Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
Dream - Warganet sedang gandrung membagikan foto wajah perempuan berambut panjang. Kebanyakan yang membagikan foto itu merupakan laki-laki.
Fitur itu dibuat oleh Snapchat. Selain mengubah wajah para laki-laki menjadi perempuan, fitur itu juga dapat mengubah wajah perempuan menjadi lebih maskulin.
Filter wajah laki-laki dapat membuat perempuan memiliki jenggot, rambut pendek, dan janggut yang lebih tegas.
Sementara itu, filter perempuan akan mengubah wajah laki-laki tampak bersih, jenggot akan hilang digantikan make-up dan rambut panjang.
I think I’ve made the correct use of this snapchat filter
#ComeSoonYaar pic.twitter.com/39VU1Xa3VA— Rohit Bharati (@vividBharati)May 17, 2019
Dilaporkan CNet, Meski kontroversial, filter ini banyak dicari. Untuk mendapatkannya, pengguna harus memasang Snapchat terlebih dahulu.
Setelah mendaftar dan membuat akun, pengguna dapat mencari filter feminin dan maskulin.
Filter itu ditandai dengan logo wajah laki-laki dan perempuan.
using the snapchat filter on the jongin posters in my room and omg the second one is pretty pic.twitter.com/RkNRevLsOs
— ì��ì�¸ ð�§¸ð��± (@cocoonedsoul)May 12, 2019
Setelah memilih setelah filter, pengguna dapat menghadapkan kamera ke wajah. Nantinya, di layar ponsel, akan terpasang garis-garis wajah untuk menyesuaikan ukuran.
Setelah dipilih, kamera bersiap dan tangkap gambarnya. Selamat mencoba! (Ism)
Dream – Snapchat kembali kehilangan uang US$800 juta (Rp11,08 triliun) karena ulah seorang selebriti. Setelah Kyle Jenner, kali ini aplikasi sosial media itu harus menanggung rugi akibat cuita penyanyi terkenal, Rihanna.
Pelantun lagu " Pon de Reply" marah-marah ke Snapchat. Mengapa?
Dilansir dari CNN, Selasa 2018, Snapchat menampilkan iklan mobile game “ Would You Rather” dan menampilkan dua opsi menampar Rihanna atau meninju Chris Brown? Sekadar informasi, Brown terbukti bersalah karena telah menghajar Rihanna pada 2009.
Melihat iklan ini, dia berang dan membuat pernyataan tertulis di Instagram Story. Dikutip dari akun Instagramnya @badgalriri, dia meminta Snapchat untuk menarik iklannya. Rihanna marah dengan Snapchat yang menampilkan iklan permainan “ menampar” dia.
“ Snapchat, kini kamu sudah tahu bahwa kamu bukanlah aplikasi favorit saya! Tapi, saya mencoba menemukan apa yang menimbulkan kekacauan. Saya memanggilnya ini suatu pengabaian, tapi saya tahu kamu tidak bodoh. Kamu membelanjakan uang untuk menganimasi sesuatu yang menjadikan korban kekerasan menjadi lelucon. Kamu memalukan!” tulis Rihanna dalam bahasa Inggris.
Setelah Rihanna meluapkan kekesalannya, saham Snapchat anjlok 4 persen atau hampir US$800 juta.
Reaksi Snapchat
Jejaring sosial besutan Evan Spiegel menyebut iklan itu menjijikan. Mereka juga sedang menginvestigasi bagaimana itu bisa terjadi.
“ Jadi, kami bisa memastikan kejadian ini tidak terulang,” ujar perusahaan,
Insiden ini menjadi pembelajaran bahwa self-service ad platforms ini berbahaya. Platform ini mengizinkan perusahaan membeli dan memasukkan iklan tanpa negosiasi dengan manusia. Banyak jejaring sosial menggunakan metode ini. Dalam peraturan iklan, Snap menambahkan bahwa subjek iklan bergantung kepada penilaian dan peraturan dan tidak mengizinkan konten yang menampilkan adegan kekerasan.
Chief Strategy Officer and Head of Technology Research di GBH Insight, Daniel Ives, mengatakan hilangnya uang Snapchat karena “ amukan” Rihanna menjadi tantangan besar untuk Snap. Curhatan Rihanna dan iklan kekerasan ini menjadi pukulan bagi Snapchat
“ Media sosial akan terus bermasalah untuk membasmi iklan ofensif. Snap jatuh karena iklan ini,” kata Ives.
(Sah)
Dream - Jangan remehkan kekuatan cuitan pesohor ternama Kylie Jenner di akun Twitter-nya, @kyliejenner. Hanya karena satu tweet, saham perusahaan pemilik Snapchat, Snap Inc, rontok sampai 7,2 persen pada Kamis, 22 Februari 2018.
Penurunan saham itu membuat valuasi Snap Inc langsung anjlok sampai US$ 1,3 miliar, setara Rp17 triliun.
Cuitan yang dibuat Kylie sebetulnya cukup simple. Bunyinya, " Jadi apakah tak ada seorang pun yang menggunakan Snapchat lagi? Atau hanya aku? Ini sangat menyedihkan."
Dilaporkan Time, cuitan itu muncul entah dibuat karena kesibukan Kylie mengurusi sang bayi, redain baru aplikasi Snapchat, yang pasti tweet itu dibalas sampai 24,5 juta pengikutnya di Twitter.
Kalangan analis Wall Street memang mulai mengendus dampak dari perubahan desain Snapchat dan interaksi para penggunanya.
Sementara itu Analis Citigroup Mark May mengatakan penambahan fitur di Snapchat memang memunculkan ulasan negatif. Namun dia belum dapat memastikn adanya hubungan antara cuitan Kyle dengan saham Snapchat yang langsung terjun bebas.
Sebab, sejak melakukan perubahan desain, aplikasi tersebut memang mendapat banyak kritik dari pengguna.
Setelah berkicau mengenai penggunaan Snapchat, Kylie juga berkicau bahwa dia masih menyukai snap.
" (Aku) Masih menyukai snap," tulis Kylie.
(Sah)
Advertisement
Hobi Membaca? Ini 4 Komunitas Literasi yang Bisa Kamu Ikuti
Baru Dirilis ChatGPT Atlas, Browser dengan AI yang `Satset` Banget
Bikin Syok, Makan Bakso Saat Dibelah Ternyata Ada Uang Rp1000
Kemenkeu Siapkan Rp20 Triliun untuk Hapus Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan
5 Komunitas Olahraga di Decathlon Summarecon Bekasi, Yuk Gabung!