Saat Designer Korea Belajar Busana Muslim di Indonesia

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 21 Desember 2018 06:15
Saat Designer Korea Belajar Busana Muslim di Indonesia
Pamor busana muslim sudah sampai ke Negeri Ginseng.

Dream - Busana muslim tak lagi dipandang sebelah mata. Pamornya kian meningkat di kancah internasional, termasuk di negara asal Kpop, Korea Selatan.

Hal ini diungkapkan oleh seorang warga Korea Selatan yang datang ke Indonesia. Ditemui di Bandung, Sunny Choi datang dari Negeri Ginseng untuk mempelajari modest wear.

" Saya datang kesini ingin belajar tentang busana muslim. Kebetulan saya berasal dari jurusan desain juga, dan ingin memperdalamnya lagi," ujar Sunny ketika menghadiri acara Haflatu at Takhorruj Batch 4 di Bandung, Rabu 19 Desember 2018.

Ketertarikannya pada modest wear bermula dari persahabatannya dengan seorang muslimah Indonesia. Keduanya bertemu saat mengikuti sekolah desain di Australia. 

" Banyak orang salah paham mengenai Islam. Mindset mereka, Islam adalah teroris. Aku ingin memberi tahu mereka kalau kalian ini sebenarnya orang baik, dan menurutku fashion dapat menjadi sarana komunikasi yang efektif," paparnya.

Sunny yang juga memiliki bisnis e-commerce di Indonesia dan Malaysia berniat untuk mempromosikan budaya Tanah Air ke mancanegara.

" Planning ke depan bakal ngejual local product Indonesia dari fashion, tourism dan lainnya. Korea punya Hanbok. Sepertinya bagus jika dipadukan dengan kain Indonesia. Ini juga sebagai bentuk cultural globalization," ia mengimbuhkan.

Tak lama lagi, ia akan menempuh pendidikan di sekolah fashion muslim pertama Indonesia, Islamic Fashion Institute (IFI) Bandung. Sunny mengaku ingin memulai program belajar secepatnya. 

Wanita penyuka style feminine ini sudah memiliki gambaran akan desain busana. 

" Aku tertarik dengan kain tradisional Indonesia. Dengan background desain Korea dan western yang sudah kumiliki, aku ingin memadukannya dalam bentuk busana muslim," kata Sunny.

 Sunny Choi

Namun, ia tak ingin gegabah. Perbedaan budaya membuatnya sangat berhati-hati. Sunny bertekad untuk mendalami budaya Islam.

" Sebelum itu, aku ingin belajar lebih dalam tentang kebudayaan Islam. Aku harus tahu sejarahnya terlebih dahulu. Aku ingin mendapatkan banyak inspirasi," ujarnya. (ism)

Beri Komentar
Jokowi Tinjau Rehabilitasi Gempa NTB