Manfaat Plank untuk Bentuk Postur Tubuh, Ketahui Cara dan Kesalahan yang Kerap Dilakukan

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 2 September 2022 10:13
Manfaat Plank untuk Bentuk Postur Tubuh, Ketahui Cara dan Kesalahan yang Kerap Dilakukan
Manfaat plank akan membentuk tubuh agar lebih ideal dan sehat.

Dream - Olahraga penting dilakukan agar memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Olahraga bisa dilakukan di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Bagi kamu yang mager keluar untuk berolahraga, kamu tetap bisa melakukannya di rumah, lho.

Banyak gerakan olahraga untuk workout di rumah, seperti sit up, crunch, dan plank. Olahraga ini dilakukan untuk melatih kekuatan otot. Otot yang rutin dilatih akan mengurangi cedera dan mempertahankan mobilitas.

Salah satu latihan untuk kekuatan otot adalah plank. Gerakan plank mudah dilakukan sekaligus menantan. Plank melibatkan otot lengan, kaki, dan perut sehingga cara ini cocok sebagai upaya mengecilkan perut.

Rutin melakukan plank setiap hari akan memberikan manfaat besar bagi tubuh. Manfaat plank akan membentuk tubuh agar lebih ideal dan sehat.

Berikut manfaat plank untuk tubuh yang akan kamu dapatkan jika dilakukan tiap hari, dirangkum Dream dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Manfaat Plank untuk Bentuk Postur Tubuh

1. Meningkatkan Fleksibilitas

Manfaat plank yang pertama adalah mampu meningkatkan fleksibilitas tubuh. Tubuh yang fleksibel akan mengurangi risiko cedera saat melakukan aktivitas berat.

Fleksibilitas tubuh bukan hanya didapat dengan meregangkan tubuh hingga batasnya, tetapi juga dengan melakukan latihan ketahanan seperti gerakan plank.

Posisi menahan saat plank, akan memperluas dan meregangkan semua otot posterior punggung dan juga kaki. Akibatnya semua otot tubuh akan semakin kuat dan meregang dengan sempurna.

2. Memperkuat Otot Punggung

Manfaat plank yang kedua adalah memperkuat tulang belakang dan otot perutmu, sehingga akan menghasilkan postur tubuh yang kuat.

Postur tubuh yang lebih baik akan membantu menyelaraskan tulang belakang. Alhasil, ligamen di tulang belakang akan kuat dan bisa mencegah cedera punggung yang menyakitkan hingga penyakit serius lainnya.

2 dari 5 halaman

3. Perbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang ideal menjadi dambaan banyak orang. Untuk mendapatkan postur yang diinginkan, kamu harus melakukan olahraga. Salah satunya adalah gerakan plank. Manfaat plank akan membuat postur tubuhmu makin bagus. Posisi plank hampir sama dengan posisi berdiri yang mengharuskan tubuh tegak dengan bahu ke belakang dan perut ditarik ke dalam.

Latihan plank akan membuat tulang dan persendian tetap sejajar dan meningkatkan kerja otot secara keseluruhan. Tentu saja hal ini menjadi cara untuk memperbaiki postur tubuh.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat plank berikutnya akan membantumu menyukseskan program menurunkan berat badan. Melakuan plank secara rutin ialah cara terbaik untuk melatih kekuatan otot inti, yang memastikan Sahabat Dream membakar kalori setiap hari.

Dengan memiliki otot yang kuat, kamu mendapatkan keuntungan tambahan karena memungkinkan pembakaran kalori yang lebih banyak bahkan saat kamu sedang istirahat. Syaratnya kamu harus rutin melakukan plank dengan maksimal.

3 dari 5 halaman

5. Memperkuat Otot Inti

Manfaat plank yang dilakukan rutin setiap hari juga akan membangun kekuatan otot inti. Cara melakukan plank yang benar melibatkan penggunaan keempat otot perut yang meratakan perut dan menstabilkan inti dari depan ke belakang.

6. Jaga Kesehatan Tulang

Telah disinggung sebelumnya, manfaat plank juga membuat tulang menjadi lebih baik. Dengan melakukan plank rutin akan meningkatkan sirkulasi darah yang sehat di persendian yang memungkinkan mereka untuk bergerak dengan lancar satu sama lain. Latihan menahan beban tubuh ini menciptakan jaringan tulang baru yang menghasilkan pembentukan tulang yang lebih kuat.

7. Memperbaiki Mood

Stres merupakan masalah yang bisa menyebabkan gangguan pada tubuh. Sebab stres menguras energi dan menyebabkan gangguan mental.

Melakukan gerakan plank bisa memperbaiki mood dan mengurangi stres. Plank ialah cara yang bagus untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati secara instan.

Otot yang tegang juga akan membuat pikiran menjadi tegang. Sementara gerakan plank membantu meregangkan otot-otot yang tegang sehingga akan membantu mengurangi stres dan membuat mood lebih bagus.

4 dari 5 halaman

Cara Melakukan Plank yang Benar

Agar mendapat manfaat plank, kamu harus melakukannya dengan cara yang benar. Berikut cara plank yang benar dikutip dari Times of India.

  1. Hadapkan seluruh tubuh ke bawah dan angkat lutut, kaki dan tanganmu. Luruskan kaki agar kuat menahan bobot tubuh.
  2. Pastikan kakimu terbuka selebar bahu dan telapak tanganmu tepat di bawah bahu. Jadikan tanganmu sebagai tumpuan.
  3. Rentangkan tulang belakang dan kencangkan otot perut, lengan serta kaki. Perpanjang bagian belakang leher dan lihat ke bawah.
  4. Tahan posisi ini setidaknya selama satu menit dan kemudian kembali ke posisi normal.
5 dari 5 halaman

Kesalahan Saat Plank

Beberapa kesalahan saat melakukan plank akan mengurangi manfaatnya. Berikut kesalahan yang perlu kamu hindari saat melakukan gerakan plank:

  1. Memposisikan bokong terlalu tinggi atau rendah.
  2. Melengkungkan tulang belakang.
  3. Tidak meluruskan leher.
  4. Posisi siku dan bahu tidak lurus.
  5. Tangan harus selebar bahu.

Demikian itulah manfaat plank yang rutin dilakukan tiap hari lengkap dengan tata cara dan kesalahan yang kerap dilakukan. Jika kamu ingin mendapatkan postur yang bagus, perut yang rata, dan otot yang kuat, maka cobalah untuk melakukan plank secara rutin.

Beri Komentar