Sedia Payung Sebelum Hujan, Begitu Pula Ketika Hendak Berkendara. (Foto: Shutterstock)
Dream – Ibarat pepatah sedia payung sebelum hujan, pengendara sepeda motor juga perlu berjaga-jaga untuk menghadapi musim penghujan. Payung yang dimaksud adalah persiapan agar bisa tetap bekerja atau beraktivitas ketika hujan turun.
“ Ada tiga ‘payung’ yang perlu dipersiapkan pengendara sebelum berkendara sepeda motor pada musim penghujan,” kata Business Development Division Head PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance), Tanny Megah Lestari, di Jakarta, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 30 Januari 2019.
Tanny mengatakan, persiapan yang pertama adalah pengecekan kondisi kendaraan sebelum berkendara. Misalnya, mobil harus dicek mulai dari ban, lampu, sampai wiper.
Yang ke dua, pengendara juga harus memperhatikan kondisi tubuh. “ Pengendara harus berada dalam keadaan yang fit karena berkendara dalam kondisi hujan membutuhkan konsentrasi dan kehati-hatian yang lebih tinggi dibanding kondisi normal,” kata dia.
Terakhir adalah perlindungan asuransi. Meskipun sudah mengecek kondisi kendaraan dan tubuh, Tanny mengatakan risiko bisa datang kapan saja, apalagi saat ini musim hujan.
“ Pengendara harus memiliki perlindungan asuransi,” kata dia.
Tanny mengatakan pihaknya memiliki produk asuransi kendaraan bermotor, yaitu Autocillin. Produk tersebut memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari kecelakaan di jalan raya, huru hara, kerusuhan, hingga perlindungan untuk pengemudi dan penumpang kendaraan tersebut.
Pengendara yang ingin mendapatkan perlindungan dari bencana alam bisa memperluas asuransinya dengan manfaat dari risiko bencana alam.
“ Dengan perluasan bencana alam, pengendara bisa dijamin dari kerugian karena bencana alam, termasuk hujan es, banjir, dan lainnya. Tanpa adanya perluasan manfaat, maka tidak akan dijamin,” kata dia.
Tanny mengatakan produk asuransi kendaraan bermotor Adira Insurance tumbuh baik. Hingga September 2018, pertumbuhan pendapatan premi asuransi kendaraan bermotor itu mencapai 10 persen.
Dia berkata, pengendara bisa menghubungi Adira Care atau channel penjualan lainnya. Proses klaim bisa dilakukan melalui aplikasi di smartphone, Autocillin Mobile Claim.
“ Pemilik kendaraan cukup memfoto bagian kendaraan yang rusak, lalu mengantar mobilnya ke bengkel. Apabila tidak memiliki waktu yang cukup ke bengkel, Adira Insurance siap melakukan pick up and delivery service untuk kendaraan pelanggan,” kata dia.
Advertisement
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
UU BUMN 2025 Perkuat Transparansi dan Efisiensi Tata Kelola, Tegas Anggia Erma Rini
Masa Tunggu Haji Dipercepat, dari 40 Tahun Jadi 26 Tahun
Viral Laundry Majapahit yang Bayarnya Hanya Rp2000
NCII, Komunitas Warga Nigeria di Indonesia
Azizah Salsha di Usia 22 Tahun: Keinginanku Adalah Mencari Ketenangan
Penampilan Alya Zurayya di Acara Dream Day Ramadan Fest 2023 Day 6
Benarkah Gaji Pensiunan PNS Naik Bulan Ini? Begini Penjelasan Resminya!
Timnas Padel Indonesia Wanita Cetak Sejarah Lolos ke 8 Besar FIP Asia Cup 2025
Hore, PLN Berikan Diskon Tambah Daya Listrik 50% Hingga 30 Oktober 2025
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
Hasil Foto Paspor Shandy Aulia Pakai Makeup Artist Dikritik, Pihak Imigrasi Beri Penjelasan
Zaskia Mecca Kritik Acara Tanya Jawab di Kajian, Seperti Membuka Aib