Cara Mudah Agar Si Buah Hati Memahami Makna Puasa Ramadan

Reporter : Eko Huda S
Sabtu, 17 April 2021 17:41
Cara Mudah Agar Si Buah Hati Memahami Makna Puasa Ramadan
Bulan Ramadan menjadi saat yang tepat bagi para orangtua untuk mulai melatih anak-anak berpuasa.

Dream - Mengenalkan puasa sejak dini kepada anak-anak sangat penting. Bulan Ramadan menjadi saat yang tepat bagi para orangtua untuk mulai melatih anak-anak berpuasa.

Tidak harus seharian penuh, mulai fajar hingga Magrib, orangtua bisa mulai melatih anak-anak menahan lapar hingga Zuhur alias puasa setengah hari saja. Dengan demikian, tidak terasa berat bagi anak-anak.

Jangan lupa pula memberi penjelasan kepada buah hati kita mengapa setiap Ramadan umat Muslim wajib menjalankan puasa. Kita bisa menjelaskan isi surah Al-Baqarah ayat 183.

" Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa."

Mulailah penjelasan kepada anak-anak bahwa puasa merupakan perintah Allah SWT, agar manusia bertakwa, menjadi manusia yang lebih baik. Sebab, selama puasa kita dilatih bersabar, menahan amarah, nafsu, dan hal buruk lainnya.

1 dari 1 halaman

Ilustrasi© Shutterstock.com

Selain itu, kita juga bisa menjelaskan bahwa selama Ramadan kita lebih giat untuk beribadah. Bukan hanya untuk mencari pahala, tetapi agar menjadi Muslim yang lebih baik.

Anak-anak biasanya penuh rasa penasaran. Mereka terkadang bertanya mengapa harus menahan lapar dan haus seharian?

Jika demikian, orangtua bisa menjelaskan bahwa makna menahan haus dan lapar agar kita merasakan juga apa yang dirasakan kaum fakir. Sehingga kita menjadi manusia yang lebih bersyukur.

Kita juga bisa mengajak buah hati untuk berbagi rezeki pada mereka yang kurang beruntung. Orangtua bisa mengajak anak membuat takjil atau camilan lain untuk berbupa puasa bersama anak-anak yatim untuk mengajarkan berbagi dengan orang lain.

Beri Komentar