5 Royal Wedding Anak Presiden dari Era Soeharto sampai Jokowi

Reporter : Rizki Astuti
Jumat, 10 November 2017 10:15
5 Royal Wedding Anak Presiden dari Era Soeharto sampai Jokowi
Pernikahan mereka disorot banyak media massa.

Dream - Pernikahan menjadi momen spesial bagi semua orang, tak terkecuali bagi anak para presiden dan mantan presiden di Indonesia. Dengan statusnya sebagai orang nomor satu, tentu saja perhelatan resepsi tersebut menarik perhatian publik.

Terahir masyarakat disuguhi proses pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu yang dilaksanakan 8 November kemarin. Disunting M Bobby Afif Nasution, pernikahan Kahiyang berlangsung meriah dan dihadiri 8.000 undangan.

Namun itu bukan pertama kalinya seorang presiden menikahkan putra atau putrinya. Sebelum, Jokowi sejumlah mantan presiden juga pernah melangsungkan pernikahan anaknya baik di kala menjabat maupun setelah lengser. Layaknya di Inggris, pernikahan mereka mendapat julukan Royal Wedding. 

Nah, berikut adalah lima royal wedding anak presiden yang menyedot perhatian publik:

1 dari 5 halaman

Gibran Rakabuming Raka & Selvi Ananda

Sebelum Kahiyang Ayu, Presiden Jokowi telah menikahkan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka. Sang putra menjatuhkan hatinya pada seorang dara bernama Selvi Ananda.

Pernikahan Gibran dan Selvi berlangsung pada 11 Juni 2015. Keduanya mengenakan pakaian serba putih dengan nuansa adat Jawa.

Gibran© merdeka.com

Gibran dan Selvi melangsungkan pernikahan di Gedung Graha Saba Buana, Solo. Tempat sama yang dipilih Kahiyang. Pernikahan tersebut turut dihadiri oleh berbagai tokoh politik seperti Megawati Soekarno Putri, Surya Paloh, Jenderal Badrodin Haiti, dan lain-lain.

 

2 dari 5 halaman

Agus Harimurti Yudhoyono & Annisa Larasati Pohan

Sebelum Jokowi, presiden yang menikahkan anaknya di saat menjabat adalah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pernikahan mereka menjadi perhatian karena inilah kali pertama keluarga SBY menggelar pernikahan.

Putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono mengikat janji suci dengan model cantik Annisa Pohan di 2005 silam. Keduanya melangsungkan pernikahan dengan prosesi adat Jawa, meskipun Annisa memiliki darah Batak.

Agus Harimurti dan Annisa Pohan© kapanlagi.com

Pernikahan berlangsung megah di Istana Bogor dengan 2.000 tamu undangan.

3 dari 5 halaman

Edhie Baskoro Yudhoyono & Siti Ruby Aliya Rajasa

Di periode kedua jabatannya, SBY kembali menggelar pernikahan. Kali ini putra kedua SBY, Edhi Baskoro Yudhoyono menyusul langkah sang kakak menuju ke pelaminan. 

Pria yang karib disapa Ibas ini meminang Siti Ruby Aliya Rajasa yang tak lain adalah putri Hatta Rajasa yang saat itu menjabat menteri di kabinet SBY. Pernikahan mereka berlangsung pada 24 November 2011. Hari istimewa karena disaat bersamaan, Ibas merayakan ulang tahunnya. 

Pernikahan  Edhie Baskoro Yudhoyono© kapanlagi.com

Istana Cipanas menjadi tempat Ibas mengucap sumpah suci meminang Aliya. Sementara resepsi dilangsungkan di Jakarta Convention Center, Jakarta. Saat itu, ada sekitar 3.500 udangan yang disebar.

 

4 dari 5 halaman

Yenni Wahid dan Dhohir Farisi

Zannuba Arifah Chafsoh Rahman Wahid lebih dikenal Yenny Wahid merupakan anak kedua dari Presiden Abdurrahman Wajid (Gus Dur). Yenny menerima pinangan dari Dhorir Farisi dan melangsungkan pernikahan pada 13 Oktober 2009 silam. 

Akad nikah berlangsung dengan khidmat di Masjid Al Munawaroh, sedangkan resepsi pernikahan digelar dengan mewah di gedung Sampoerna Strategic Square, Jakarta dengan 1.500 tamu undangan.

Meski sudah tak lagi menjabat presiden usai lengser pada 2001, pesta pernikahan tersebut mencuri perhatian. Para pejabat pemerintah hadir dalam pernikahan Yenni. 

Dikutip dari laman nu.or.id, terdapat kisah mengharukan dibalik kemeriahan dan kebahagiaan pernikahan tersebut. Yenny, di sebuah acara TV nasional mengungkapkan, ketika berdua sudah merasa cocok dan mantap menikah, Dhohir menghadap Gus Dur untuk melamar Yenny.

Sebagai orang tua, Gus Dur sangat gembira putri kesayangannya akan menikah. Yang belum ketemu adalah kesepakatan tanggal pernikahan. Menikah membutuhkan persiapan matang, apalagi dengan keluarga Gus Dur, karena itu Dhohir mengusulkan setahun ke depan atau pada 2010.

5 dari 5 halaman

Hutomo Mandala Putra & Ardhia Pramesti Regita Cahyani Soerjosoebandoro

Diantara enam orang putra dan putri mendiang presiden kedua Soeharto dan Hartini Soeharto, pernikahan Hutomo Mandala Putra mungkin yang paling menyita perhatian.

Pria yang biasa disapa Tommy itu meminang Raden Ayu Ardhia Pramesti Regita Cahyani Soerjosoebandoro alias Tata untuk menjadi pendamping hidupnya. Pernikahan mewah mereka digelar pada 30 April 1997. 

Kala memutuskan menikah, Tata diketahui baru 22 tahun dan terdaftar sebagai mahasiswi di Universitas New South Wales, Sydney, Australia. Usianya terpaut 12 tahun dari Tommy yang saat itu berumur hampir 34 tahun. 

3. Hutomo Mandala Putra & Ardhia Pramesti Regita Cahyani Soerjosoebandoro© MEN

Saat itu, pernikahan Tommy dan Tata berlangsung cukup mewah dan megah. Proses pernikahan mereka disiarkan langsung sejumlah stasiun televisi yang saat itu masih diisi oleh TVRI, RCTI, dan SCTV. 

Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai dua anak, yakni Dharma Mangkuluhur Hutomo dan Radhyana Gayanti Utami. Hubungan Tommy dan Tata sendiri tak berlangsung lama. Mereka memutuskan bercerai. 

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

Beri Komentar