Amankah Menggunakan Ponsel Saat Hujan Petir?

Reporter : Ervina
Selasa, 18 November 2014 06:02
Amankah Menggunakan Ponsel Saat Hujan Petir?
Dalam sebuah perangkat ponsel terdapat sejumlah logam yang dapat mengalirkan gelombang elektromagnetik. Namun, amankah jika tetap digunakan saat turun hujan disertai petir?

Dream - Hujan yang disertai petir beberapa hari belakangan membuat produktivitas sedikit terhambat. Tidak jarang, untuk tetap terhubung anda tetap menggunakan perangkat telepon selular. Amankah hal tersebut?

Sejumlah produsen perangkat seluler sebenarnya telah memperingatkan hal ini dalam kemasan atau penutup baterai ponsel. Komponen logam yang terdapat dalam perangkat seluler ada yang dapat menangkap sinyal berupa gelombang elektromangetik hingga menghasilkan medan listrik-magnet.

Medan listrik yang terdapat dalam sebuah ponsel dapat mempengaruhi gerak ion dan molekul udara hingga berpeluang untuk mengalirkan listrik saat turun hujan disertai petir. Namun hal ini juga masih harus memperhatikan di mana anda menggunakan perangkat selular tersebut.

Mengutip laman Australian Mobile Telecommunications Association (AMTA), seseorang yang menggunakan perangkat seluler di ruang terbuka, di dekat air, di sekitar struktur logam besar atau pohon lebih beresiko meningkatkan terkena pengaruh buruk dari penggunaan ponsel saat hujan badai.

Seperti diketahui jika petir juga memiliki kandungan listrik dan bisa menyambar melalui logam yang terdapat dalam ponsel. Daya listrik yang terdapat dalam ponsel sebenarnya rendah dan kecil kemungkinan untuk bisa tersambar petir, terlebih jika digunakan di dalam ruangan.

" Dari sejumlah penelitian yang dilakukan, tidak ditemukan adanya bahaya menggunakan telepon seluler saat petir. Ponsel, perhiasan dan barang dengan kandungan logam kecil tidak akan menyambar petir, petir cenderung menyerang benda yang berada di tempat tinggi," tulis Dr Maru Ann dari Departments of Emergency Medicine and Bioengineering, University of Illinois di Chicago.

Namun, agar lebih aman sebaiknya hindari penggunaan ponsel yang memungkinkan adanya pengiriman dan penerimaan sinyal meskipun disebut tetap aman. Hal ini dapat meminimalisir kemungkinan adanya muatan listrik yang tak terduga dan membahayakan keselamatan anda.

Beri Komentar