8 Manfaat Kapas untuk Kehidupan Sehari-hari Selain Bahan Sandang

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 10 Mei 2022 06:12
8 Manfaat Kapas untuk Kehidupan Sehari-hari Selain Bahan Sandang
Kapas memiliki tekstur yang lembut sehingga nyaman digunakan.

Dream – Kapas menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Kapas yang berasal dari tanaman dan cukup banyak dijumpai di Indonesia dapat diketahui dari bentuknya berupa serat-serat halus berwarna putih. Dari kapas manusia bisa mengolahnya menjadi berbagai kebutuhan manusia.

Kebanyakan orang hanya mengetahui kapas ketika sudah menjadi produk jadi saja. Padahal di balik beragam manfaatnya, tumbuhan kapas harus melalui proses yang cukup panjang untuk bisa dipakai dan diolah menjadi berbagai produk yang digunakan manusia.

Sahabat Dream biasanya menggunakan kapas untuk membersihkan wajah, membuat pakaian dengan berbagai macam model, atau isi dari bantal untuk tidur. Kapas juga banyak digunakan di dunia medis.

Nah, berikut adalah berbagai manfaat kapas yang perlu kamu ketahui sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui manfaat.co.id.

1 dari 4 halaman

Manfaat Kapas bagi Manusia

Manfaat Kapas bagi Manusia© Unsplash.com

Bahan Membuat Benang

Manfaat kapas yang pertama adalah sebagai bahan untuk membuat benang. Dari benang inilah yang nantinya bisa diolah kembali menjadi berbagai macam produk yang berguna dan memiliki nilai tinggi. Benang dari serat kapas akan diolah oleh pabrik tekstil serta konveksi atau bisa juga dijual kembali dalam bentuk benang gulungan. Benang akan dijahit menjadi berbagai macam produk. Misalnya saja menjadi saputangan, sprei, dan masih banyak lagi.

Sebagai Bahan Utama Membuat Baju

Bahan katun yang nyaman digunakan sehari-hari adalah berbahan dasar dari serat kapas. Bisa sahabat Dream lihat secara langsung di toko-toko pakaian, betapa banyaknya model pakaian berbahan katun dan selalu diburu oleh masyarakat.

Bahan katun yang berasal dari serat kapas bisa diolah lagi menjadi kaos, kemeja, celana, dan pakaian-pakaian lainnya yang banyak menarik perhatian. Tak hanya itu saja, bahkan bahan dari serat kapas ini memiliki keunggulan. Yakni mudah menyerap keringat, kuat, sejuk saat digunakan pada suasana yang panas, dan bisa divariasi dalam bentuk sablon.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kapas bagi Manusia

Manfaat Kapas bagi Manusia© Freepik.com

Kapas Kecantikan

Bagi sahabat Dream yang baru menyelesaikan aktivitas di luar rumah, saat pulang biasanya akan segera membersihkan wajah terlebih dahulu dengan cairan pembersih wajah dan tak lupa kapasnya. Kapas ini biasanya dikemas dalam plastik dan berisi lembaran-lembaran.

Nah, dengan kapas ini kamu bisa membersihkan wajah dengan terlebih dahulu menuangkan cairan pembersih. Karena warna kapas yang putih, akan mudah sekali terlihat kotoran dari wajahmu yang terangkat dan menempel di kapas.

Membuat Spons Bedak

Manfaat kapas lainnya adalah untuk membuat spons bedak. Ya, bedak menjadi salah satu benda kecantikan yang sangat diperlukan, terutama para perempuan. Dengan ada spons, maka bedak bisa melekat di kulit wajah dengan merata dan sempurna. Bahkan spons juga memudahkan kerja manusia dalam merias wajahnya agar tampil memukau. Selain itu, tekstur spons yang lembut, tentunya nyaman sekali untuk digunakan berkali-kali.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kapas bagi Manusia

Manfaat Kapas bagi Manusia© Unsplash.com

Dijadikan Hiasan

Manfaat kapan juga bisa dijadikan sebagai hiasan. Hal ini bisa sahabat Dream lihat ketika hari Natal tiba. Hari Natal biasanya identik dengan pohon Natal yang dihiasi dengan pernak-pernik di beberapa sisinya. Salah satu hiasan pohon Natal yang digunakan adalah kapas.

Nah, kapas ini bisa diibaratkan sebagai salju yang berwarna putih dan berada di beberapa bagian pohon Natal. Lalu, ketika membuat gambar santa claus atau membuat patungnya, bisa juga memberikan kapas sebagai jenggotnya agar terlihat seperti betulan.

Sebagai Komoditi Ekspor

Kapas adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan baik di negara beriklim tropis. Dan Indonesia menjadi negara yang banyak menghasilak tanaman kapas. Ini tentu saja bisa menjadi komoditi ekspor yang sangat menjanjikan. Di mana ketika mengeskpor ke negara lain, maka akan meningkatkan pemasukan negara.

Secara otomatis hal ini juga akan meningkatkan pendapatan per kapita di suatu negara dengan adanya kegiatan ekspor tersebut. Jadi, itulah mengapa penting sekali agar tanaman kapas terus dikembangkan dan mendatangkan keuntungan bagi negara.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kapas bagi Manusia

Manfaat Kapas bagi Manusia© Unsplash.com

Dijadikan Cotton Bud

Meski sederhana, namun cotton bud menjadi hal yang sangat dibutuhkan terutama di Indonesia. Dan salah satu bahan membuat cotton bud adalah kapas. Kapas memiliki tekstur yang lembut sehingga bisa digunakan untuk membersihkan telinga.

Selain itu, cotton bud juga bisa membantu untuk merias wajah, produk kebersihan bayi, hingga membersihkan suatu peralatan yang bentuknya kecil. Jadi, meski sederhana, cotton bud menjadi kebutuhan yang penting dalam kehidupan manusia.

Plester Luka

Manfaat kapas berikutnya adalah sebagai plester luka. Ya, kapas juga sangat dibutuhkan dalam dunia medis, terutama jika ada seseorang yang memiliki luka. Kapas akan diolah menjadi produk perban serta plester. Nantinya kedua barang tersebut akan menjadi pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan.

Perban dan plester digunakan untuk membalut luka agar tidak mudah terinfeksi serta membalut tulang yang mengalami patah tulang. Dengan begitu, kondisinya tidak akan semakin parah.

Beri Komentar