Alfamart Bagi-bagi Kupon Rp2 Juta untuk Lawan Corona? Hoax!

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Rabu, 22 April 2020 15:48
Alfamart Bagi-bagi Kupon Rp2 Juta untuk Lawan Corona? Hoax!
Jangan mau ketipu, ya, Sahabat Dream.

Dream – Beredar kabar di Whatsapp, minimarket Alfamart telah menyumbang 6.000 kupon gratis bernilai Rp2 juta.

Dalam pesan berantai itu disebut, kupon itu bisa membantu melawan penyebaran virus corona. Berikut narasi pesannya:

" Alfamart ???? akan menyumbangkan 6.000 kupon gratis senilai Rp 2.000.000 untuk membantu melawan Covid-19. Saya baru saja mengambil voucher saya di sini: ???? https://t.co/R8nJz1ubpQ"

Pada tautan itu muncul sebuah situs yang berisi kolom survei. Namun, apakah benar Alfamart membagikan kupon gratis?

 

1 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com, dikutip pada Rabu 22 April 2020, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart (AMRT) angkat bicara mengenai kabar yang mengklaim Alfamart menyumbang 6.000 kupon gratis senilai Rp 2 juta untuk melawan COVID-19. 

Corporate Communication General Manager AMRT, Nur Rachman menyatakan, kabar Alfamart menyumbang 6 ribu kupon gratis senilai Rp 2 juta untuk melawan COVID-19 tidak benar.

" Itu hoax," kata Nur saat berbincang dengan Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Tidak Gelar Kuis

PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. sebagai pemilik jaringan toko Alfamart menyatakan, perusahaan tidak mengadakan kuis atau kegiatan survei dengan imbalan hadiah seperti yang tertera di website atau situs berikut: 6.000 kupon gratis senilai Rp 2.000.000 untuk membantu melawan Covid-19 dengan link https://t.co/R8nJz1ubpQ.

 

Hoax ya.© Liputan6.com

Kami mohon masyarakat agar waspada terhadap pihak-pihak yang mengatasnamakan Alfamart dengan memberi iming-iming hadiah atau voucher belanja, karena situs tersebut tidak benar dan bukan dari situs resmi kami. Penawaran voucher hanya melalui nomor resmi Whatsapp Alfamart di 08111500959,” ujar Nur.

3 dari 4 halaman

Dilaporkan ke Kominfo

Pihak perusahaan juga telah melaporkan hal ini kepada Direktur Jendral Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, untuk memblokir situs tersebut.

Perusahaan menegaskan bahwa situs itu adalah hoax dan dapat merugikan serta menyesatkan masyarakat.

Perusahaan belum pernah menyelenggarakan survei online dengan iming-iming voucher belanja sebesar Rp2 juta.

Konsumen diharapkan waspada, jika mendapatkan tawaran seperti di atas. Semua yang berkaitan dengan pemberian voucher atau promo oleh Alfamart hanya melalui situs resmi www.alfamartku.com, akun media sosial facebook www.facebook.com atau alfamartku, instagram www.instagram.com atau afamart, twitter www.twitter.com atau alfamart dan nomor resmi WhatsApp Alfamart 08111500959.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar yang tersebar melalui pesan Whatsapp tentang Alfamart membagikan voucher gratis sebesar Rp2 juta merupakan hoax semata.

 

© Dream

 

Pihak Alfamart sendiri tidak pernah menyelenggarakan survei online. Masyarakat diharapkan untuk waspada karena dapat menyesatkan dan segera hubungi call center Alfamart apabila terjadi hal serupa.

 

(Sumber: Liputan6.com/Pebrianto Eko Wicaksono)

Beri Komentar