Dua UMKM Lestarikan Budaya Betawi di Tokopedia, Jadi Kado Manis HUT DKI Jakarta

Reporter : Jeffreydien Winanda
Kamis, 24 Juni 2021 21:00
Dua UMKM Lestarikan Budaya Betawi di Tokopedia, Jadi Kado Manis HUT DKI Jakarta
Dua UMKM ini berikan kado indah pada HUT DKI Jakarta

Tepat pada 22 Juni 2021 kemarin, ibukota DKI Jakarta memperingati hari jadinya yang ke-494. Peringatan HUT DKI Jakarta yang berlangsung di tengah pandemi tetap disambut penuh sukacita dengan rentetan ucapan selamat hingga kado istimewa.

Salah satu kado manis dalam peringatan HUT DKI Jakarta datang dari dua UMKM Lokal yang sukses melestarikan budaya betawi lewat platform Tokopedia. Bagaimana kisah lengkapnya

Produk Lokal hingga Khas Betawi Jadi yang Paling Diburu di Tokopedia

Seperti berkah terselubung, hadirnya pandemi seolah meningkatkan rasa bangga akan produk karya anak negeri. Hal ini dibuktikan dari data Tokopedia yang menunjukkan jika kampanye Bangga Buatan Indonesia membuat transaksi makanan dan minuman meningkat lebih dari 2x lipat, serta fashion item melonjak 6x lipat dibanding sebelumnya.

“ Memperingati HUT ke-494 DKI Jakarta, Tokopedia mencatat asinan sayur Betawi, bumbu soto Betawi dan celana batik harian Betawi menjadi produk khas Betawi yang paling dicari masyarakat selama 2020,” ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Caramia Bangga Angkat Motif Khas Betawi Sebagai Produk Andalan

Thekla Odelia Caramia© 2021 Tokopedia

Setelah menempuh pendidikan desain dan fesyen di Amerika, Thekla Odelia Caramia kembali ke Indonesia dan merintis brand miliknya sendiri bernama Tioria by Caramia. Bisnis yang dijalankan sejak 2017 ini fokus dalam menghasilkan beragam fesyen bertema kekayaan budaya Indonesia, termasuk betawi.

Aneka tren untuk melengkapi OOTD seperti scarf, tote bag, baju tidur, hingga masker menjadi produk andalan dari Tioria by Caramia. “ Semua produk kami desain sendiri dengan mengangkat tema budaya yang unik, mulai dari moda transportasi, tempat wisata hingga ondel-ondel sebagai ikon Jakarta. Warna-warna cerah pun selalu kami gunakan sebagai ciri khas produk kami,” ujar Caramia.

Dengan desain produk yang diminati, Caramia pun memaksimalkan penjualan lewat platform digital seperti Tokopedia. “ Kini sekitar 60% penjualan berasal dari Tokopedia dan penjualan kami pun meningkat 3x lipat dalam masa pandemi,” ujarnya. Dirinya pun berharap agar semakin banyak anak muda yang bangga menggunakan produk lokal, sekaligus turut melestarikan budaya khas betawi yang semakin terkikis oleh zaman.

Lestarikan Budaya Betawi, Ukrumah Ciptakan Bisnis Brilian Lewat Kerajinan Tangan ondel-Ondel

Ukrumah Suda© 2021 Tokopedia

Bukan lagi rahasia umum jika seni dan kebudayaan Indonesia memiliki nilai yang tinggi baik dari segi artistik hingga perwujudannya. Hal inilah yang disadari Ukrumah Suda.

Dirinya menciptakan kerajinan tangan khas Indonesia dan mendirikan bisnis bernama CariSouvenir. Nggak main-main, lewat bisnis ini Ukrumah bisa menciptakan lapangan kerja sekaligus menjaga kearifan budaya dengan menggandeng pengrajin lokal dari Yogyakarta, Pekalongan, Jepara, hingga Bali. Hasilnya pun membanggakan, selain menggerakkan ekonomi, budaya betawi pun tetap lestari lewat kerajinan tangan ini.

“ Melalui CariSouvenir, kami memproduksi sendiri berbagai produk suvenir termasuk ondel-ondel, mulai dalam varian boneka kayu, magnet kulkas, gantungan kunci hingga alat musik Karimba. Bahan kayu dan cat yang kami gunakan pun legal dan ramah lingkungan,” ujar Ukrumah.

Inovasi produk secara berkala membuat produknya selalu diminati pasar. Nggak cuma itu aja, Ukrumah juga memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia untuk memasarkan produknya. “ Lewat Tokopedia, CariSouvenir bisa dikenal lebih banyak masyarakat, termasuk dari Yogyakarta, Jawa Timur, Batam, Aceh, Balikpapan, Bali hingga Gorontalo. Ini tentunya berdampak pada omzet kami yang mencapai Rp60 juta,” tutup Ukrumah.

Ada banyak cara dalam menjaga kearifan lokal yang dimiliki oleh bangsa ini. Lewat inovasi bisnis seperti yang dilakukan Caramia dan Ukrumah pun kebudayaan bisa tetap lestari dan dinikmati oleh banyak orang. Lewat Tokopedia, Caramia dan Ukruma nggak cuma sekadar menggerakkan ekonomi saja, namun juga berhasil menjaga kebudayaan di Tanah Air, termasuk betawi.

Beri Komentar