas

Dengan energi yang kembali terisi, maka vitalitas juga akan meningkat. Selain itu, dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong juga dapat mengatasi masalah vitalitas.

14. Mengatasi Masalah Menstruasi

Untuk kaum perempuan, daun binahong memiliki manfaat yang sangat penting, yaitu membantu mengatasi berbagai masalah menstruasi, seperti rasa nyeri dan pegal saat menstruasi. Caranya dengan merebus daun binahong dan mengonsumsi air rebusannya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Kulit

15. Mencegah dari Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang terdapat di daun binahong sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Terutama masalah kulit yang terpapar sinar matahari yang berlebih.

Dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong, dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan membasmi bakteri jahat yang disebabkan oleh radikal bebas. Sehingga kulit tampak lebih sehat dan bersinar.

Manfaat Daun Binahong© Shutterstock


16. Perawatan Kulit

Selain itu, daun binahong juga bermanfaat untuk merawat kulit, membuatnya menjadi lebih lembut, tampak lebih muda dan bercahaya. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi.

Kita bisa menggunakan daun binahong sebagai masker wajah atau mengonsumsi air rebusannya secara rutin.

(ism, Sumber: Dr Health Benefits)

Beri Komentar