7 Tips Tepat Merawat Sepatu Kulit Kesayangan

Reporter : Putu Monik Arindasari
Selasa, 1 Juni 2021 07:00
7 Tips Tepat Merawat Sepatu Kulit Kesayangan
Apalagi saat musim panas, keadaan yang terik menyebabkan warna sepatu kulit kusam serta pudar

Dream - Kesan elegan dan stylish membuat sepatu berbahan kulit jadi incaran banyak orang. Namun, perawatan sepatu kulit harus dilakukan dengan benar lho Sahabat Dream!

Perawatan yang salah berisiko membuat bahan kulit kehilangan kelenturannya dan bahkan menjadi rusak. Apalagi saat musim panas, keadaan yang terik menyebabkan warna sepatu kulit kusam serta pudar.

Tak usah khawatir, kamu dapat mengikuti 7 tip ini agar sepatu kulit kesayanganmu tetap awet.


Rutin Rawat Sepatu

Menyimpan sepatu kulit dengan keadaan kotor dan berdebu membuat bahan kualitas kulit menajadi cepat menurun. Sebelum menyimpan sepatu kulit, ada baiknya kamu rutin membersihkan, melembabkan, dan memoles sepatu kulit secara teratur.

Selain tidak mudah rusak, perawatan yang rutin membuat sepatu ini tetap tampil berkilau.

1 dari 3 halaman

Simpan Sepatu dengan Baik

Menyimpan sepatu kulit pun ternyata harus dilakukan dengan langkah yang tepat. Pertama pastikan sepatu dalam keadaan kering sebelum disimpan. Jangan pernah menumpuk sepatu saat disimpan, hal ini justru dapat menyababkan sepatu kulit kesayanganmu kehilangan bentuknya.

Agar tak menumpuk, kamu disarankan untuk menyiapkan rak sepatu lain. Pilih rak sepatu kayu dan kelompokkan sepatu dengan berjejer dengan rapi.

Perawatan Sepatu Kulit© Shutterstock

Jauhi dari Sinar Matahari

Hindari menyimpan sepatu di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari biasanya menyebabkan tekstur sepatu kulit jadi kering dan pecah-pecah.

Simpan sepatu di tempat yang sejuk, gelap dan tidak terlalu hangat serta pengap. Kamu bisa menyimpannya di lemari yang gelap, atau taruh rak sepatumu jauh dari sinar matahari. Jika tak memungkinan menaruh di lemari gelap, cukup simpan sepatu kulit kesayanyanmu di bawah tempat tidur.

2 dari 3 halaman

Hindari Membungkus dengan Kantong Plastik

Membungkus sepatu kulit dengan kantong plastik menyebabkan jamuran atau berubah warna. Tak perlu memmbungkusnya dengan kantong plastik, kamu bisa memakai tas sepatu anti debu yang terbuat dari kain lembut.

Perawatan Sepatu Kulit© Shutterstock

Hindari Sepatu dari Percikan Air

Hindari sepatu kulit dari percikan air secara langsung. Untuk merawat sepatu kulit, gunakan produk perawatan khusus. Bersihkan sepatu kulit dengan kain kering jika tak sengaja terciprat air. Lap bagian sepatu yang basah, dan diamkan sepatu selama beberapa saat.

3 dari 3 halaman

Jangan Meninggalkan Kaus Kaki di dalam Sepatu

Jangan pernah meninggalkan kaus kaki pada sepatu kulit! Keringat yang menempel pada kaus kaki berpotensi menyebabkan timbulnya bau menyengat. Selain bau yang menyengat, menyimpan kaus kaki yang kotor pada sepatu kulit dapat menimbulkan infeksi pada kaki akibat pertumbuhan bakteri.

Perawatan Sepatu Kulit© Shutterstock

Ganti Kapur Barus dengan Silica Gel

Kamu juga tidak disarankan untuk menyimpan sepatu kulit dengan kapur barus. Kapur barus memiliki aromi kimiawi yang pengap, bahkan aroma tersebut dapat meresap ke dalam benda yang disimpan bersama dengan kapur barus. Aroma ini pun sangat sulit untuk dihilangkan. Sebagai gantinya, gunakan sillica gel untuk menjaga bahan sepatu agar tetap segar.

(Sumber: timesofindia.indiatimes.com)

Beri Komentar