Yamaha Merilis My Yamaha Motor.(Foto: Yamaha Indonesia Motor Manufacturing)
Dream – Teknologi informasi mulai merambah dunia otomotif. Sejumlah pabrikan mobil dan sepeda motor berlomba-lomba menghadirkan apilkasi untuk memundahkan konsumennya. Kali ini terobosan itu dibuat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Pabrikan sepeda motor berlogo tiga garpu tala itu memperkenalkan aplikasi mobile yang diberi nama My Yamaha Motor.
“ Hari ini, Yamaha Indonesia kembali meluncurkan aplikasi baru bernama My Yamaha Motor yang lebih memudahkan semua konsumen Yamaha dalam mendapatkan pelayanan terbaik dari seluruh sumber daya yang Yamaha miliki,” kata President Director and CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Minoru Morimoto, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 15 April 2020.
Aplikasi ini mempermudah akses informasi yang lengkap bagi semua pengguna motor Yamaha produksi di atas tahun 2011 selain CBU. Khususnya, terkait informasi pelayanan purna jual (after sales service), informasi jaringan dealer resmi Yamaha yang ada di seluruh Indonesia serta informasi terkait produk, event dan promo yang diselenggarakan oleh Yamaha Indonesia.
“ Yamaha ingin menciptakan ikatan yang kuat dengan konsumen melalui platform digital yang semakin lengkap,” kata Morimoto.
Dalam aplikasi My Yamaha Motor, terdapat tiga menu layanan utama yang menyajikan beragam informasi bagi seluruh pengguna motor Yamaha. Layanan utama tersebut adalah sebagai berikut:
1. Informasi Motor & Servis
- Informasi panduan pemilik kendaraan (manual e-book), ketentuan garansi, ketentuan Kartu Servis Gratis (KSG) dan Kartu Servis Berkala (KSB)
- Pemberitahuan atau notifikasi secara otomatis terkait Servis Gratis (3 hari sebelum masa KSG habis) dan Servis Berkala (3 bulan setelah servis terakhir).
- Pemberian nilai kepuasan (rating) setelah melakukan servis di dealer.
- Riwayat layanan perawatan motor.
2. Informasi Dealer
- Informasi seputar layanan Servis Kunjung Yamaha (SKY) untuk dealer-dealer tertentu yang ada di sekitar anda.
3. Informasi Produk, Event & Promo
-Informasi perihal produk, event dan promo menarik dari Yamaha Indonesia.
Morimoto menganjurkan pemilik motor harus melakukan registrasi terlebih dahulu di aplikasi agar bisa menikmati semua menu layanan. Caranya, memasukkan nomor rangka sepeda motor dan hand phone di halaman registrasi.
Setelah itu, akan ada pesan singkat masuk yang mengirimkan kode verifikasi pendaftaran. Aplikasi My Yamaha Motor saat ini baru tersedia dalam platform Andorid dan akan tersedia juga untuk iOS dalam beberapa bulan ke depan.
Sebagai tambahan informasi, Desember lalu Yamaha Indonesia juga telah meluncurkan aplikasi Y-Connect yang diperuntukan bagi pengguna All New NMAX 155 Connected/ABS. Aplikasi tersebut memiliki fitur yang dapat memberikan informasi mengenai lokasi parkir, notifikasi panggilan dan pesan yang masuk, rekomendasi perawatan motor (oli dan aki), konsumsi bahan bakar dan notifikasi jika terjadi malfungsi pada motor
Dream – Wabah corona yang melanda dunia, termasuk Indonesia, membuat banyak hal yang direncanakan, terpaksa ditunda atau dibatalkan. Kamu pemilik sepeda motor mungkin juga termasuk salah satu yang harus menunda melakukan perawatan rutin motor.
Untuk memberikan keamanan sekaligus kenyamanan bagi penggunanya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan layanan perawatan di rumah lewat program Service Kunjung Yamaha (SKY).
“ Service Kunjung Yamaha (SKY) ini merupakan program layanan Yamaha yang sudah dinikmati konsumen sejak tahun 2012. Ini sangat membantu saat ada penyebaran virus Corona yang mengganggu aktivitas konsumen,” kata General Manager After Sales and Motorsport YIMM, M. Abidin, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa 31 Maret 2020.
Abidin mengatakan konsumen tak perlu datang ke bengkel agar bisa menghindari pertemuan dengan banyak orang. Teknisi bisa datang ke tempat tinggal konsumen untuk melakukan servis semua tipe motor Yamaha.
“ Mereka tidak perlu khawatir lagi karena bisa menggunakan layanan SKY yang tersebar di ratusan dealer dan bengkel resmi Yamaha. Kami siap membantu konsumen, jadi silakan menghubungi nomor kontaknya dan dapatkan layanan yang akan dikerjakan dengan baik oleh teknisi kami seperti layaknya di bengkel resmi,” kata dia.
Untuk mendapatkan layanan ini, pelanggan bisa menghubungi nomor kontak diler atau bengkel resmi yang menyelenggarakan program SKY. Kemudian, pelanggan bisa menyampaikan masalah pada sepeda motornya dan mengatur jadwal servis. Layanan yang diberikan meliputi perawatan berkala dan penggantian komponen motor tertentu.
Yamaha akan mengirimkan teknisinya dalam jangkauan jarak sesuai kebijakan masing-masing diler Biaya service dan pembelian part tak berbeda dengan servis yang dilakukan di diler.
Abidin mengatakan teknisi juga akan dibekali dengan masker dan hand sanitizer. Motor konsumen juga akan disemprot dengan disinfektan setelah servis selesai dilakukan. Suhu tubuh teknisi juga diukur terlebih dahulu.
“ Bukan hanya untuk layanan SKY, penyemprotan dengan disinfektan pada sepeda motor konsumen pun dilakukan di bengkel resmi Yamaha,” kata dia.
Advertisement
Style Maskulin Lionel Messi Jinjing Tas Rp1 Miliar ke Kamp Latihan
Official Genas, Komunitas Dance dari Maluku yang `Tularkan` Goyang Asyik Tabola Bale
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik
Kebiasaan Pakai Bra saat Tidur Berbahaya? Cari Tahu Faktanya
Peneliti Ungkap Pemicu Perempuan Sanggup Bicara 20 Ribu Kata Sehari?
Bentuk Roti Cokelat Picu Komentar Pedas di Medsos, Chef Sampai Revisi Bentuknya
Mahasiswa Sempat Touch Up di Tengah Demo, Tampilannya Slay Maksimal
Kisah-Kisah Ajaib Pestapora 2025: Dari Hujan Dadakan hingga Vokalis yang Nyaris Hilang di Kerumunan!
Style Maskulin Lionel Messi Jinjing Tas Rp1 Miliar ke Kamp Latihan
Official Genas, Komunitas Dance dari Maluku yang `Tularkan` Goyang Asyik Tabola Bale