Ada Larangan Mudik, Transfer Refund Tiket KAI Bisa Cair 3 Hari

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 29 April 2020 17:37
Ada Larangan Mudik, Transfer Refund Tiket KAI Bisa Cair 3 Hari
Sebelumnya uang pembatalan tiket secara transfer paling lambat 45 hari.

Dream – PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mempercepat pengembalian uang pembatalan tiket kereta menjadi tiga hari kerja sejak dilakukan pembatalan. Sebelumnya, penumpang yang melakukan pembatalan via KAI Access harus menunggu transfer 100 persen uang pembatalan tiket secara transfer paling lambat 45 hari.

“ Ketentuan tersebut berlaku untuk pembatalan mulai 30 April s.d 4 Juni 2020, untuk keberangkatan KA masa Angkutan Lebaran 2020 yaitu mulai 14 Mei s.d 4 Juni 2020,” ujar VP Public Relations Joni Martinus, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu 29 April 2020.

KAI memberikan layanan ini agar pelanggan beralih ke pembatalan secara online. Tujuannya untuk mendukung physical distancing dengan tidak bepergian ke stasiun.

Penumpang diharuskan mendownload atau mengupdate aplikasi KAI Access-nya menjadi versi terbaru terlebih dahulu. Pada saat registrasi, penumpang harus mendaftarkan nama dan nomor identitas yang sesuai dengan data pada tiket.

“ Pada menu pembatalan, masukkan juga nomor rekening yang memiliki nama sesuai dengan nama penumpang pada tiket,” kata Joni.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut penumpang dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI 121.

“ Total tiket yang sudah dibatalkan mulai 23 Maret hingga 29 April 2020 sebanyak 877.618 tiket, dimana 51 persen dibatalkan melalui aplikasi KAI Access dan sisanya dibatalkan secara offline di stasiun,” kata Joni.

1 dari 3 halaman

554 Ribu Tiket Kereta Dibatalkan

Khusus untuk keberangkatan 14 Mei s.d 4 Juni 2020 atau H-10 s.d H+10 masa Angkutan Lebaran 2020, sudah terdapat 554.672 tiket yang dibatalkan oleh penumpang. Masih terdapat 352.884 tiket yang belum dibatalkan oleh penumpang, atau 39% dari total keseluruhan tiket Masa Angkutan Lebaran 2020 yang telah terjual.

Joni berharap dengan kebijakan percepatan pengembalian uang pembatalan tiket ini, dapat mempermudah masyarakat yang ingin membatalkan tiket, serta membantu masyarakat yang membutuhkan dananya kembali secara tunai dan cepat.

“ Semoga kebijakan ini bermanfaat bagi masyarakat yang telah menunda perjalanan mudiknya dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19 pada masa Mudik Angkutan Lebaran 2020,” kata dia.

2 dari 3 halaman

Lebaran Masih 2 Bulan Lagi, 835 Ribu Tiket Kereta Mudik Sudah Terjual

Dream - PT Kereta Api Indonesia telah menjual 835 ribu tiket untuk perjalanan Angkutan Lebaran 2020. Mayoritas penumpang membeli tiket untuk tujuan Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang. 

“ Berdasarkan hasil pantauan pada Rail Ticketing System pada Selasa siang 10 Maret 2020, penjualan tiket KA Jarak Jauh telah mencapai 30 persen dari seluruh tiket yang KAI sediakan,” kata Vice Public Relations KAI, Yuskal Setiawan, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream.

 


Menurut Yuskal, jumlah penumpang akan terus bertambah sampai masa mudik dan balik Lebaran tiba. Tiket yang paling banyak diburu oleh penumpang untuk mudik pada H-3 atau 21 Mei 2020 yang mencapai 56 ribu tiket. Untuk arus balik, banyak penumpang yang memilih H+2 atau tanggal 27 Mei 2020, yang mencapai 58 ribu tiket.

Dari data yang didapatkan, KA yang menjadi favorit masyarakat adalah KA Bengawan (Pasar Senen–Purwosari pp), Kertajaya (Pasar Senen–Surabaya Pasar Turi pp), Tawang Jaya (Pasar Senen–Semarang Poncol pp), Matarmaja (Pasar Senen–Malang pp), Kahuripan (Kiaracondong–Blitar), Pasundan (Kiaracondong–Surabaya Gubeng), Progo (Pasar Senen–Lempuyangan), Serayu (Pasar Senen–Purwokerto), Tegal Ekspress (Pasar Senen–Tegal) dan Sri Tanjung (Surabaya Gubeng–Lempuyangan).

3 dari 3 halaman

Penjualan Lancar

Tepat sejak tanggal 14 Februari 2020, KAI mulai membuka penjualan keberangkatan untuk H-10 sampai dengan H+10 Lebaran, yaitu 14 Februari-4 Juni 2020. Total 2,8 juta tempat duduk KA Jarak Jauh yang dijual mulai H-90 keberangkatan di seluruh channel penjualan. 

“ Kami sampaikan bahwa penjualan sejauh ini berjalan lancar, tidak ada kendala yang berarti. Hal tersebut dikarenakan KAI telah mengoptimalkan sistem penjualan tiket serta menambah kapasitas server dan bandwidth sebanyak dua kali lipat dari hari biasa,” kata dia.

Yuskal menjelaskan, bagi penumpang yang masih mencari tiket, masih cukup banyak alternatif KA yang tersedia. Calon penumpang dapat mencari tanggal, rute, atau KA alternatif jika KA yang diinginkan sudah habis. Hal tersebut dikarenakan, tiket yang habis adalah tiket pada tanggal, rute, dan KA favorit masyarakat.

“ KAI juga akan menjalankan KA tambahan yang saat ini masih kita persiapkan sarana dan rute mana saja yang akan ditambah untuk dijual ke masyarakat,” kata dia.

Beri Komentar