Kucing Busok, Anabul Asli Madura yang Lagi Diperjuangkan Buat Diakui Dunia

Reporter : Wuri Anggarini
Kamis, 1 Juli 2021 08:00
Kucing Busok, Anabul Asli Madura yang Lagi Diperjuangkan Buat Diakui Dunia
Ternyata, Indonesia disebut-sebut punya kucing ras asli bernama Buso, lho!

Selama ini, banyak catlover yang mungkin mengenal beberapa ras kucing populer. Tapi kebanyakan berasal dari luar negeri seperti Persia, Himalaya, Munchkin, Anggora, hingga Sphynx. Ternyata, Indonesia disebut-sebut punya kucing ras asli bernama Busok. Hanya ditemukan di Pulau Raas, Madura, anabul ini lagi diperjuangkan untuk mendapatkan pengakuan internasional, lho.

1 dari 4 halaman

Fisik Mirip Leopard

Kucing Busok, Anabul Asli Madura yang lagi Diperjuangkan Buat Diakui Dunia© Shutterstock

Dibandingkan ras yang banyak dipelihara di Indonesia, kucing Busok ini dijamin sukses mencuri perhatian. Tampil menonjol dengan bulu tebal berwarna abu-abu kebiruan polos, anabul ini punya kemiripan warna dan tekstur bulu pendek dari ras Russian Blue dan British Shorthair. Selain warna dan tekstur bulu, bentuk wajah dan postur tubuhnya akan mengingatkanmu pada sosok leopard atau kucing hutan.

Ciri unik lainnya, telinganya berdiri tegak dan panjang, dengan ujung runcing. Selain itu, ekornya cenderung pendek dan membulat di bagian ujungnya, sedangkan telapak kakinya memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan bulu pada anggota tubuh lainnya.

2 dari 4 halaman

Dikaitkan dengan Mitos

Kucing Busok, Anabul Asli Madura yang lagi Diperjuangkan Buat Diakui Dunia© Shutterstock

Kucing Busok menjadi satwa endemik yang ada di Pulau Raas, pulau karang yang berjarak 5-6 jam perjalanan laut dari Sumenep. Tak mudah untuk mencapai pulau ini, sehingga di tahun 1990an, kucing Busok ini sempat dijadikan cinderamata sebagai hadiah untuk para tamu istimewa yang datang berkunjung.

Tradisi ini akhirnya dilarang oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep karena semakin langkanya keberadaan anabul ini di habitatnya. Selain itu, ada berbagai mitos yang berkembang, misalnya siapa saja yang membawa kucing Busok keluar Pulau Raas akan mendapat nasib buruk. Bukan hanya yang berkaitan dengan mistis, dulu kucing ini dipercaya menjadi peliharaan kalangan bangsawan dan kiai yang bikin rasnya tetap murni, karena warga sekitar segan mengawinkannya dengan jenis kucing lainnya.

3 dari 4 halaman

Keberadaannya Langka

Kucing Busok, Anabul Asli Madura yang lagi Diperjuangkan Buat Diakui Dunia© Shutterstock

Selain pernah dijadikan buah tangan spesial, keberadaan kucing Busok ini semakin langka. Terkadang hanya lahir satu anakan dalam setahun, membuat jumlahnya hanya sekitar 100 ekor saja di tahun 2018. Selain itu, gen letal yang muncul karena perkawinan kucing antar keluarga ini bikin anakan jarang bertahan hingga dewasa.

4 dari 4 halaman

Perjalanan Panjang Diakui Dunia

Kucing Busok, Anabul Asli Madura yang lagi Diperjuangkan Buat Diakui Dunia© Shutterstock

Kesulitan menemukan kucing Busok untuk diteliti nyatanya tidak menghalangi keinginan untuk menjadikan ras ini diakui oleh dunia. Dianggap sebagai bagian dari ras kucing Asia lewat ekor yang bengkok di ujungnya, peneliti juga melihat kemiripan ras ini dengan kucing Korat dari Thailand.

Untuk mendapat pengakuan dunia, minimal ada dua tahapan yang harus dilalui. Pertama, membuktikan kemurnian gen yang dimiliki kucing Busok sampai 3 generasi dan melakukan presentasi dalam forum internasional World Cat Congress.

Kucing Busok, Anabul Asli Madura yang lagi Diperjuangkan Buat Diakui Dunia© Dream

Sebagai catlover, ada baiknya membiarkan kucing Busok di habitat aslinya demi mendukung usaha untuk mendapatkan pengakuan dunia. Tunjukkan kasih sayang pada kucing-kucing yang ada di rumah dengan memberinya cat food terbaik dari Muezza. Sehat, aman, dan halal, dapatkan empat variasi rasanya di Shopee dan Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

Beri Komentar