Oki Setiana Dewi Buat Gebrakan Baru di Fesyen

Reporter : Nur Ulfa
Senin, 18 November 2019 08:12
Oki Setiana Dewi Buat Gebrakan Baru di Fesyen
Oki membuat hijab dari bahan prisket

Dream - Di tengah kesibukan berdakwah, Oki Setiana Dewi tetap menggeluti dunia fesyen. Bahkan dia berhasil membuat gebrakan baru.

Berkolaborasi dengan Irna Mutiara, Oki memamerkan sejumlah koleksi rancangannya. Dia memperkenalkan desain pakaian syar'i terbarunya berlabel Tyana Dress.

" Konsepnya kolaborasi menyatukan dua ide, dua inspirasi, profesi juga. Tadi hasilnya kita membuat busana yang karakternya bisa dipakai untuk pesta dan sehari-hari," kata Irna di acara ISEF,JCC Senayan, Jakarta, Jumat 15 November 2019.

Tyana Dress terdiri dari kombinasi dua item dalam satu busana. Oki memadukan inner dengan outer.

Untuk bahannya Oki dan Irna menggunakan Shifon untuk inner. Sedangkan outer menggunakan bahan tile. Untuk koleksi ini, ada empat warna yang dipilih yaitu merah, mocca, ungu dan biru.

 Osd

(Foto : Deki Prayoga)

" Kita suka elegan dan feminim, jadi karakter yang ditonjolkan bajunya simpel tapi elegan dan anggun," kata Oki.

Selain baju syar'i, Oki juga mengeluarkan koleksi hijab dan niqab terbarunya. Uniknya hijab untuk seri Tyana Dress menggunaian kain jenis plisket, bahan yang sering digunakan untuk rok.

" Kerudung syari ada banyak jenis bentuknya. Plisket ini dibuat gaya macem-macem nggak mau monoton, kita buat syar'i, siluetnya longgar," tutur Oki.

 Oks


Untuk inner, Oki mendesain ready to wear. Sedangkan untuk outer dibuat berdasarkan pesanan. Untuk harganya inner dibanderol Rp700 ribu dan outer Rp1,5 juta.

1 dari 5 halaman

Ramai Isu Cadar, Oki Setiana Dewi: 'Negara Butuh Proses'

Dream - Penggunaan cadar dan celana cingkrang beberapa pekan lalu menjadi perbincangan hangat. Wacana larangan memakai dua model busana di instansi pemerintahan menuai pro dan kontra.

Oki Setiana Dewi turut buka suara menanggapi isu tersebut. Sebagai artis, pedakwah dan desainer muslimah, Oki berharap pemerintah bisa menerima pemakaian cadar.

 Ricis Tunjukan Isi ATM, Oki Setiana Dewi Geram

" Niqab (cadar) sesuatu yang bagus kalau wajahnya menawan dan ingin melindungi diri dari fitnah. Fungsinya sebagai pelindung, sama halnya dengan jilbab," ujar Oki di gelaran ISEF, Jakarta, Jumat 15 November 2019.

Kerap menerima tatapan ragu dari banyak orang ketika berbusana syar'i, Oki tak menampik jika reaksi masyarakat dan pemerintah terkait pemakaian cadar memang membutuhkan proses panjang.

" Tahun 1980-an masih sulit diterima, begitu juga busana syar'i di tahun 2008. Pada saat itu saya dari atas kepala sampai ujung kaki dilihatin orang," ungkapnya.

2 dari 5 halaman

Layaknya Busana Syar'i

Namun kakak Ria Ricis menilai setidaknya kini sudah banyak wanita yang mau tampil syar'i. Hal ini tidak lepas dari fungsi pelindung hijab itu sendiri.

Padu padan yang tersedia di pasaran juga semakin beragam sehingga tak lagi monoton.

 Ricis Tunjukan Isi ATM, Oki Setiana Dewi Geram

Ia berharap, pemakaian cadar bisa lebih diterima masyarakat layaknya busana syar'i.

" Sekarang banyak yang pakai baju syar'i ke mall, ke kantor dan sebagainya. Kalau niqab, negara perlu proses dan negara perlu menerima, negara butuh menerima," tutur pemain film 'Ketika Cinta Bertasbih.

Di gelaran Indonesia Sharia Economic Festival (2019), desainer 30 tahun itu juga memamerkan koleksi muslimah syar'i yang dilengkapi cadar hasil kolaborasi Irna Mutiara. Oki mempersembahkan delapan busana bernuansa anggun nan elegan.

3 dari 5 halaman

Jarang Diketahui, Oki Setiana Dewi Cerita Kebaikan Hati Ria Ricis

Dream - Oki Setiana Dewi membeberkan kebaikan hati adiknya, Ria Ricis, yang jarang diketahui publik. Ibu tiga anak itu menceritakan jika Ria rutin memberikan donasi untuk Rumah Alquran Maskanul Huffadz yang dikelolanya.

