Cara Jualan Online di Shopee dan Tips Cepat Dapat Pesanan

Reporter : Alfi Salima Puteri
Selasa, 14 Juni 2022 18:10
Cara Jualan Online di Shopee dan Tips Cepat Dapat Pesanan
Bagi kamu yang tertarik untuk membuka toko di Shopee, simak ulasannya berikut ini, lengkap dengan tips untuk bisa dapat pesanan dengan cepat.

Dream - Shopee saat ini menjadi salah satu e-commerce kondang di Tanah Air yang sering menggelontorkan sejumlah promo menggoda. Baik itu untuk para pembeli atau bahkan penjual.

Karena itulah tidak salah aplikasi yang memiliki lambang warna oranye ini kian semakin populer. Berkat kepopulerannya, banyak orang ingin mengembangkan usaha jualan onlinenya di Shopee.

Ada dua cara jualan online di Shopee, yakni lewat aplikasi dan juga website. Keduanya sama-sama memudahkan dan prosesnya juga cukup sederhana. Bagi kamu yang tertarik untuk membuka toko di Shopee, simak ulasannya berikut ini sudah lengkap dengan tips untuk bisa dapat pesanan dengan cepat.

Membuka Akun Shopee

Tahapan awal yang perlu dilakukan untuk bisa berjualan di Shopee tentu saja memiliki akun terlebih dahulu. Jika sudah baru mendaftarkan akun untuk jualan, memasukkan katalog barang-barang yang ditawarkan jangan lupa lakukan promosi. Cara mendaftarkan akun sangat mudah sekali, bisa lewat aplikasi atau website.

Jika ingin mendaftarkan akun lewat mobile, kamu bisa mengaksesnya di laman https://shopee.co.id/. Bisa lewat komputer, laptop, atau bahkan juga browser di smartphone.

Karena tidak jarang ada beberapa ponsel yang penyimpanannya sedikit, tidak bisa dimanfaatkan untuk menginstal banyak aplikasi. Salah satu jalannya adalah dengan mendaftarkannya lewat browser ponsel.

Sementara yang ingin mendaftarkan akun Shopee lewat aplikasi, bisa download terlebih dahulu di App Store untuk ponsel berbasis iOS, atau Google Play Store untuk ponsel berbasis Android. Jika sudah memiliki aplikasinya, bisa langsung membuka akun Shopee. Tahapannya mudah;

1. Unduh aplikasinya
2. Buka lalu pilih Daftar
3. Kemudian masukkan e-mail yang valid/bisa juga nomor telepon atau salah satu akun berikut; Google, Facebook, atau Apple
4. Tunggu kode verifikasi (OTP), jika sudah masukkan
5. Atur kata sandi
6. Ubah username sesuai yang dikehendaki

Cara Membuka Toko di Shopee

Setelah memiliki akun Shopee, kamu tinggal membuka tokonya saja. Prosesnya juga sangat mudah. Bisa daftar lewat aplikasi atau Seller Center saat menggunakan website.

Lewat aplikasi

● Setelah buka aplikasi, klik menu Saya
● Selanjutnya klik Mulai Jual
● Klik Tambah Produk
● Masukkan alamat toko dan jangan lupa pilih jasa kirim
● Kemudian masukkan detail produk yang dijual kemudian klik Simpan

Lewat seller center di website

● Buka website lalu klik Seller Centre
● Masuk ke akun yang sebelumnya dibuat
● Verifikasi lewat link yang dikirimkan
● Klik Mulai Pendaftaran
● Selanjutnya, atur informasi tentang toko, baik itu nama, deskripsi, nomor telepon, dan lainnya
● Klik Simpan lalu Klik Lanjut
● Jangan lupa mengatur jasa kirim, langkah terakhir adalah klik Kirim.

 

1 dari 1 halaman

Cara Berjualan di Shopee

Setelah membuat toko di Shopee, baik itu lewat aplikasi atau laman, selanjutnya adalah fokus pada produk yang akan dijual. Cara jualan online juga sangat mudah, berikut langkah-langkahnya

● Memberi nama produk dan pilih kategori yang tepat
● Mengisi informasi produk
● Mengisi spesifikasi
● Mengisi informasi penjualan
● Mengisi informasi pengiriman
● Mengisi informasi lainnya dan tampilkan
● Bisa mengikuti berbagai program promosi dari Shopee untuk toko
● Jika dapat pesanan tinggal kemas dan kirimkan produk

Jualan Online© Shutterstock.com

Rekomendasi Barang yang Laris

Masih banyak sekali orang-orang yang kebingungan apa jenis barang yang dijual meski sudah membuat toko di Shopee. Sebenarnya, hampir semua barang memiliki pasar sendiri jika kamu getol melakukan promosi. Namun memang ada beberapa yang laris manis di pasaran.

Beberapa contoh barang yang laris manis di pasaran antara lain produk kecantikan, busana muslim, gadget, smartphone, makanan, fashion, perlengkapan bayi, peralatan olahraga, alat rumah tangga, produk fashion, sampai produk herbal.

Tips Segera dapat Pesanan

Jika semua proses pendaftaran akun dan toko di Shopee sudah rampung, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuatnya segera mendapatkan pesanan. Apalagi bagi toko-toko pemula, pasti perlu usaha yang gigih supaya bisa segera dapatkan pesanan. Ada beberapa trik atau cara jualan online ampuh yang bisa dilakukan supaya segera dapatkan orderan, berikut ini contohnya;

● Memberikan harga yang kompetitif, jangan terlalu mahal dan jangan terlalu murah
● Berikan pilihan produk yang bervariasi, baik itu warna, motif atau lainnya
● Manfaatkan fitur ‘Naikkan Produk’ di Shopee supaya barang bisa muncul di pencarian teratas
● Manfaatkan juga fitur ‘Voucher Toko Saya’ atau diskon lainnya ke calon pelanggan
● Daftarkan gratis ongkos kirim (ongkir) di Shopee
● Jangan ragu menyebarkan info tentang toko Anda yang berbagai media sosial, baik itu Instagram, TikTok, Twitter atau bahkan aplikasi perpesanan seperti status di WhatsApp

Menjadi seorang seller pemula memang tidak mudah, namun dengan usaha yang gigih kamu bisa merengkuh kesuksesan yang selama ini diimpikan. Jika usaha ingin semakin berkembang, yuk membuka toko di Shopee saja. kamu bisa menawarkan berbagai barang dengan proses daftarnya yang mudah. Tidak hanya usaha, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan pribadi di Shopee, bisa lewat website atau aplikasi.

Beri Komentar