Menjajal Mobil Listrik Wuling Air EV dari Sisi Penumpang: Lihai Manuver Zig-Zag, Getaran Minim

Reporter : Shania Suha Marwan
Minggu, 21 Agustus 2022 06:30
Menjajal Mobil Listrik Wuling Air EV dari Sisi Penumpang: Lihai Manuver Zig-Zag, Getaran Minim
Dalam artikel ini kita akan membagikan impresi mencoba naik mobil Wuling Air EV!

Dream - Wuling Motors secara resmi meluncurkan mobil listirk pertamanya Air EV secara global pada 11 Agustus 2022, tepatnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Kendaraan listrik compact ini mampu membawa penumpang hingga 4 orang. 

Mengusung dua tipe, Wuling menghadirkan Wuling Air EV Standart Range yang dibanderol seharga Rp 238 juta. Sementara untuk versi yang lebih panjang (Long Range) dipatok lebih mahal Rp57 juta atau Rp 295 juta. 

Dilihat dari desainnya, mobil listrik Wuling dirancang untuk memenuhi kebutuhan perjalanan di kawasan perkotaan. Namun Wuling telah menambahkan sejumlah fitur canggih terutama pengisian daya baterai yang bisa dilakukan dari rumah.  

Setelah menggelar masa prapemesanan (pre-book) dari 11 Juli-10 Agustus 2022, Wuling Air EV akan bisa dikendarai penggunanya sekitar awal September 2022. 

Jelang penyerahan kendaraan, Redaksi Dream berkesempatan untuk menjajak Wuling Air EV dalam event First driving Impression Wuling Air EV yang digelar 15-18 Agustus 2022 di Nava Park, BSD lalu. 

1 dari 4 halaman

Jika kebanyakan sudut pandang dilihat dari sisi pengendara, Jurnalis Dream Shania Suha Marwan dari Dream.co.id menjajal kendaraan listrik ini dari sisi penumpang. Dalam kesempatan ini, jurnalis Dream duduk di bagian bangku penumpang saat mengendarai Wuling Air EV. 

Sebelum menjajal trek sesungguhnya di jalanan, kendaraan ini dibawa ke berbagai situasi buatan yang umumnya kita temukan saat berkendara. Kemampuan Wuling Air EV diuji mulai dari tanjakan untuk menunjukan kemampuan pengeremannya. 

Dari hasil pengujian, fitur Hill Hold Control dan Auto Vehicle Holding terasa bekerja maksimal menahan mobil di saat pedal rem dalam keadaan tidak diinjak. Jadi Sahabat Dream yang sering kali panik melihat jalan menanjak bisa sedikti bernapas lega saat mengendarai mobil listrik ini.   

© Foto: Shania Suha Marwan

2 dari 4 halaman

Puas dengan kemampuan diam di jalan menanjak, Wuling Air Ev yang memiliki dimensi compact, yaitu berukuran 2.974 mm x 1.505 mm x 1.631 mm dengan radius putar 4,3 m, diuji dalam kemapuannya melakukan manuver u-turn dan zig-zag.

Ukuran kecil yang sengaja dibuat untuk versi Standard Range ini memang cukup unik dan memiliki kelebihan tersendiri. 

Dengan ukuran itu, Wuling Air EV dapat melaju zig-zag dengan cukup lincah melewati rintangan yang dibuat menggunakan cone pembatas. Dari pengujian ini, mobil listrik Wuling sepertinya cocok digunakan buat kamu yang memiliki rumah dengan ukuran jalan cukup sempit dan berbelok-belok. 

© Foto: Shania Suha Marwan

Kamu tak perlu khawatir ketika melewati jalanan sempit, bahkan gang sekalipun, karena Wuling Air EV dengan ukurannya yang kecil bisa dengan bisa mudah melewatinya. 

3 dari 4 halaman

Beralih ke bagian kabin, Wuling Air EV mampu meredam suara bising di luar ruangan ketika kendaraan mulai berjalan.

Perbedaan terasa antara kabin penumpang di bagian belakang dan depan. Jurnalis Dream yang sengaja duduk di kursi penumpang merasakan adanya perbedaan.

Dengan desain yang memang dibuat compact untuk versi Standard Range, postur jurnalis Dream yang memiliki tinggi rata-rata merasakan ruang jarak dengan kabin depan yang cukup pendek. 

© Foto: Shania Suha Marwan

Namun hal berbeda dirasakan pengendara karena ruangan terasa lebih lapang dengan jarak antara kursi dan dashboar tak terlalu pendek.

Dari pengalaman ini, Wuling Air EV versi sepertinya cocok untuk mereka yang baru mulai berkeluarga dengan usia anak-anak yang anak masih kecil karena masih terasa lebih lapang untuk mereka.

4 dari 4 halaman

Yang cukup membuat Jurnalis kagum adalah Wuling Air EV dengan ukurannya kecil tak terasa bergetar ketika menjajal medan buatan yang dilibasnya. 

Penasaran dengan keseruan mencoba mobil Wuling Air EV? Langsung aja tonton videonya di TikTok-nya Dream.co.id 

@dreamcoid Jajal Langsung Mobil Listri Wulling Air ev, Cocok untuk Rumah di Gang! @wulingmotorsid ♬ original sound - Dream.co.id

 

Beri Komentar