Belajar Sejarah Becak Bareng Anak, Ternyata Banyak Fakta Uniknya

Reporter : Wuri Anggarini
Rabu, 27 Januari 2021 20:43
Belajar Sejarah Becak Bareng Anak, Ternyata Banyak Fakta Uniknya
Cari tahu fakta uniknya yuk!

Becak memang jadi salah satu transportasi tradisional yang sudah jarang ada di kota-kota besar. Tapi, kendaraan umum yang satu ini menyimpan sejarah menarik hingga fakta-fakta unik yang bisa jadi materi belajar seru bersama anak di rumah. Termasuk juga mencari tahu cara kerja becak dan alat transportasi lainnya bisa bergerak dan berpindah tempat, yang ternyata dipengaruhi oleh gaya dan gerak. Ajak anak pelajari lebih dalam di sini, yuk!

Bikin Benda Bergerak, Ditarik atau Didorong Ya?

Dalam video Belajar dari Rumah kelas 4 SD, anak-anak di rumah diajak untuk belajar membedakan gaya dorong dan tarik. Karakter Kakak dan Adik memberikan contoh sederhana untuk membedakan kedua gaya tersebut, yaitu dengan cara memindahkan sebuah sofa di rumah.

Belajar Sejarah Becak Bareng Anak, Ternyata Banyak Fakta Uniknya© kemendikbud

Dari video ini, dijelaskan jika gaya adalah tarikan atau dorongan yang membuat sesuatu bergerak menjauhi atau mendekati titik acuan. Bagaimana membedakan dorong dan tarik? Dorong adalah gaya gaya yang dilakukan agar benda jadi lebih jauh, sementara tarik adalah gaya yang menggerakkan benda jadi lebih dekat.

Konsep gaya dan gerak ini juga berlaku saat melakukan perpindahan tempat menggunakan alat transportasi. Pada transportasi modern, gaya tidak hanya dihasilkan oleh tarikan atau dorongan tenaga manusia dan hewan saja, bisa juga dengan tenaga mesin.

Setelah belajar tentang gaya dan gerak, Kakak dan Adik mengajak teman-teman lain di rumah untuk bermain games tebak gambar yang memiliki konsep perbandingan. Mereka juga belajar tentang pembulatan bilangan menuju angka terdekat.

Belajar Sejarah Becak dan Masalah Transportasi Tradisional

Siswa kelas 5 SD diajak belajar tentang sejarah becak lewat tayangan video yang dipandu Kak Kinan, Ayah, dan Arya. Ayah mengajak Arya naik becak sambil bercerita jika becak dulu adalah transportasi umum yang populer di Jakarta, bahkan di Indonesia. Sayangnya, becak sudah tidak digunakan lagi di Jakarta.

Belajar Sejarah Becak Bareng Anak, Ternyata Banyak Fakta Uniknya© kemendikbud

Menurut sejarah, sejak tahun 1930an masyarakat sudah sering menggunakan kendaraan beroda tiga untuk mengangkut barang. Di tahun 1940an, istilah becak dikenal oleh masyarakat. Begitu era modernisasi datang, becak sering dianggap sebagai biang kemacetan dan alat angkut yang tidak manusiawi karena menggunakan tenaga manusia.

Setelah mempelajari sejarah becak dan masalah angkutan tradisional, Kak Kinan mengajak teman-teman di rumah belajar garus bilangan. Ada juga nih pelajaran tentang menghitung rumus kecepatan dengan cara membagi jarak tempuh dengan waktu tempuh.

Seru banget kan mempelajari tentang sejarah becak yang ternyata menyimpan fakta menarik. Tonton terus video Belajar dari Rumah yang dipersembahkan Kemendikbud setiap Senin-Jumat hanya di TVRI!

Beri Komentar