" Dia menyedekahkan 10 persen dari hartanya untuk membantu yatim piatu, mualaf, dhuafa tersebut. Itu di tempat saya, tidak tahu di tempat lain," ujar Oki Setiana Dewi di Jakarta Convention Center, Jakarta Rabu 13 November 2019.

Pemain film Ketika Cinta Bertasbih ini mengatakan, Ricis termasuk tipe wanita yang sangat taat dalam beramal. Yang tak diketahui publik, kegiatan amal yang sering terekam Ricis di konten Youtube sebetulnya hanya bagian kecil dari kebiasaan adiknya itu.

 Oki Setiana Dewi

Foto : Deki Prayoga/Dream

" Itu hanya sebagian kecil saja dari seluruh sodaqoh yang dia berikan untuk anak-anak yatim piatu, mualaf, dhuafa, di yayasan saya," tutur Oki.

Istri dari Ory Vitrio ini sangat berterima kasih atas santunan dari adik tersayangnya itu. Dengan bantuan tersebut, Oki bisa membiayai kebutuhan santri hingga honor para guru.

Selain Ricis, wanita 30 tahun ini juga mengucapkan terima kasih kepada donatur lain yang telah bergabung dalam yayasan Maskanul Huffadz ini. 

" Semoga berkah terucapkan InsyaAllah," kata dia.(Sah)

4 dari 5 halaman

Oki Setiana Dewi Unggah Foto Lawas, Wajah Ria Ricis Disorot

Dream - Okie Setiana Dewi mengunggah foto lama di akun instagramnya. Foto itu menunjukan Oki yang sedang menjalani prosesi wisuda sarjana di Universitas Indonesia.

Wanita yang kini memiliki tiga orang anak ini tampak cantik mengenakan toga dan kerudung hitam.

Dalam proses kelulusan itu, Okie tak datang sendiri. Tampak dalam unggahannya, sosok ibunya Yunifah Lismawati yang mengenakan pakaian berwarna merah bersama sang adik Ria Yunita yang kini tenar dengan sebutan Ria Ricis. 

Ria tampak cantik datang ke acara wisuda sang kakak dengan pakaian berwarna abu-abu.

"Masih dalam rangka beres-beres album lama , ketemulah foto wisuda S1 saya dulu. Saya cukup lama menjadi warga depok lho, hinggA hafal semua nomor angkot Depok. Oh ya, saya alumni SMA 1 Depok dan menyelesaikan S1 di UI Depok #fotozamandulu #nostalgia," tulis Okie Setiana Dewi, diakses Dream, Kamis 5 Juli 2018.

Namun netizen tidak terlalu banyak memberikan perhatian pada wajah istri Ory Vitrio. Warganet justru salah fokus melihat penampilan sang adik.

Ria Ricis yang terkenal sebagai sosok wanita pecicilan dalam setiap unggahan Youtubenya tampil sangat berbeda. Dia mengenakan gamis pasang dan kerudung menutup dada. Berbagai komentar pun dituliskan warganet pada foto Ria Ricis.

"Cantikan ricis yg dulu yang kalem. Sekarang biyayaan," kata akun @riyant_adi.

"Kak @riaricis1795 dulu kurus banget kak kaya Batang bambu," tulis akun @d_rahwat.

Ka ricis pernah kurus @riaricis1795," tulis akun @elfiramadhanii_.

"kaka icis lucu distu," tulis akun @suswatiajah860.

(Sah)

5 dari 5 halaman

Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi Bagi-bagi Umroh Gratis

Dream- Semakin berkembangnya bisnis kue kekinian Surabaya Patata, Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis mengajak para pembelinya untuk berangkat umroh gratis. Syaratnya, setiap pembelian tiga kotak Surabaya Patata akan diberikan kupon undian.

"Nantinya, mereka yang mendapat kupon undian, wajib mengisi data diri sesuai dengan yang tertera dalam kupon undian," kata Oki Setiana Dewi lewat keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 23 Maret 2018.

Rencanya, kakak beradik itu akan mengajak para pembelinya untuk berangkat umroh gratis pada tahun ini. "Kami akan undi pada awal bulan Juni, sebelum hari Raya Idul Fitri," ucap Oki.

Oki berharap, kegiatan sosial ini bermanfaat bagi orang lain. "Kami berharap, dengan adanya program umrah gratis ini, kita bisa berbagi dan memberi kebahagiaan kepada saudara-saudara kami yang beruntung," tutur Oki.

Ibu tiga anak ini ingin kegiatan tersebut bisa dilakukan setiap tahunnya. Berjalan lancar dan tidak ada halangan apapun.

"Semoga acara ini bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun. Bisa terlaksana dengan lancar sampai hari pengundian dan keberangkatan dua jemaah yang beruntung," tuturnya.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie