`Kang Bahar` Pensiun Jadi Preman, Selamanya...

Reporter : Syahid Latif
Minggu, 17 Mei 2015 08:01
`Kang Bahar` Pensiun Jadi Preman, Selamanya...
Sutradara Preman Pensiun, Aris Nugraha menyebut Didi Petet membuat pencapaian tertinggi dalam perannya sebagai Kang Bahar

Dream - Selain Kabayan, sosok almarhum Didi Petet kini melekat sebagai seorang preman. Memerankan karakter Kang Bahar, seorang preman penguasa Bandung, Jawa Barat, yang ingin pensiun dari dunia premanisme, pria bernama asli Didi Widiatmoko ternyata benar-benar pensiun selamanya.

Sutradara `Preman Pensiun`, Aris Nugraha yang ditemui Dream.co.id usai pemakaman Didi Petet di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Jumat, 15 Mei 2015 lalu mengatakan, Didi menutup usianya dengan capaian akting yang sangat mengesankan.

“ Preman Pensiun diputar berkali-kali. Bahkan setelah episodenya habis karena penonton merasa semua yang ditampilkan itu sebagai fakta dan di situ ada peran besar Kang Didi,” tutur Aris.

Bagi Aris, capaian tertinggi bagi para aktor dan aktris adalah ketika mampu membuat penonton merasa yang mereka tampilkan bukanlah akting melainkan sebuah fakta. Prestasi inilah yang dengan sempurna berhasil diraih Didi Petet.

Selain kemampuan akting luar biasa, lanjut Aris, pemeran Kabayan itu juga merupakan guru bagi para seniman pemula. “ Dia bukan sekadar pemain, tapi juga selalu memberi inspirasi kepada seluruh kru Preman Pensiun,” kenang Aris.

“ Di Preman Pensiun itu hanya punya dua aktor yaitu Didi Petet dan Epy Kusnandar, namun mereka selalu bersedia untuk berbagi ilmu.”

Aris tak pernah lupa bagaimana Didi Petet senantiasa memberikan arahan kepada para pemain film pemula dengan rendah hati. “ Sebelum bicara kepada junior-junior, dia selalu mengucapkan maaf baru melanjutkan dengan saran-sarannya agar para pemain bisa berakting dengan lebih baik,” kata lelaki yang juga menyutradarai sitkom Bajaj Bajuri itu.

Semangat Didi untuk berakting juga tak pernah pudar hingga jelang kematiannya. Terbukti sehari sebelum wafat, Didi menyempatkan hadir ke lokasi syuting Preman Pensiun di Bandung meski tidak ada jadwal untuknya.

“ Dia itu minta buat akting, bukan karena ada jadwal. Namun melihat kondisinya yang nampak sangat lelah setelah perjalanannya ke Milan, saya putuskan untuk menunda aktingnya menjadi hari Sabtu,” tutur Aris.

Sayangnya, penundaan itu tidak akan terwujud kembali. “ Kamis, sebelum maghrib Kang Didi pamit untuk pulang ke Jakarta, lalu paginya saya dapat kabar beliau meninggal,” ujar Aris haru.

Meski tidak dapat bekerjasama lagi dengan Didi Petet pada produksi Preman Pensiun 2, Aris mengaku ikhlas. “ Kang Didi sudah menyelesaikan tugasnya (di dunia) dengan sangat baik. Saya berterima kasih beliau sudah sedia bergabung dengan kami selama ini,” tutup Aris Nugraha.

(Ism, Laporan: Kurnia Yunita)

 

1 dari 3 halaman

Meninggal di Hari Jumat, Semoga Terbebas dari Siksa Kubur

Meninggal di Hari Jumat, Semoga Terbebas dari Siksa Kubur

Dream - Indonesia kembali kehilangan sineas legendaris. Didi Widiatmoko atau yang lebih dikenal Didi Petet. Pemeran 'Kabayan' dalam Si Kabayan Saba Kota itu meninggal subuh tadi, Jumat 15 Mei 2015 sekitar pukul 5 pagi.

Pria kelahiran Surabaya 12 Juli 1956 itu meninggal di hari baik, Jumat. Dua seniman Indonesia lainnya, Mpok Nori dan Olga Syahputra juga meninggal di hari Jumat.

Olga Syahputra lebih dulu pergi setelah mengalami perawatan hampir setahun di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura, Jumat 27 Maret 2015.

Sepekan setelah itu tepat di hari ini, Jumat 4 April 2015, Mpok Nori meninggal dunia karena gangguan jantung di Rumah Sakit Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Terbebas dari Siksa Kubur

Bagi umat Islam, Jumat merupakan hari paling istimewa dan memiliki kelebihan dibanding hari-hari lainnya.

Namun benarkah kematian pada hari jumat dianggap sebagai penanda bahwa seorang muslim meninggal dalam keadaan khusnul khatimah (akhir yang baik) dan akan terbebas dari siksa kubur? Ulasan selengkapnya klik di sini. (Ism) 

 

2 dari 3 halaman

Kicauan Terakhir Didi Petet

Kicauan Terakhir Didi Petet

Dream - Sebelum meninggal, Almarhum Didi Petet memang sibuk berat. Si Kabayan ini berperan selaku Ketua Koperasi Pelestarian Budaya Nusantara (KPBN) yang tampil dalam ajang World Expo Milano 2015.

Melongok akun Twitter Didi Petet, @didipetet1, pria ini memang aktif mengunggah foto-foto seputar kegiatan paviliun Indonesia di ajang Expo Milano 2015.

Bahkan satu foto terakhirnya sempat diunggah Didi Petet 15 jam terakhir.

" @indoworldexpo Thank you very much for your warm welcome. I wish you a wonderful #Expo2015! @Inter_id,"  tulis Didi Petet me-retweeted posstingan Roberto Mancini.

© Twitter.com

Legenda sepakbola Italia ini memang tengah mengunjungi paviliun Indonesia dalam ajang tersebut. Tak sendiri, Mancini mengajak sejumlah pemain Inter Milan seperti sang kapten, Rannochia.

© Twitter.com

Seperti diberitakan, Indonesia kembali kehilangan putra terbaik bangsa. Aktor senior Tanah Air, Didi Widiatmoko atau yang lebih dikenal Didi Petet meninggal dunia subuh tadi.

Pria kelahiran Surabaya 12 Juli 1956 itu meninggal dunia sekitar pukul lima pagi tadi.

Pemeran `Emon` dalam `Catatan si Boy` serta tokoh `Kabayan` dalam Si Kabayan Saba Kota itu masih berada di rumah duka, Bambu Apus, Pamulang, Tangerang Selatan.

Aktor yang mangkat di 58 tahun itu dikabarkan menderita asam lambung.

Meninggalnya Didi Petet membuat jagat maya berduka. Netizen banyak mengucapkan duka. 'Didi Petet' masuk trending topics dunia di Twitter. Selamat jalan Kang Kabayan.. !  (Ism) 

 

3 dari 3 halaman

Didi Petet Meninggal Dunia

Didi Petet Meninggal Dunia

Dream - Indonesia kembali kehilangan putra terbaik bangsa. Aktor senior Tanah Air, Didi Widiatmoko atau yang lebih dikenal Didi Petet meninggal dunia subuh tadi.

Pria kelahiran Surabaya 12 Juli 1956 itu meninggal dunia sekitar pukul lima pagi tadi.

Pemeran `Emon` dalam `Catatan si Boy` serta tokoh `Kabayan` dalam Si Kabayan Saba Kota itu masih berada di rumah duka, Bambu Apus, Pamulang, Tangerang Selatan.

Aktor yang mangkat di 58 tahun itu dikabarkan menderita asam lambung.

Meninggalnya Didi Petet membuat jagat maya berduka. Netizen banyak mengucapkan duka. 'Didi Petet' masuk trending topics dunia di Twitter. Selamat jalan Kang Kabayan.. ! (Ism)

Beri Komentar