Inspirasi Mushola Minimalis yang Bikin Ibadah di Rumah Kian Khusyuk

Reporter : Wuri Anggarini
Minggu, 8 September 2019 09:30
Inspirasi Mushola Minimalis yang Bikin Ibadah di Rumah Kian Khusyuk
Intip beberapa inspirasi mushola minimalis berikut ini yang bisa jadi pilihan Sahabat Dream.

Rumah yang nyaman bukan hanya ditentukan oleh luasnya, tapi bisa memenuhi kebutuhan penghuninya. Bagi umat Muslim, salah satu ruangan yang diperlukan adalah mushola. Walau sholat bisa dilakukan di kamar atau ruang tamu, ruangan yang dikhususkan untuk beribadah tentunya bikin suasana jadi lebih tenang dan khusyuk.

Namun, nggak sedikit yang ragu karena rumah yang dibeli secara kredit atau KPR biasanya punya lahan yang terbatas. Tenang, tak perlu ruangan yang terlalu besar, kok. Intip beberapa inspirasi mushola minimalis berikut ini yang bisa jadi pilihan Sahabat Dream.

Manfaatkan Cahaya dan Sirkulasi Udara Alami

Selain nggak memakan banyak ruang di dalam rumah, membuat mushola berdesain minimalis nggak menghabiskan banyak biaya, sehingga cicilan KPR masih terbilang aman. Kamu juga bisa merencanakan tabungan khusus untuk renovasi mushola minimalis yang diinginkan. Jika punya ruangan outdoor yang bersih dan nyaman, bisa difungsikan sebagai mushola. Pastikan saja lantainya bebas kotoran dan gunakan alas untuk menjaga kesuciannya.

Menempatkan mushola di ruang terbuka punya keuntungan tersendiri karena adanya pertukaran udara dan cahaya matahari yang masuk, sehingga ruangan terasa segar dan bebas lembap. Sahabat Dream bisa beribadah dengan tenang tanpa terganggu oleh hawa udara yang pengap.

Manfaatkan Ruangan yang Ada

Rumah terlalu sempit untuk membangun ruangan baru khusus mushola? Coba manfaatkan pojok ruangan lalu beri sekat, baik menggunakan gorden atau sekat kayu yang disejajarkan dengan tembok. Lengkapi dengan rak atau lemari yang digunakan untuk meletakkan alat-alat sholat. Sisa ruang di bawah tangga jangan hanya dibiarkan terbengkalai, tata sebaik mungkin dan gunakan sebagai mushola di rumah.

Gunakan Warna-Warna Lembut

Rahasia untuk membuat ruangan terlihat lebih luas dalah penggunaan warna-warna terang dan lembut seperti putih atau krem. Warna-warna ini ternyata juga mampu membawa atmosfer yang menenangkan sehingga pas jika diaplikasikan untuk mushola minimalis di dalam rumah.

Bukan hanya itu saja, pilih warna cat yang dapat memantulkan cahaya, baik cahaya alami dari sinar matahari maupun lampu yang bikin ruangan jadi lebih terang. Sahabat Dream pun bisa mengaji Al-Quran dengan lebih tenang dan nyaman.

Lengkapi dengan Tempat Wudu

Ruang sholat tidak lengkap tanpa keberadaan tempat untuk berwudu. Untuk di rumah, penggunaan satu keran air saja sudah cukup kok untuk dijadikan tempat wudu untuk seluruh keluarga.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah penempatannya agar cipratan air wudu nggak sampai membasahi tempat solat. Untuk menyiasatinya, gunakan pembatas atau sekat ruangan hingga menaikkan tempat sholat lebih tinggi dari lantai.

Dekorasi Minimalis

Biar lebih nyaman, nggak ada salahnya menempatkan dekorasi di dalam mushola yang ada di rumah. Jangan terlalu banyak atau berukuran besar karena malah bikin ruangan terasa makin sempit. Gunakan karpet berpola mozaik, tambahkan rak-rak sebagai penghias sekaligus tempat penyimpanan alat sholat, hingga pot tanaman hijau yang bikin atmosfer dalam ruangan terasa segar.

Tak perlu menunggu punya rumah berukuran luas atau megah untuk memiliki mushola di dalamnya. Rumah sederhana yang dibeli dengan cara KPR pun bisa dilengkapi dengan ruangan khusus yang bikin ibadah kian khusyuk. (eth)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik