3 Cara Temukan Parfum yang Cocok

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 3 Februari 2021 07:12
3 Cara Temukan Parfum yang Cocok
Kalau kamu suka yang seperti apa?

Dream – Apakah kamu tahu bahwa parfum bisa jadi ciri khasmu? Jika kamu memakain parfum dengan satu aroma secara terus-menerus, enggak sulit buat orang lain mengingat aroma yang menempel di diri kamu.

Itu sebabnya memilih aroma parfum yang khas jadi keputusan besar. Kamu dapat menyesuaikan wewangian yang digunakan untuk siang atau malam hari sesuai dengan khas yang kamu suka.

Untuk membantu memilihnya, berikut ada tiga cara memilih parfum terbaik, dikutip Makeup, Selasa, 2 Februari 2021.

1 dari 5 halaman

1. Pelajari bahasa parfum

Bahasa parfum terdiri dari empat, apa saja, ya?

Eau de cologne: Cenderung ringan dan menyegarkan karena tiga sampai lima persen minyak parfum dalam campuran alkohol dan air.

Eau de toilette: Persentase minyak parfum lebih tinggi dari Eau de cologne sehingga membuatnya lebih harum.

Ilustrasi© Shutterstock

Eau de parfum: Persentase minyak lebih tinggi lagi, sekitar 15-18 persen dan dicampur dengan alkohol yang lebih berat dari kedua parfum di atas, namun lebih ringan dari parfum.

Parfum: Mengandung 15-30 persen minyak parfum dicampur dengan alkohol, menjadikannya yang paling pekat dan manjur.

2 dari 5 halaman

2. Pertimbangkan musim

Gunakan wewangi yang lebih tahan lama saat musim hangat karena kulit lembap biasanya lebih menahan aroma wewangian. Pada musim semi dan panas gunakan aroma yang lebih ringan dan segar, serta aroma yang kaya dan hangat untuk musim gugur dan dingin.

3. Ketahui ragam aroma

Wewangian memiliki beragam nada berlapis. Misalnya, satu parfum dapat memberi aroma pertama jeruk, diikuti dengan sedikit rasa pedas.

Untuk menemukan parfum yang sempurna, kenali jenis aroma yang paling disukai. Mengidentifikasi kategori akan membantu kamu mempersempit pilihan dan mempertimbangkan pilihan yang cocok.

3 dari 5 halaman

Untuk membantu, inilah beberapa contoh wewangian yang dipecah menjadi empat kategori utama aroma:

Aroma bunga

Sesuai namanya, aroma ini membangkitkan bunga yang baru mekar. Bunga yang biasa menjadi notes (reaksi) aroma adalah mawar, melati, dan bunga jeruk.

Aroma rempah (musky)

Rempah-rempah yang dijadikan aroma adalah vanila, resin dupa, atau amber. Aroma ini memberi sensasi hangat, misterius, dan seksi.

Ilustrasi© Shutterstock

Aroma segar

Jeruk, lemon, jeruk nipis, aprikot, apel, persik, dan jeruk Bali, serta rumput segar yang bersih dan segar jadi bagian dari aroma ini.

Aroma kayu (woody)

Aroma ini seperti bergamot (jeruk bergamot), pohon oakmoss, labdanum dan nilam yang berkaitan dengan kayu. Sering dicampur dengan aroma rempah atau jeruk, aroma woody ini memberi kesan bersahaja.

(Laporan: Josephine Widya)

4 dari 5 halaman

Unik, Jo Malone Bikin Parfum Beraroma Lavender Campur Daun Ketumbar

Dream - Siapa sangka bumbu dapur bisa menjdi bahan untuk membuat parfum. Mungkin kamu pernah mendengar jenis bumbu dapur yang sering digunakan sebagai wewangian seperti cinnamon.

Tapi, apakah kamu pernah mencoba parfum dengan wangi daun ketumbar?

Jika dicampurkan pada makanan, daun ketumbar memiliki wangi yang cukup kuat. Begitu juga ketika dijadikan parfum dan bercampur dengan wangi lainnya.

Wangi daun ketumbar sebagai top note yang dicampur dengan english lavender sebagai heart note ternyata bisa menjadi perpaduan menyegarkan.

Perpaduan dua bahan tersebut dihadirkan pada satu dari tiga varian terbaru british collection Jo Malone London yang bertajuk Lavenderland.

5 dari 5 halaman

Edisi terbatas

British collection sendiri merupakan koleksi edisi terbatas yang hadir setahun sekali.

" Jadi, ini hanya tersedia sampai habis. Belum tentu ada di tahun depan. Kalaupun ada, mungkin kemasannya berbeda," ungkap Prisiella Yessy, Education Jo Malone Indonesia di Pacific Place, Jakarta Pusat, Rabu 11 Maret 2020.

Prisiella Yessy© dream.co.id/Cynthia Amanda Male

Prisiella Yessy (Foto: Cynthia Male/Dream)

Beri Komentar